Ikuti Kami
parenting

7 Cara Mendidik Anak Perempuan Dalam Islam

Sherla
Publish
7 Cara Mendidik Anak Perempuan Dalam Islam

Emakbloger.com - Anak adalah anugerah indah dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, setiap orang tua berkewajiban untuk mendidik dan merawatnya. Namun, cara mendidik anak perempuan cenderung mendapat perhatian lebih, terutama dalam Islam.

Bukan tanpa alasan, mengutip Dalamislam.com, menurut sebuah hadits otentik, anak perempuan bisa menjadi penolong bagi orang tuanya. “Siapapun yang diuji dengan putrinya dan berbuat baik untuk mereka, mereka akan menjadi penghalang dari Neraka.” (Bukhari dan Muslim).

Anak perempuan juga memiliki kebajikan yang berbeda dari anak laki-laki. Karena dari rahim seorang wanita akan lahir generasi penerus orang-orang cerdas.

Perempuan juga memiliki tanggung jawab untuk mengajari anak-anaknya sopan santun. Jika seorang perempuan belajar dengan menanamkan nilai-nilai keislaman, Insya Allah akan menjadi penopang bagi orang tuanya di akhirat. Oleh karena itu, cara mendidik anak perempuan dalam islam perlu kamu terapkan mulai dini.

Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam

Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam

1. Mengerjakan Ilmu Tauhid

Selain itu, orang tua juga bisa mengajari mereka mengucap iman, yaitu Laihala elaAllah Muhammad Darrasullullah (Tidak ada Tuhan selain Tuhan, Muhammad adalah Utusan Tuhan Yang Maha Esa). Dengan mengulang bacaan ini, si kecil akan terus mengingatnya secara bertahap.

Dijelaskan dari Ibn Abbas, Rasulullah SAW bersabda: “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya “Lailah-illallah”, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (sya’bul Iman)

Baca Juga: 8 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Penurut

2. Mengajarkan Doa dan Kewajiban Muslim

Setelah itu, si kecil juga perlu diajari tentang sholat harian. Kebiasaan mendaraskan doa ini akan semakin menguatkan kecintaannya kepada Allah SWT. Maka jangan lupa untuk memberi contoh dengan mengucapkan “Alhamdulillah” setelah melakukan sesuatu.

Saat anak Anda berusia 2-3 tahun, dia bisa belajar membaca Al-Qur’an sebagai huruf. Kemudian ia beranjak dewasa, mengajarinya menjalankan tugasnya sebagai seorang Muslim, yaitu sholat dan puasa.

Meski kewajiban tersebut dilaksanakan saat anak sudah dewasa, namun orang tua bisa mengenalkan anak pada sholat dan puasa. Biarlah anak Anda melihat kebiasaan orang tua dalam sholat dan puasa, agar mereka sadar akan kewajiban tersebut.

Baca Juga: 11 Cara Mendidika Anak Menurut Ajaran Islam

3. Mengajarkan Sopan Santun

Salah satu cara mendidik anak perempuan adalah mengajarkan akhlak mulia dapat menjadi modal awal untuk menumbuhkan kebaikan pada diri anak perempuan ayah dan ibu. Oleh karena itu, tata krama harus diajarkan.

Rasul Allah juga sangat mencintai seseorang yang berperilaku baik, dan dia sering mengajari anak-anaknya bagaimana berperilaku yang benar dengan sesama manusia.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku lah kalian kembali” (Q.S Luqman : 14)

4. Mengajarkan Tentang Fiqih Wanita

Menurut hadits, ayah wajib membekali anaknya dengan pendidikan yang berkualitas, termasuk yang berkaitan dengan urusan kewanitaan atau fiqih perempuan. Seorang ibu bisa mengajar fiqih wanita ketika dia sudah dewasa.

5. Mengajarkan Keterampilan Rumah Tangga

Mengutip Muslimah.co.id, Cara mendidik anak perempuan lainnya adalah mengajarkan keterampilan rumah tangga agar bisa mandiri. Apalagi nanti dia akan menjadi istri yang akan mengurus urusan keluarga dengan suaminya. Oleh karena itu keterampilan memasak, memdidik anak, membersihkan rumah, dll juga harus dipelajari.

Baca Juga: 3 Kesalahan Fatal Yang Sering di Lakukan Pada Anak

6. Mengajarkan menjadi Seorang Istri

Seorang anak perempuan tersebut nantinya akan bertanggung jawab menjadi seorang istri. Karena itu, cara mendidik anak perempuan untuk mengajarkan menjadi istri yang baik dan benar merupakan anjurn dalam Islam.

Apapun profesi seorang perempuan, ketika dia menjadi seorang istri, dia bertanggung jawab untuk menjadi istri yang baik.

7. Mengajarkan Perempuan menjadi Seorang Ibu

Ketika seorang perempuan tumbuh besar, dia memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk mendidik dan membesarkan anak-anaknya. Karakter yang termasuk dalam masa kanak-kanak tanpa disadari akan berubah menjadi dewasa.

Itulah pembahasan singkat dari kami mengenai cara mendidik anak perempuan berdasarkan islam, semoga bermanfaat ya mom.


Terkait

Artikel Terbaru

7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah 7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah
pinjol September, 2021
7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah

Saat ini pinjaman online terbaik 2021 sudah banyak digunakan sebagai alternatif kebutuhan pembiayaan yang mendesak

Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol
pinjol September, 2021
Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol

Seperti pinjol resmi OJK bunga rendah yang telah kami ulas sebelumnya, cara pinjam di Finmas juga terbilang sangat mudah, bahkan tidak jauh berbeda dengan pinjaman online lainnya

Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC

Berikut cara mudah untuk pinjam di Rupiah Cepat agar cepat di ACC tanpa di tolak, cek selengkapnya pada artikel ini.

Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat
pinjol September, 2021
Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat

Pinjaman online Kredit Cepat menjadi salah satu pinjaman online terbaik saat ini dengan bunga yang cukup rendah. Selain itu Kredit Cepat juga sudah masuk dalam daftar pinjol resmi OJK bunga rendah

Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC

meskipun cara ajukan pinjam di Kredit pintar terbilang mudah, namun ada juga beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu anda lengkapi. Selengkapnya dapat anda simak di artikel ini.

Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui pasati cara pinjam di DanaFix, untuk itu disini kami akan menjelaskannya untuk memudahkan untuk pinjamn di DanaFix

Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair

Selain cara pinjam di Indodana terbilang mudah dan cepat cair, ada 3 produk yang bisa anda pilih, mulai dari Payleter, Dana tunai, dan Pendanaan.