Home / blog / 9 Cara Mendidik Anak yang Baik Dalam Keluarga

blog-feature-image

April 13, 2021 by shabrina

9 Cara Mendidik Anak yang Baik Dalam Keluarga



Emakbloger.com - Cara Papa dan Mama mendidik anak juga membentuk sikapnya dan ini akan terbawa hingga dewasa. Mengingat pentingnya mengajarkan kepribadian pada anak ini, hendaknya kamu mengajarkan hal-hal yang positif kepada anak dengan baik.

Ada banyak hal penting yang perlu diberikan orang tua kepada anaknya. Mereka perlu mendidik anak dengan kasih sayang, kejujuran, dan tanggung jawab. Masih banyak cara untuk mengajari Papa dan Mama.

Berikut 9 cara mendidik anak yang baik dalam sebuah keluarga yang dikutip Emakbloger.com dari berbagai sumber.

1. Menumbuhkan Kasih Dalam diri Anak

Cara Mendidik Anak yang Baik Dalam Keluarga

Point pertama dalam hal cara mendidik anak adalah memberikan kasih sayang. Kasih sayang merupakan salah satu nilai penting yang dibutuhkan anak. Umumnya, anak akan mengembangkan sikap kasih sayang, kemurahan hati dan kasih sayang. Namun, orang tua juga harus menumbuhkannya.

Cara sederhana untuk menunjukkan pentingnya kasih sayang kepada anak-anak adalah dengan menunjukkan betapa kamu mencintai anak kamu. Papa dan Mama bisa mengungkapkan rasa cinta mereka melalui hal-hal sederhana seperti; Menghabiskan waktu bersama anak-anak, mengurus kebutuhan mereka, dan berpelukan.

Menunjukkan kasih sayang memungkinkan anak untuk belajar bagaimana menunjukkan kasih sayang dan dapat mengaplikasikannya kembali kepada orang-orang di lingkungannya. Jadikan anak kamu tumbuh besar seperti seseorang yang mencintai orang lain.

Baca Juga: Lakukan Hal ini Untuk Mendidik Anak Supaya Jadi Penurut dan Disiplin

2. Membiasakan Bersikap Jujur

Membiasakan Bersikap Jujur

Dalam hal cara mendidik anak, Kejujuran memang tidak sulit, tapi bukan berarti mudah. Kejujuran adalah nilai hidup yang harus dipegang teguh oleh anak-anak sejak kecil.

Sejak masa kanak-kanak, anak perlu membiasakan diri jujur ​​dalam perkataan, tindakan, dan perilakunya. Anak yang tulus mampu mengakui kebenaran, meski terkadang hal ini berarti mereka akan menerima konsekuensi dan hukuman.

Orang tua bisa membuat anak jujur ​​dengan memberi mereka kepercayaan diri dan pujian. Orang tua juga perlu menjadi teladan dalam bersikap jujur ​​dan tidak berbohong di depan anak.

3. Menghargai Orang Lain

Menghargai Orang Lain

Cara mendidik anak lainnya yakni Sebelum anak berinteraksi dan mengenal berbagai jenis orang di masyarakat, mereka harus diajari cara menghormati orang lain di rumah.

Sejak kecil, anak perlu ditanamkan pentingnya menghargai orang lain dan tidak egois. Anak-anak tidak selalu bisa memaksakan keinginan mereka, mereka juga perlu melihat kebutuhan dan keadaan orang di sekitar mereka.

Anak mama bisa mulai dengan belajar menghormati anggota keluarga, terutama yang lebih tua. Biasakan anak untuk memberi salam, berbicara dengan sopan, dan memperkenalkan diri juga saat orang tua atau saudaranya membutuhkan bantuan.

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Perempuan Berdasarkan Islam

4. Menanamkan Rasa Tanggung Jawab

cara mendidik anak dengan Menanamkan Rasa Tanggung Jawab

Selama ini, anak-anak tentunya belum merasa memiliki tanggung jawab yang besar. Orang tua selalu yakin bahwa hidup mereka berjalan dengan baik. Namun akan sangat berbeda ketika mereka semakin dewasa.

Sebelum terlambat, ibu bisa mengajari anak bertanggung jawab. Contohnya adalah mengajak mereka berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dalam keluarga, misalnya memilih kegiatan yang berakhir pada akhir pekan.

Ibu juga memberikan tugas-tugas sederhana untuk menjalankan tanggung jawab anak. Seperti meminta mereka membersihkan kamar sendiri, membuat perlengkapan sekolah sendiri, atau membantu membersihkan rumah bersama mom.

5. Mendidik Anak Bersikap Sopan

cara mendidik anak dengan menanamkan sikap sopan pada orang lain

Siapa yang tidak suka bertemu dengan anak yang ingin bersikap sopan? Anak membutuhkan sikap yang sopan karena itu akan menjadi cerminan diri yang baik dalam hubungannya dengan anak mom. Sikap sopan harus dibentuk dari lingkungan rumah. Tidak perlu jauh-jauh, sopanlah anak-anak kamu dengan ayah dan mama serta saudara laki-laki dan perempuan.

Anak-anak yang sopan biasanya mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain, permisi saat akan lulus, mengucapkan terima kasih saat menerima sesuatu, dan juga ingin meminta maaf saat melakukan hal yang buruk. Anak-anak akan selalu terbiasa dengan perilaku sopan ketika mereka melakukannya.

Baca Juga: Kumpulan Hadist Pendek Yang Bisa Mom Ajarkan Pada Anak

6. Mengenalkan Anak pada Konsekuensi dari Perbuatan

Mengenalkan Anak pada Konsekuensi dari Perbuatan

Cara mendidik anak selanjutnya adalah dengan mengenalkan anak pada konsekuensi dari perbuatan mereka. Anak-anak sejak kecil harus memahami ini. Orang tua perlu memberlakukan beberapa konsekuensi atau hukuman jika anak-anak melanggar aturan yang telah ditetapkan. Misalnya, mereka membutuhkan bantuan Anda untuk membersihkan rumah ketika mereka tidak mengikuti ujian dengan baik.

7. Menumbuhkan Semangat dan Rajin Pada Anak

Menumbuhkan Semangat dan Rajin Pada Anak

Sifat anak yang tidak kenal lelah dan antusias dapat membantu mereka melakukan berbagai aktivitas secara maksimal. Kegiatan yang dilakukan dengan penuh semangat akan membuat anak kamu semakin rajin. Mempelajari dan melaksanakan tugas dengan rajin membuatnya lebih mudah dan lebih cepat untuk diselesaikan. Posisi ini membutuhkan anak dalam kegiatan pendidikannya, agar dapat meraih prestasi yang dibanggakan.

Cara mendidik anak yang bisa dilakukan Orang tua dapat memberikan dukungan dan kepedulian agar anaknya tetap termotivasi untuk belajar dan memperjuangkan apa yang dicita-citakannya.

Baca Juga: 11 Cara Mendidik Anak Menurut Islam Yang bisa Kamu Terapkan di Rumah

8. Mengenalkan Anak pada Sikap yang Adil

Mengenalkan Anak pada Sikap yang Adil

Cara mendidik anak dengan bertindak adil sangat penting. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik, masih ada orang yang lebih mengutamakan kepentingannya dibanding orang lain.

Anak perlu diperlakukan secara adil dengan tidak membeda-bedakan antara mereka dan saudara kandungnya. Ini membantu anak untuk memahami dan menjadi terbiasa dengan perilaku adil di luar lingkungan rumah.

9. Ajarkan Anak Untuk Selalu Menjaga Lingkungan

Ajarkan Anak Untuk Selalu Menjaga Lingkungan

Terkait dengan lingkungan. Kita semua tahu pasti akibat dari tidak menjaga lingkungan dengan baik, yaitu pencemaran atau banjir. Itu sebabnya anak perlu membiasakan diri menjaga lingkungan.

Cara mendidik anak dengan memberi contoh hal-hal sederhana untuk menjaga lingkungan, seperti membuang sampahnya. Mom juga bisa mengajak menanam tanaman atau bunga di taman. Ini bisa membuat lingkungan terlihat lebih asri dan indah.

Itulah pembahasan singkat dari kami mengenai 9 cara mendidik anak yang baik dalam sebuah keluarga. Ketika kamu berhasil menanamkan hal positif dalam mendidik anak, mereka juga akan menjadi orang yang baik.



KOMENTAR