Ikuti Kami
parenting

Ibu Hamil Minum Kopi, Apakah Aman Bagi kesehatan Janin?

keyla
Publish
Ibu Hamil Minum Kopi, Apakah Aman Bagi kesehatan Janin?

Emakbloger.com - Dalam masa kehamilan, Apakah Ibu hamil minum kopi itu aman bagi kesehatan janin? pertanyaan ini yang sering kali dilontarkan. Namun, apakah Mama tau apa saja kandungan dalam Kopi.

Untuk megetahui lebih jelasnya, kamipun telah merangkum dari berbagai sumber mengenai dampak serta risiko apa saja yang dapat ditimbulkan jika ibu hamil minum kopi.

Apakah boleh minum kopi saat hamil muda?

Apakah boleh minum kopi saat hamil muda

Minum kopi saat hamil muda, hamil kedua, ketiga, dan seterusnya. Itu aman-aman saja, asalkan dengan takaran ideal dan juga tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak ataupun berlebihan.

Menurut para pakar kesehatan kandungan, kopi bisa saja menyebabkan dampak buruk pada ibu hamil dan juga janin dalam kandungan jika dikunsumsi secara berlebihan.

Dan bukan hanya kopi saja yang perlu Mama batasi, melainkan juga makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Contohnya seperti coklat, minuman kemasan ringan dan juga teh.

Selain itu, ada juga obat-obatan yang biasanya mengandung kafein salah satunya obat flu. Agar janin dalam kandungan tetap dalam kondisi sehat, patutlah Mama memperharikan dan membaca informasi kandungan yang tertara pada kemasan makanan ataupun minuman yang ingin dikonsumsi.

Baca Juga: Selangkangan Lecet saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya!

Risiko Ibu Hamil Minum Kopi Berlebihan

Risiko Ibu Hamil Minum Kopi Berlebihan

Pada umumnya, Ibu hamil minum kopi dapat menimbulkan berbagai macam gejala seperti mudah cemas, candu, menjadi susah tidur, detak jantung menjadi lebih kencang, pencernaan terganggu, tekanan darah tinggi, bahkan juga bisa menyebabkan migrain.

Dan lebih parahnya lagi, kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat menembus plasenta ibu hamil. Hal ini tentu bisa saja menjadi pemicu dampak buruk pada janin yang ada dalam kandungan.

Meurut pada dokter dan pakar kesehatan kandungan. Adapun beberapa risiko buruk yang bisa saja ditimbulkan kopi pada ibu hamil dan janin jika dikonsumsi secara berlebihan, antara lain:

  • Menjadi salah satu pemicu ibu hamil mengalami refluks asam lambung.
  • Anemia.
  • Dapat menjadi kemungkinan terjadinya keguguran.
  • Bayi lahir dengan berat badan rendah

Baca Juga: Kenali Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Dapat Moms Pilih

Berapa Takaran Ideal Untuk Ibu Hamil Minum Kopi?

Berapa Takaran Ideal Untuk Ibu Hamil Minum Kopi

Agar tetap menjaga kesehatan janin dalam kandungan, Mama harus mengurangi konsumsi kopi. Sedangkah menurut pada ahli kesehatan, batas maksimal konsumsi kafein untuk ibu hamil itu 200 mg perharinya atau 2 cangkir kecil kopi instan.

Lebih tepatnya, perhatikan kandungan kafein dalam teh, kopi, cokelat dan makanan lain yang tertera pada label kemasan. Jangan sampai konsumsi kafein melebihi batas toleransi pada ibu hamil.

Berikut jumlah umum kafein dalam makanan dan minuman:

  • 60-200 mg kafein dalam satu cangkir kopi seduh.
  • 140 mg kafein dalam satu cangkir kopi saring.
  • 100 mg kafein dalam satu cangkir kopi instan.
  • 40 mg kafein dalam satu ebotol soda.
  • 75 mg kafein dalam satu cangkir teh.
  • 25-50 mg kafein dalam 50 g cokelat.

Baca Juga: Berhubungan Intim Saat Hamil: Kenali Cara Aman Melakukannya

Kesimpulan

Ibu hamil minum kopi itu bisa-bisa saja, asalkan dengan takaran yang pas dan tidak melebihi batas maksimal yang dianjurkan oleh dokter. Jika sebelum hamil Mama mempunyai kebiasaan mengkonsumsi kopi melebihi 2 cangkir perharinya, baiknya kurangi kebiasaan tersebut pada masa kehamilan.

Untuk menggantikan kebiasaan tersebut, baiknya Mama mengkonsumsi minuman sehat seperti jus buah, jus sayuran, air kelapa, atau mama juga dapat memilih infused water sebagai pengganti kopi dimasa kehamilan.

Atau jika perlu, Mama bisa menanyakan dan mengkonsultasikan kepada dokter untuk mengetahui takaran minum kopi yang diperbolehkan sesuai dengan usia kandungan Mama.

Sekian dulu ya Ma, pembahasang singkat dari kami mengenai dampak, bahaya, dan takaran ideal ibu hamil minum kopi. Semoga bermanfaat Ma :)


Terkait

Artikel Terbaru

7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah 7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah
pinjol September, 2021
7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah

Saat ini pinjaman online terbaik 2021 sudah banyak digunakan sebagai alternatif kebutuhan pembiayaan yang mendesak

Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol
pinjol September, 2021
Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol

Seperti pinjol resmi OJK bunga rendah yang telah kami ulas sebelumnya, cara pinjam di Finmas juga terbilang sangat mudah, bahkan tidak jauh berbeda dengan pinjaman online lainnya

Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC

Berikut cara mudah untuk pinjam di Rupiah Cepat agar cepat di ACC tanpa di tolak, cek selengkapnya pada artikel ini.

Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat
pinjol September, 2021
Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat

Pinjaman online Kredit Cepat menjadi salah satu pinjaman online terbaik saat ini dengan bunga yang cukup rendah. Selain itu Kredit Cepat juga sudah masuk dalam daftar pinjol resmi OJK bunga rendah

Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC

meskipun cara ajukan pinjam di Kredit pintar terbilang mudah, namun ada juga beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu anda lengkapi. Selengkapnya dapat anda simak di artikel ini.

Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui pasati cara pinjam di DanaFix, untuk itu disini kami akan menjelaskannya untuk memudahkan untuk pinjamn di DanaFix

Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair

Selain cara pinjam di Indodana terbilang mudah dan cepat cair, ada 3 produk yang bisa anda pilih, mulai dari Payleter, Dana tunai, dan Pendanaan.