Ikuti Kami
keuangan

Perlu diterapkan! Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Ada beberapa metode mengenai tata cara mengatur keuangan keluarga yang dapat anda terapkan pada kehidupan sehari - hari. Yuk Simak selengkapnya dibawah ini

Aji Pamungkas
Publish
Perlu diterapkan! Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Emakbloger.com - Kehidupan rumah tangga tidak lepas dari masalah keuangan. Oleh karena itu, mengelola keuangan keluarga bukanlah hal yang mudah. Keuangan keluarga perlu dikelola dengan baik agar semua kebutuhan keluarga dapat terpenuhi. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga paling efektif?

Banyak faktor yang mempengaruhi keuangan keluarga. Mulai dari kebutuhan kompulsif yang harus dipenuhi hingga keinginan, konsumsi tambahan, atau hiburan. Mengelola keuangan keluarga bukan tanggung jawab satu orang saja. Baik suami maupun istri memainkan peran penting dalam mengelola keuangan keluarga.

Apa resikonya jika saya melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan keluarga? Dampaknya bisa sangat parah. Hilangnya manajemen dalam pengelolaan keuangan keluarga dapat mengganggu keharmonisan keluarga.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan benar, adakah cara yang paling efektif untuk diterapkan? Berikut tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan rumah tangga secara efektif yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Terkait:

1. Bedakan Kebutuhan & Keinginan

Dalam tata cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar adalah memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Saat anda sudah berumah tangga, tentu ada kebutuhan yang harus dipenuhi. Misalnya kebutuhan sehari - hari seperti makan, mengalokasikan pendidikan jika sudah memiliki anak.

Namun, dalam praktiknya, uang rumah tangga tidak hanya digunakan untuk kebutuhan mendesak tetapi juga untuk pengeluaran berdasarkan keinginan. Sayangnya, terkadang kita lebih banyak mengalokasikan uang rumah tangga bukan untuk kebutuhan tapi keinginan.

Padahal, banyak keinginan kita yang sebenarnya tidak perlu dan bahkan tidak penting untuk di turuti. Contohnya termasuk membeli fashion terbaru, gadget terbaru, liburan dan barang sekunder dan tersier lainnya. Semuanya, bisa memakan cukup banyak uang.

Meskipun semua hal tersebut boleh boleh saja. Tapi pada intinya anda harus tetap mengutamankan kebutuhan terlebih dahulu sebelum menuruti keinginan anda. Lalu, Apa saja kebutuhan dasar rumah tangga? Yang pertama jelas kebutuhan hidup sehari - hari seperti makan, transportasi, pendidikan anak, atau pembayaran cicilan rumah.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara mengatur keuangan rumah tangga?, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Memuaskan kebutuhan keluarga terlebih dahulu, kemudian mengalokasikan sumber keuangan untuk keinginan pribadi.

2. Menghitung Semua Pendapatan

Untuk mengelola keuangan rumah tangga secara efektif, yang harus Anda lakukan adalah menghitung pendapatan penuh yang masuk selama satu bulan. Pendapatan yang dimaksud di sini tidak hanya dari pendapatan gaji bulanan Anda, tetapi juga termasuk insentif yang Anda dapatkan ketika Anda menerima uang lembur untuk penghasilan saat Anda berinvestasi.

Hal ini penting dilakukan agar Anda dapat membagi alokasi pendapatan Anda menjadi kebutuhan yang harus Anda penuhi. Ingatlah bahwa hal pertama yang harus dipenuhi adalah kebutuhan dasar rumah tangga. Dengan menghitung semua pendapatan, mengelola keuangan rumah tangga menjadi lebih mudah.

3. Buat Daftar Pengeluaran

Cara mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya adalah membuat daftar pengeluaran prioritas untuk bulan tersebut. Daftar ini membantu Anda dalam mengelola keuangan secara efektif. Dengan membuat daftar prioritas, alokasi dan pengeluaran uang menjadi lebih teratur.

Pengeluaran rumah tangga yang masuk dalam daftar prioritas antara lain biaya makan sehari-hari, biaya dapur, tagihan listrik, tagihan air, biaya transportasi untuk bekerja, pendidikan anak ketika mereka usia sekolah, hingga cicilan mobil atau rumah.

Selain membantu mengatur keuangan rumah tangga anda, daftar ini akan menjadi pengingat bahwa kebutuhan prioritas harus dipenuhi terlebih dahulu baru kemudian dapat dialokasikan untuk kebutuhan sekunder dan dan keinginan anda.

4. Mempersiapkan Dana Darurat

Cara mengatur keuangan keluarga selanjutnya adalah dengan menyiapkan dana darurat. Dalam kehidupan berumah tangga, tidak semuanya bisa berjalan mulus sesuai rencana. Banyak hal terjadi secara tiba-tiba dan tidak direncanakan.

Contoh yang sering terjadi adalah bencana seperti kecelakaan, PHK, dan krisis ekonomi skala besar. Jika salah satu dari ketiga hal ini terjadi, sumber pendapatan keluarga dapat terganggu. Maka manfaat memiliki anggaran dana darurat bisa dirasakan.

Oleh karena itu, sebagai cara mengatur keuangan keluarga dengan baik, penting bagi Anda untuk menyiapkan dana darurat. Triknya, selain kebutuhan pokok, adalah menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda setiap bulan untuk dana darurat.

Jumlahnya relatif bisa 10 - 30 persen dari penghasilan yang Anda terima setiap bulannya. Ingatlah bahwa uang yang Anda sisihkan setiap bulannya adalah untuk dana darurat yang hanya digunakan sesekali atau dalam keadaan darurat.

5. Rasio Hutang

Untuk mengatur keuangan rumah tangga, sebenarnya lebih baik menghindari hutang. Karena tagihan dan kewajiban hutang bisa menjadi beban yang mengganggu keuangan rumah tangga anda. Namun, ada sejumlah faktor yang mau tidak mau membuat Anda berhutang.

Sebagai saran, jika memang harus berhutang, gunakan untuk hal-hal yang merupakan kebutuhan pokok tetapi tidak dapat dipenuhi dalam waktu dekat. Misalnya, hipotek. Di luar itu, Anda harus menghindari berutang.

Selain itu, yang harus Anda lakukan untuk mengelola keuangan yang baik adalah dengan menjaga rasio hutang Anda. Sebisa mungkin, pastikan komitmen pembayaran utang Anda tidak melebihi 30 persen dari penghasilan Anda. Lebih dari itu, keuangan rumah tangga Anda bisa terganggu.

Terkait:

6. Tabungan, Asuransi, dan Investasi

Selain mengalokasikan pendapatan untuk cadangan atau dana darurat, Anda juga perlu menyisihkan pendapatan untuk keperluan selain kebutuhan rutin. Ini termasuk pengeluaran untuk tabungan, asuransi dan investasi. Ketiganya termasuk dalam seberapa baik keuangan dikelola.

Ketiganya memiliki banyak manfaat. Jelas bahwa tabungan, seperti yang kita ketahui, berguna untuk kebutuhan sekarang dan masa depan. Pendapatan yang Anda simpan di tabungan bisa digunakan untuk pengeluaran sehari-hari atau kebutuhan mendadak.

Sedangkan asuransi berguna untuk melindungi diri dari biaya kesehatan. Juga, investasi bisa dijadikan tabungan jangka panjang agar tidak kehabisan uang. Keuntungan dari investasi yang Anda lakukan dapat menjamin kehidupan di hari tua.

Dalam cara mengatur keuangan rumah tangga, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menabung, mengasuransikan dan berinvestasi. Ketika Anda memutuskan untuk menabung, Anda harus tahu di mana tempat terbaik untuk menyimpan uang yang Anda miliki, yaitu Bank.

Menabung di Bank selain memiliki banyak keuntungan juga menjamin keamanan uang yang Anda miliki. Selain itu, dengan menabung di bank, pengeluaran keuangan Anda dapat dengan mudah dipantau dan dikendalikan.


Terkait

Artikel Terbaru

Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya! Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya!
perbankan August, 2021
Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya!

sering kali mengalami aktivasi mobile banking BNI gagal terus bisa jadi karena beberapa faktor. Untuk mengatasi masalah semacam ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, selengkapnya dapat anda lihat dibawah ini.

Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI
perbankan August, 2021
Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI

yuk pahami jenis & macam macam tabungan BNI serta fitur dan keunggulannya untu memudahkan anda memilih dan memilah sesuai kebutuhan yang anda inigikan

5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021 5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021
bisnis July, 2021
5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021

Selain menjadi bisnis yang menjanjikan. Usaha Grab food rumahan juga dapat anda jadikan sebagai bisnis tambahan tanpa harus mengeuarkan modal besar.

7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan 7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan
bisnis July, 2021
7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan

Ada banyak ide jualan makanan rumahan yang bisa anda pilih. Mulai dari jajanan makanan simple, makanan unik, jenis camilan, atau juga jajanan khas daerah.

9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021 9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021
bisnis July, 2021
9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021

usaha makanan rumahan online dengan menu simple menjadi bisnis yang lagi trend saat ini, mulai dari jualan makanan yang laku setiap hari, hingga jajanan khas daerah.

12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021 12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021
bisnis July, 2021
12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021

Menentukan Ide toko online memang suatu kewajiban yang perlau anda lakukan sebelum memulai bisnis anda. Lalu, apa saja usaha online shop terlaris saat ini? yuk simak ulasan selengkapnya dari kami dibawah ini

Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia
bisnis July, 2021
Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia

Adapun beberapa cara suksek menjalani bisnis dropship di tokopedia yang perlu anda perhatikan sebelum memulainya, apa saja? yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini