Home / blog / 8 Cara Mendidik Anak agar Menjadi Penurut dan Disiplin

blog-feature-image

April 12, 2021 by Rindi Aryani

8 Cara Mendidik Anak agar Menjadi Penurut dan Disiplin



Emakbloger.com - Setiap orang tua ingin anaknya menjadi pandai dan penurut. Namun, cara mendidik anak tidaklah mudah, karena setiap anak memiliki ciri, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tidak jarang anak-anak berperilaku sebaliknya. Namun, Moms sebaiknya tidak membiarkannya terus berlanjut, karena kebiasaan ini bisa terbawa hingga dewasa. Anak bisa menjadi manja dan tidak disiplin serta merasa bahwa semua kebutuhannya harus dipenuhi.

Jadi, bagaimana cara mendidik anak agar penurut dan disiplin serta mendengar apa yang Moms dan Papa katakan?

Emakbloger.com berikut ini akan memberikan nasehat mengenai cara mendidik anak agar anak dapat tumbuh menjadi anak yang disiplin dan penurut. Yuk, simak caranya di bawah ini!

1. Memberi Contoh yang Baik

Memberi Contoh yang Baik

Mom tahu pasti bahwa keluarga adalah lingkungan tempat Anak belajar untuk pertama kali. Jadi orang tua harus menjadi panutan yang baik bagi anak. Namun tidak juga harus menjadi sempurna.

Bagaimanapun, Mom dan daddy harus menjadi contoh bagi anak dalam kehidupan sehari-hari. Jika Mom ingin anak Anda berbicara dengan lembut, kata-kata yang baik dan rajin, Mom harus selalu bertindak dengan cara yang sama agar anak dapat mengikutinya.

Ingat, jika apa yang dilihat seorang anak sejak kecil adalah contoh yang akan diikuti hingga ia menjadi dewasa. Untuk itu penting banget untuk menerapkan cara mendidik anak dengan memberi contoh yang baik.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Dengan Cara Islam

2. Memberi Pemahaman Pada Anak

Memberi Pemahaman Pada Anak

Mungkin anak-anak yang tidak patuh tidak benar-benar mengerti apa yang mama bicarakan atau lakukan sehingga dia tidak menindaklanjutinya. Oleh karena itu, cara mendidik anak agar menjadi penurut, Mom bisa memulainya dengan menjelaskan sebab dan akibat dari apa yang dilakukan.

Misal ketika anak sedang asyik bermain dan tidak mau mandi di sore hari, Mom dapat menyampaikan fakta bahwa jika tidak mandi maka tubuh akan menyimpan bakteri yang membuat badan bau dan gatal.

Dengan menjelaskan sebab dan akibat, anak kemudian dapat fokus pada apa yang perlu dilakukan. Hindari memarahi anak, karena anak tidak mudah memahami apa masalahnya dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: 3 Kesalahan yang Serign di Lakukan Saat Mendidik Anak

3. Memanggil Anak dengan Namanya

Memanggil Anak dengan Namanya

Memanggil anak dengan namanya mungkin terdengar sepele dan tidak masuk akal, namun nyatanya dengan memanggil anak dengan namanya, ia akan merasa lebih dihormati dan dihormati oleh Mama. Ketika anak berbalik dan memperhatikan ibunya, beri tahu dengan baik apa yang harus dilakukan.

Namun hindari juga membentak anak, karena jika hal ini selalu dilakukan akan membuat anak merasa kesal dan takut pada Mom, dan bukannya membuat anak patuh, mereka tidak akan mendengarkan perkataan kamu sebagai orang tua.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini Untuk Memenuhi Tumbuh Kembang Anak

4. Mendengarkan Keluhan yang Menyebabkan Anak Tidak Nurut

Mendengarkan Keluhan yang Menyebabkan Anak Tidak Nurut

Mengenai cara pertama yaitu memberi contoh yang baik bagi anak, cara mendidik anak berikutnya untuk patuh dan cerdas adalah dengan mendengarkan apa yang akan dikatakan anak. Karena dengan membangun kebiasaan mendengarkan, anak akan mendengarkan mom juga.

Meski sering memberi perintah kepada anak, bukan berarti tidak mendengarkan alasan mereka. Anak tersebut mungkin saja nakal karena lelah, kesal dengan suasana sekolah, atau bermasalah dengan teman-temannya.

Jika mom menunjukkan sikap mendengarkan keluhan anak kamu, maka anak akan mendengarkan perintah mom. Dengan mendengarkan, anak juga akan terbiasa bercerita dan terbuka pada kamu sebagai orang tua.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Dan Mempersiapkan Diri Jadi Orang Tua

5. Berikan Perintah dengan Satu Kalimat Singkat dan Jelas

Berikan Perintah dengan Satu Kalimat Singkat dan Jelas

Terkadang saat anak tidak menurut, justru bisa membuat mom semakin kesal dan emosional. Apalagi jika diucapkan berulang kali tapi anak tetap tidak menurut. Namun, yang terbaik adalah memberi perintah kepada anak-anak dalam satu kalimat pendek.

Pada dasarnya anak tidak suka diberi ceramah atau penjelasan yang panjang. Sehingga anak tersebut lebih baik hanya memiliki pengingat singkat.

Baca Juga: Manfaat Baik Susu Kambing Bagi Anak Yang Perlu Mom Tau

6. Kenali Waktu dan Penyebab Emosi Anak Sedang Tinggi

Kenali Waktu dan Penyebab Emosi Anak Sedang Tinggi

Mom juga perlu mengetahui kapan dan mengapa anak kamu kesal, atau marah karena sesuatu. Karena sebaiknya jangan memberi perintah atau mengajari anak sesuatu ketika perasaan mereka sedang emosi.

Jika anak kamu marah, cobalah memberinya waktu untuk menenangkan diri dan biarkan dia menjelaskan alasan kemarahannya. Saat sudah merasa tenang, mom bisa berbicara dengannya seperti memberi perintah atau mengajari sesuatu.

Baca Juga: 5 Pilihan Makanan Sehat Bernutrisi Untuk Anak

7. Terapkan Kebiasaan Secara Rutin dan Konsisten

Cara mendidik anak yang bisa kamu terapkan adalah dengan menerapkan kebiasaan baik secara rutin dan konsisten dapat membuat anak lebih aman. Anak juga lebih mengerti tentang apa yang mom inginkan sebagai orang tua.

8. Berikan Apreasi dan Pujian

Memberikan apresiasi dan pujian saat anak melakukan sesuatu dengan baik atau mengikuti apa yang mom minta. Dengan begini, anak-anak akan lebih termotivasi untuk mengikuti perintah kamu sebagai orang tua. Selain itu, anak juga terbiasa diatur dan disiplin, yang nantinya akan ditularkan kebiasaan ini hingga dewasa.

Itulah beberapa tips cara mendidik anak yang perlu kamu terapkan agar anakmu lebih penurut. Jangan terburu-buru mendapatkan hasil terbaik, karena tidak semua anak bisa dengan cepat memahami metode pengajaran yang mom berikan!



KOMENTAR