Ikuti Kami
keuangan

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Ada beberapa cara paling efektif untuk mengatur keuangan keuarga agar tidak boros yang perlu anda terapkan, apa saja tipsnya? yuk simak artikel selengkapnya dibawah ini!

Aji Pamungkas
Publish
10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Emakbloger.com - Agar keuangan tetap terjaga dengan baik, tentunya setiap istri maupun suami harus bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan sebaik mungkin. Entah itu gaji besar atau kecil, pengelolaan uang tetap penting. Juga perlu mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros.

Jika gaji besar tidak dikelola dengan baik, akan sulit bagi Anda untuk menabung. Begitu juga dengan gaji yang kecil, jika pengeluarannya tidak diatur, bisa-bisa Anda akan terlilit hutang. Dan jika itu terjadi, dan jika keuangan Anda berantakan, akan sulit bagi Anda untuk mengatur masa depan Anda. Tentu Anda tidak menginginkannya bukan?

Nah, berikut ini 10 cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yang perlu anda terapkan.

Terkait:

1. Penganggaran Biaya Bulanan

Tips pertama, agar keuangan keluarga tidak boros, pastikan dengan matang menganggarkan biaya bulanan. Ingat, jangan hanya menghabiskan uang tanpa ada tujuannya. Itu bisa membuat Anda boros. Catat kebutuhan bulanan yang Anda butuhkan. Mulai dari kebutuhan pokok, kebutuhan mandi, listrik, pulsa, jatah liburan, dan lainnya. Kemudian perkirakan total kebutuhan tersebut.

Misalnya, totalnya sekitar Rp 2 juta perbulan. Jadi jadikan itu sebagai tujuan, dan pastikan anggaran bulanan Anda tidak melebihi nominal tersebut. Atau akan lebih baik jika kurang dari nominal yang anda tentukan sebelumnya.

2. Mengalokasikan Dana Darurat

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros selanjutnya dapat anda teparkan dengan mengalokasikan dana darurat. Selain menganggarkan untuk alokasi bulanan Anda, Anda juga perlu menyisihkan dana untuk kebutuhan darurat. Misalnya, jika anak tiba-tiba sakit, saluran air rusak, lampu kamar padam, atau hal tak terduga lainnya terjadi.

Sebaiknya Anda tidak mencampurkan anggaran kebutuhan darurat dengan pengeluaran bulanan. Karena jika itu yang Anda lakukan, rencana keuangan yang telah anda terapkan akan menjadi tidak sehat lagi.

Tetapkan anggaran terpisah antara dana bulanan dan darurat. Jika perlu, sediakan juga dana tambahan untuk kebutuhan hiburan. Misalnya untuk belanja, jalan-jalan, makan di luar dan kesenangan lainnya.

3. Pelajari Cara Menabung

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yaitu dengan belajar menabung. Kalaupun uang yang Anda tabung kecil (misalnya Rp 2.000 sampai Rp 10.000 per hari), tidak apa-apa. Jika Anda menyimpannya secara teratur, itu akan menjadi banyak dari waktu ke waktu.

Dari segi cara menabung, Anda bisa menyisihkan uang dari jatah belanja harian atau anggaran bulanan jika ada lebih. Selain itu, bisa juga diambil dari uang jajan pasangan Anda.

4. Cobalah memasak sendiri

Anda tidak akan pernah bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan baik jika Anda terus-menerus makan di luar. Sesekali, tidak apa-apa! tapi tidak terlalu sering. Karena makanan diluar sangat mahal, seperti yang Anda tahu bahkan perbedaannya jauh dari memasak sendiri di rumah.

Jika Anda memasak, Anda hanya perlu membeli bahan mentah yang harganya murah. Kemudian diolah sendiri, tentunya jauh lebih bersih dan lebih terjangkau harganya.

5. Jangan Terlalu Sering Belanja

Mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, anda juga tidak boleh terlalu berlebihan dalam hal berbelanja, terutama untuk hal-hal yang tidak perlu seperti menuruhi keinginan.

Sejak munculnya toko online, dapat dilihat bahwa semakin banyak orang yang tergila-gila berbelanja. Terutama wanita! Mereka yang terlalu malas untuk keluar rumah, cukup memeriksa barang-barang melalui ponsel mereka. Jika ada sesuatu yang Anda suka, klik di atasnya. Beli dan transfer. Yah, sudah berakhir!

Cukup mudah, bukan? Masalahnya, fasilitas ini sering disalahgunakan untuk membuat orang ketagihan berbelanja. Bahkan sampai menjadi kebiasaan. Tentu hal ini tidak baik, karena kebiasaan berbelanja bisa menguras uang dengan cepat. Jika Anda memiliki kebiasaan berbelanja, segera hentikan.

Anda harus bisa mengendalikannya. Khusus untuk barang-barang yang tidak Anda butuhkan, sebaiknya Anda tidak membelinya kecuali untuk kebutuhan darurat.

Terkait:

6. Hemat Listrik

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros selanjutnya adalah dengan menghemat pemakaian listrik di rumah anda. Listrik sudah sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Tampaknya hampir semua peralatan rumah tangga mematikan listrik yang tidak digunakan. Dari menggunakan lampu, pompa air, rice cooker, televisi, AC, kipas angin, kulkas, laptop dan handphone semuanya bisa menghabiskan listrik dirumah anda. Jika Anda tidak bisa mengatur penggunaannya dengan baik, tagihan listrik Anda bisa membengkak dan membebani anggaran bulanan Anda.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu menetapkan aturan untuk menghemat listrik di rumah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi penggunaan lampu, membeli kulkas hemat listrik, tidak menggunakan peralatan elektronik yang berdaya tinggi secara bersamaan, dan tidak lupa mencabut kabel yang tidak digunakan.

7. Kerja Sampingan

Melakukan pekerjaan sampingan yang tidak membutuhkan banyak modal. Bagi anda para ibu rumah tangga yang memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya mencoba usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Pilih saja usaha yang mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Misalnya, usaha perdagangan online, dropshipper, pengemudi transportasi online, atau penulis lepas. Anda juga bisa membuka usaha kuliner seperti berjualan jus, snack, kue, dll.

Yang penting, Anda coba saja dulu. Tidak apa-apa meskipun volume penjualannya tidak terlalu besar. Asalkan tidak rugi. Karena yang namanya bisnis butuh proses. Anda harus terus berusaha dan bekerja keras. Jika bisnis Anda pada akhirnya berjalan dengan lancar, itu benar-benar dapat membantu keuangan Anda menjadi lebih stabil.

8. Pertimbangkan untuk berinvestasi

Jika Anda memiliki uang lebih yang ditabung, Anda dapat menggunakannya sebagai dana investasi. Ini adalah ide bagus yang dapat membantu uang Anda di masa depan.

Adapun bentuk investasi yang Anda pilih sebaiknya sesuaikan saja dengan budget Anda. Anda dapat berinvestasi dalam membeli emas, atau berinvestasi di real estat seperti membeli rumah atau toko. Bisa juga untuk investasi bisnis dengan membuka restoran, coffee shop, dll.

Yang terpenting, usahakan untuk tidak terjerat utang. Baik itu utang dari bank, rentenir, atau siapa pun. Hal ini tidak perlu dilakukan. Anda cukup menyisihkan gaji bulanan untuk dianggarkan sebagai dana investasi. Jika Anda serius, Anda pasti bisa mewujudkannya. Pastinya!

9. Catat Keuangan Secara detail

Dalam tata cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, anda perlu mencatat keuangan anda secara detai, baik itu penegeluaran, pemasukan. hal ini sangat berguna untuk anda agar mengetahui uang yang anda kuluarkan lebih jelas tujuannya.

Adapun cara pencatatannya agar mudah dipahami sebaiknya disusun dalam bentuk tabel seperti aturan pembukuan akuntansi jika bingung bisa mencari contohnya di internet.

10. Jangan Berhutang

Tips terakhir agar keuangan rumah tangga tetap stabil adalah dengan menghindari hutang sebisa mungkin. Jangan katakan Anda hanya berhutang sedikit. Biarpun cuma 50k, tetep gak enak lho! Anda mungkin awalnya meminjam sedikit uang, tetapi lama kelamaan bisa menjadi kebiasaan. Dan jika Anda menumpuk hutang, itu hanya akan memperburuk kondisi ekonomi keluarga Anda.

Nah, itulah 10 cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yang telah kami kutip dari berbagai sumber. Dari beberapa tips di atas, mungkin saja ada yang tidak sesuai dengan pemikiran anda, intinya, ambil yang sesuai, buang yang enggak.


Terkait

Artikel Terbaru

Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya! Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya!
perbankan August, 2021
Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya!

sering kali mengalami aktivasi mobile banking BNI gagal terus bisa jadi karena beberapa faktor. Untuk mengatasi masalah semacam ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, selengkapnya dapat anda lihat dibawah ini.

Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI
perbankan August, 2021
Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI

yuk pahami jenis & macam macam tabungan BNI serta fitur dan keunggulannya untu memudahkan anda memilih dan memilah sesuai kebutuhan yang anda inigikan

5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021 5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021
bisnis July, 2021
5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021

Selain menjadi bisnis yang menjanjikan. Usaha Grab food rumahan juga dapat anda jadikan sebagai bisnis tambahan tanpa harus mengeuarkan modal besar.

7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan 7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan
bisnis July, 2021
7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan

Ada banyak ide jualan makanan rumahan yang bisa anda pilih. Mulai dari jajanan makanan simple, makanan unik, jenis camilan, atau juga jajanan khas daerah.

9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021 9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021
bisnis July, 2021
9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021

usaha makanan rumahan online dengan menu simple menjadi bisnis yang lagi trend saat ini, mulai dari jualan makanan yang laku setiap hari, hingga jajanan khas daerah.

12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021 12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021
bisnis July, 2021
12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021

Menentukan Ide toko online memang suatu kewajiban yang perlau anda lakukan sebelum memulai bisnis anda. Lalu, apa saja usaha online shop terlaris saat ini? yuk simak ulasan selengkapnya dari kami dibawah ini

Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia
bisnis July, 2021
Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia

Adapun beberapa cara suksek menjalani bisnis dropship di tokopedia yang perlu anda perhatikan sebelum memulainya, apa saja? yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini