Ikuti Kami
parenting

Ibu Hamil Makan Durian, Aman atau Berbahaya?

Rindi Aryani
Publish
Ibu Hamil Makan Durian, Aman atau Berbahaya?

Emakbloger.com - Saat hamil, sebagian orang menyakini jika ibu hamil makan durian akan memberikan dampak buruk pada janin dalam kandungan. Pendapat ini membuat ibu hamil yang lagi ngidam durian ragu. Namun, pakah ini fakta atau mitos?

Dari cerita orang terdahulu juga banyak menyebutkan bahwa durian merupakan buah yang tidak disarankan dikonsumsi saat hamil, karena dapat memicu berbagai dampak buruk seperti keguguran, cacat lahir, hingga pendarahan vagina.

Lalu bagaimana dengan pendapat dokter apakah aman bagi janin jika ibu hamil makan durian? Yuk simak apa saja kandungan pada durian.

Kandungan Gizi Pada Buah Durian

ibu hamil makan durian

Sedikit penjelasan mengenai buah durian atau dalam bahasa latinnya Durio zibethinus merupakan buah yang banyak tumbuh di wilayah asia tenggara termasuk indonesia. Rasa manis dan baunya yang khas di hasilkan dari kandungan lemak yang terdapat pada buah durian.

Selain lemak, buah durian juga mengandung gula, sulfur, dan alkohol. Dalam 100 gram buah durian rata rata mengandung 150 kalori, 3m5 gram serat, dan beragam nutrisi lainnya seperti:

  • [x] 5 - 5,5 gram lemak
  • [x] 25 - 27 gram karbohidrat
  • [x] 1,3 - 1,5 gram protein
  • [x] 400 mg kalium
  • [x] 19–20 mg vitamin C

Buah durian juga memeiliki kandungan lain seperti antioksidan, vitamin B, folat, fosfor, kalsium, zat bersi, magnesium, zinc, dan tembaga. Menurut pada dokter kandungan diatas mempunyai mamfaat baik bagi ibu hamil.

Baca Juga: Ibu Hamil Minum Kopi, Apakah Aman Bagi kesehatan Janin?

Fakta Ibu Hamil Makan Durian

Fakta Ibu Hamil Makan Durian

Sampai sejauh ini tidak ada studi ilmiah yang dapat membutikan bahwa durian berbahaya bagi janin dalam kandungan, berbanfing terbalik dengan mitos yang tersebar dimasyarakat. Justru memberikan beberapa manfaat baik jika ibu hamil makan durian secara tidak berlebihan.

Adapun beberapa manfaat baik buah durian bagi ibu hamil yang dirangkum Emakbloger.com dari aladokter.com sebagai berikut:

1. Sebagai Energi Tambahan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ibu hamil lebih mudah mengalali kelelahan. Nah, jika ibu hamil makan durian akan memberikan tambahan energi. Karena kandungan karbohidrat, gula, dan kalori pada buah durian dapat memerikan manfaat baik bagi bumil.

2. Menambah Asupan Folat

Dengan kandungan folat tinggi yang dimiliki durian. Nutrisi ini sangat penting bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan karena sangat membantu pertumbuhan otak, saraf, tulang belakang janin, dan juga dapat mencegah terjadinya bayi prematur.

Selain itu, manfaat dari ibu hamil makan durian juga dapat membatu menghasilkan sel darah merah yang berfungsi mencegah anemia atau kekurangan darah pada bumil.

Baca Juga: Selangkangan Lecet saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya!

3. Menjaga kolesterol tetap stabil

Kebanyakan oranga beranggapan bahwa buah durian merupakan salah satu penyebab orang kolesterol. Namun pada kenyaanya, pendapat itu salah besar. Meskipun durian mengandung lemak yang cukup tinggi, yang perlu Bumil ketahui lemak pada durian bukanlah penyebab kolesterol, melainkan lemak hewani yang dapat menyebabkan terjadinya kolesterol.

Justru jika ibu hamil makan durian merupakan salah satu cara mencegah peningkatan kolesterol, karena buah durian memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

4. Menjaga Kadar Gula Darah tetap Stabil

Buah durian kaya akan kandungan yang memberi manfaat baik pada ibu hamil maupun janin, seperti serat, lemak, kalium, dan antioksidan yang tinggi yang terkadndung didalamnya.

Dan para peneliti juga mengungkapkan bahwa buah durian termasuk dalam buah dengan indeks glikemik rendah, sehingga tidak capat menaingkatkan kadar gula dalam darah serta menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: Kenali Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Dapat Moms Pilih

Kondisi Tertentu yang Perlu Dihindari Bumil

Meskipun ibu hamil makan durian boleh-boleh saja, namun adapun kondisi tertentu dimana ibu hamil harus menghindari makan durian, seperti memiliki penyakit diabetes, preklamsia, obesitas. Atau jika buah durian membuat Bumil lebih sering mual dan muntah atau memperparah morning sickness.

Kesimpulan

Meskipun ibu hamil makan durian itu diperbolehkan dan tidak ada penelitian yang membuktikan akan bahayanya terhadap janin. Bumil harus tetap menghindari konsumsi buah durian dalam jumlah yang cukup banyak.

Baca Juga: Berhubungan Intim Saat Hamil: Kenali Cara Aman Melakukannya

Atau jika perlu Bumil bisa mengkonsultasikannya langsung ke dokter kandungan, agar lebih jelas mengenai takaran yang diperbolehkan mengkonsumsi buah durian saat hamil sesuai dengan usia janin dalam kandungan.

Nah, itulah pembahasang singkat dari Emakbloger.com mengenai mitos dan fakta menarik tetang ibu hamil makan durian. Semoga bermanfaat ya Ma :)


Terkait

Artikel Terbaru

Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol
pinjol September, 2021
Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol

Seperti pinjol resmi OJK bunga rendah yang telah kami ulas sebelumnya, cara pinjam di Finmas juga terbilang sangat mudah, bahkan tidak jauh berbeda dengan pinjaman online lainnya

Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC

Berikut cara mudah untuk pinjam di Rupiah Cepat agar cepat di ACC tanpa di tolak, cek selengkapnya pada artikel ini.

Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat
pinjol September, 2021
Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat

Pinjaman online Kredit Cepat menjadi salah satu pinjaman online terbaik saat ini dengan bunga yang cukup rendah. Selain itu Kredit Cepat juga sudah masuk dalam daftar pinjol resmi OJK bunga rendah

Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC

meskipun cara ajukan pinjam di Kredit pintar terbilang mudah, namun ada juga beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu anda lengkapi. Selengkapnya dapat anda simak di artikel ini.

Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui pasati cara pinjam di DanaFix, untuk itu disini kami akan menjelaskannya untuk memudahkan untuk pinjamn di DanaFix

Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair

Selain cara pinjam di Indodana terbilang mudah dan cepat cair, ada 3 produk yang bisa anda pilih, mulai dari Payleter, Dana tunai, dan Pendanaan.

3 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Medan 2021 3 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Medan 2021
asuransi September, 2021
3 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Medan 2021

Ada beberapa asuransi mobil terbaik di medan yang bisa anda jadikan pilihan yang tepat untuk mengasuransikan mobil anda, salah satu diantaranya yaitu Garda Oto.