Ikuti Kami
keuangan

Yuk Simak 4 Cara Mengatur Keuangan Dengan Metode Tepat

mengetahui tata cara mengatur keuangan memang hal yang perlu anda pelajari semulai dini. Kebanyakan orang gagal dalam membangun perencanaan keuangan mereka karena tidak menerapakan tata cara mengatur keuangan dengan benar

Aji Pamungkas
Publish
Yuk Simak 4 Cara Mengatur Keuangan Dengan Metode Tepat

Emakbloger.com - Manajemen pendapatan adalah keterampilan penting yang harus dimiliki setiap orang. Salah satu aspek pengelolaan keuangan yang sering diabaikan adalah menabung. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan dengan metode yang tepat?

Anda bisa menggunakan prinsip 50%, 30%, dan 20% untuk mengatur uang bulanan Anda, terutama agar Anda tetap bisa menabung untuk kebutuhan mendesak atau tabungan di hari tua.

Berdaarkan yang kami rangkum dari berbagai sumber, cara mengatur keuangan dengan prinsip diatas sudah lama digunakan dan dipupolerkan oleh Senator Elizabeth Warren dan putrinya Amelia Warren Tyagi, dalam All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan.

Nah, Aturan praktis yang perlu anda terapkan adalah membagi pendapatan setelah pajak dan menyisihkannya untuk dibelanjakan 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan sisihkan 20% untuk ditabung. Inilah cara kerja prinsip 50 persen, 30 persen, 20 persen yang perlu anda terapkan.

Terkait:

1. Menghitung Penghasilan Bulanan

Cara mengatur keuangan yang pertama yaitu dengan menghitung penghasilan bulanan Anda. Tambahkan jumlah yang Anda terima di rekening bank Anda setiap bulan. Jika Anda membayar taksiran pajak, kurangi jumlah pendapatan bulanan Anda.

2. Menghitung Anggaran Pengluaran

Pada tahap kedua, cara mengatur keuangan yang perlu anda terapkan adalah dengan menhitung batas pengeluaran untuk setiap kategori. Kalikan gaji Anda dengan 0.5 untuk kebutuhan, 0.3 untuk kebutuhan, dan 0.2 untuk tujuan keuangan.

Hal ini perlu anda lakukan untuk mengetahui berapa banyak yang harus Anda belanjakan di setiap kategori. Seperti contohnya:

50 Persen: kebutuhan

Kebutuhan adalah tagihan yang harus Anda bayar dan hal-hal yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup. Ini termasuk pembayaran sewa, bahan makanan, asuransi, perawatan kesehatan, dan pembayaran utang dan utilitas minimum.

30 Persen: Keinginan

Pada dasarnya, keinginan adalah semua tambahan kecil yang Anda bayar dengan uang yang membuat hidup lebih menyenangkan dan menghibur. Ini termasuk makan malam, film, tiket acara olahraga, liburan, tas, dan gadget elektronik terbaru.

20 persen: Tabungan

Dari 20 peren selanjutnya termasuk tabungan untuk dana darurat, dan mulai berinvestasi di reksa dana atau pasar saham. Anda harus memiliki tabungan darurat setidaknya selama tiga bulan jika Anda kehilangan pekerjaan atau terjadi hal yang tidak terduga.

Terkait:

3. Perencanaan Anggaran

Dalan tata cara mengatur keuangan, anda juga perlu merencanakan anggaran Anda berdasarkan batas pengeluaran. Buat daftar dan hitung pengeluaran bulanan Anda di bawah setiap kategori dan kalikan apakah pengeluaran Anda kurang dari sasaran bulanan yang Anda tetapkan di langkah sebelumnya.

4. Mengontrol Pengeluaran

Tahap selanjutnya adan juga harus mengetahui dan mengontrol pengeluaran Anda setiap bulan, dan buat perubahan jika perlu, untuk tetap berpegang pada batas pengeluaran Anda di masa mendatang.

Nah, itulah pembahasan singkat dari kami mengenai cara mengatur keuangan yang bisa anda terapakan pada kehidupan Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. sampai jumpa di artikel selanjutnya ya :)


Artikel Terbaru

Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya! Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya!
perbankan August, 2021
Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya!

sering kali mengalami aktivasi mobile banking BNI gagal terus bisa jadi karena beberapa faktor. Untuk mengatasi masalah semacam ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, selengkapnya dapat anda lihat dibawah ini.

Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI
perbankan August, 2021
Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI

yuk pahami jenis & macam macam tabungan BNI serta fitur dan keunggulannya untu memudahkan anda memilih dan memilah sesuai kebutuhan yang anda inigikan

5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021 5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021
bisnis July, 2021
5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021

Selain menjadi bisnis yang menjanjikan. Usaha Grab food rumahan juga dapat anda jadikan sebagai bisnis tambahan tanpa harus mengeuarkan modal besar.

7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan 7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan
bisnis July, 2021
7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan

Ada banyak ide jualan makanan rumahan yang bisa anda pilih. Mulai dari jajanan makanan simple, makanan unik, jenis camilan, atau juga jajanan khas daerah.

9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021 9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021
bisnis July, 2021
9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021

usaha makanan rumahan online dengan menu simple menjadi bisnis yang lagi trend saat ini, mulai dari jualan makanan yang laku setiap hari, hingga jajanan khas daerah.

12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021 12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021
bisnis July, 2021
12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021

Menentukan Ide toko online memang suatu kewajiban yang perlau anda lakukan sebelum memulai bisnis anda. Lalu, apa saja usaha online shop terlaris saat ini? yuk simak ulasan selengkapnya dari kami dibawah ini

Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia
bisnis July, 2021
Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia

Adapun beberapa cara suksek menjalani bisnis dropship di tokopedia yang perlu anda perhatikan sebelum memulainya, apa saja? yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini