Home / blog / 10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam yang Wajib di Imani

blog-feature-image

March 26, 2021 by Sherla

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam yang Wajib di Imani



Emakbloger.com - Sebagai umat muslim diwajibkan untuk meyakini rukun iman. Salah satunya adalah rukun iman yang kedua, yaitu beriman kepada malaikatmalaikat Allah. Untuk itu, bagi para Moms baiknya mengajarkar nama-nama malaikat beserta tugasnya sejak dini.

Dalam ajran Islam, malaikat diciptakan dari cahaya dan umut muslim wajib untuk mengimaniya. Malaikat juga merupakan mahkluk ciptaan Allah yang taat terhadap perintah-perintahnya. Berikut 10 malaikat dan tugasnya yang perlu Moms ajarkan pada si Anak.

10 Malaikat Beserta Tugasnya

nama malaikat dan tugasnya

Meskipun ada banyak jumlah nama malaikat yang tidak di sebutkan dalam Alquran dan hadist, namun ada 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib untuk di ketahui.

1. Malaikat Jibril Sebagai Pembawa Wahyu Kepada Nabi dan Rasul Allah

Seperti yang dijelaskan dala kitab suci Alquran, malaikat Jibril mempunyai tugas utama yaitu sebagai pembawa wahyu dari Allah kepada Nabi dan Rasul. Selain tugas utamanya, malaikat Jibril juga sebagai peniup Ruh pada janin yang masih ada dalam kandungan.

2. Malaikat Mikail Sebagai Penyampai Rezeki

Nama malaikat beserta tugasnya yang wajib di ajarkan pada si Anak adalah malaikat Mikail. Tugas utama dari malaikat Mikail adalah sebagai penyampai rezeki yang di berikan Allah kepada setiap mahkluk.

Jadi tugas dari malaikat Mikail ini bukan hanya menyapaikan rezeki pada manusia saja, melainkan juga makhluk lainnya yang ada di bumi. Selain tusa utamanya, malaikat Mikail juga bertugas sebagai pengatur angin, hujan, dan juga tanaman atas izin Allah SWT.

3. Malaikat Israfil Sebagai Peniup Trompet atau Sangkakala

Malaikat ketiga yang perlu diyakini dan di imani oleh umat muslim adalah malaikat Israfil. Malaikat israfil mempunyai tugas utama yakni sebagai peniup trompet atau sangkakala pada hari kiamat nanti. Dan disinilah semua makhluk yang hidup akan mati.

Setelah sangkakala pertama ditiupkan, Allah SWT akan membangkitkan kembali malaikat Israfil untuk meniupkan sangkakala yang kedua. Pada saat itulah semua makhluk yang mati akan dibangkitkan kembali.

4. Malaikat Izrail Bertugas Sebagai Pencabut Nyawa.

Selanjutnya, nama malaikat yang wajib di imani adalah malaikat izrail. Malaikat izrail mempunyai tugas utamanya yaitu sebagai pencabut nyawa, bukan hanya manusia saja, melainkan juga seluruh makhluk yang bernyawa yang ada didunia.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar mampunyai tugas utamanya yakni, menanyai dan meminta pertanggung jawaban manusia terhadap amal perbuatan buruknya semasa hidupnya di dunia.

Dalam sebuah hadist dan Alquran sudah dijelaskan. Ketika kita sudah berada di alam kubur, malaikat Munkar akan datang menghapiri kita dengan wujud yang menyeramkan. Ia akan menanyakan kepada manusia, dan ketika tidak bisa menjawab, maka godam akan menghantamnya hingga hancur. Kemudian manusia akan dibangkitkan kembali dan akan ditanyakan dengan pertanyaan yang sama. Begitulah seterusnya hingga manusia bisa menjawab.

Untuk itu, ajarkanlah anakmu untuk selalu menunaikan kewajiban dan meninggalkan larangan Allah. Dan semoga kita terhindar dari siksa kubur.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir mempunyai tugas utama yakni selaikanya dari malaikat munkar, malaikat Nakir akan mendatangi kubur orang-orang yang berbuat baik semasa hidupnya.

7. Malaikat Raqib, Bertugas Mencatat Amal Baik

Nama malaikat dan tugasnya yang perlu di ajarkan pada si Anak adalah Malaikat Raqib. Malaikat Raqib mempunyai tugas utama yaitu sebagai malaikat yang mencatat perbuatan baik manusia semasa hidupnya.

8. Malaikat Atib, Tugasnya Mencatat Amal Buruk

Sebaliknya dari malaikat Raqib, Malaikat Atib mempunyai tugas utamanya yakni mencatat perbuatan amal buruk yang dilakukan manusia semasa hidupnya. Untuk itu moms diwajibkan untuk mengingatkan pada si anak untuk selalu berbuat baik dan menghindari perbuatan buruk atau yang di benci oleh Allah SWT.

9. Malaikat Malik, Bertugas Menjaga Neraka

Selanjutnya malaikat yang perlu di imani oleh umat muslim adalah malaikat malik. Malaikat malik mempunyai tugas utamanya yaitu sebagai penjaga neraka. Hal ini sesuai dengan surat At-Thamrin ayat 6 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Neraka merupakan tempat bagi orang-orang yang berbuat buruk dan tidak beriman kepada Allah SWT semasa hidupnya.

10. Malaikat Ridwan, Bertugas Menjaga Surga

Berbanding terbalik dari malaikat Malik, Malaikat ridwan mempunyai tugas utama sebagai penjaga surga, dan juga merupakan salah satu malaikat yang wajib di imani oleh umat muslim.

Surga akan di dapat bagi mereka yang beriman kepada Allah dan selalu berbuat baik semasa hidupnya. Surga sendiri dalam Al-Quran adalah tempat yang indah dan hadiah bagi orang-orang beriman selama di dunia. Hal ini sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 25, yang artinya:

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan ‘inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.’ Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.”

Itulah 10 nama-nama malaikat dan tugasnya yang wajib di yakini dalam ajaran islam. Sebagai seorang muslim diwajibkan untuk mengimaninya. Moms bisa mengajarkan pada si Anak agar ia lebih mudah menganal dan menghafalnya.



KOMENTAR