Home / blog / Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun agar Memiliki Kepribadian Baik

blog-feature-image

April 19, 2021 by Rindi Aryani

Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun agar Memiliki Kepribadian Baik



Emakbloger.com - Semakin hari, usia anak pun kian bertambah, dan kamu sebagai orang tua perlu mengetahui tentang apa saja perkembangan yang sudah terjadi pada si Anak. Terutama jika iya sudah menginjak usia 5 tahun, merekapun semakin antusias dengan hal-hal baru. Dan cara mendidik anak di usia 5 tahun agar mereka memiliki kepribadian yang baik perlu mom terapkan.

Perlum mom sadari, karakteristik si anak di usia 5 tahun ini akan semakin terlihat. Salah satu contohnya dengan keaktifan anak, ekplorasi dilingkungkungan sekitarnya, bahkan juga saat dirumah.

Dan tak jarang, hal ini terkadang membuat mom merasa kesulitan untuk mengatur si anak. Nah, di artikel kali ini kami akan berbagi tips dan cara mendidik anak di usia 5 tahun supaya mereka memiliki kepribadian yang baik.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Supaya Nurut sama Orang tua

Penasaran apa saja tipsnya? Berikut langkah kecil yang perlu mom terapkan pada si anak:

1. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual

Mengembangkan Kecerdasan Spiritual

Tips pertama dari kami mengenai cara mendidik anak usia 5 tahun adalah mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Tujuan dari hal ini adalah untuk membuat anak lebih peka terhadap dirinya sendiri maupun orang lain disekitarnya.

Selain itu, di usia anak yang ke 5 tahun. Orang tua juga diwajibkan untuk mengajarkan si anak tentang Tuhan yang menciptakan alam semesta ini, agar anak memiliki keimanan dan ketakwaan.

Mom bisa mulai mengajarkan anak mengenai kecerdasan spiritual mulai dari cara berdoa sebelum makan, bersyukur kepada sang pencipta, dasar-dasar agama, nama-nama malaikat yang bisa dia hafal, dan hal postif lainnya.

Baca Juga: 11 Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Cara mendidik anak usia 5 tahun seperti inilah juga yang di anjurkan menurut Islam. Ketika anak sudah memahami hal ini sedikit demi sedikit, ia akan mampu memberikan berbagai manfaat positif, contohnya seperti dibawah ini:

  • Lebih peka terhadap batin dan jiwa.
  • Menjadikan anak berprilaku dan memiliki akhlakul mulia.
  • Empati, simpati dan mempunyai belas kasihan pada orang di sekitarnya.
  • Dapat memahami kemampuan yang ada pada dirinya dan memaksimalkannya.
  • Anak akan mendapat wawasan baru.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Menurut Islam Sesuai Ajaran Nabi

2. Belajar Menyanyangi

cara mendidik anak 5 tahun

Mengajarkan anak menyayangi sesama juga merupakan salah satu cara mendidik anak usia 5 tahun. Mom bisa memulainya dari lingkungan keluarga, dengan memberi contoh tentang bagaimana cara menyayangi.

Hal positif yang mom contohkan pada anak akan membantunya mengekspresikan dirinya serta mau menunjukkan kasihnya pada lingkungan keluarga, misalanya kakak atau adihnya, dan juga orang lain.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Yang Baik Dalam Keluarga

3. Mengajarkan Sikap Jujur

cara mendidik anak usia 5 tahu

Di usia anak yang menginjak 5 tahun, mom juga patut mengajarkan anak untuk berbuat jujur, mengakui kesalahan, dan berani untuk meminta maaf. Selain itu, cara mendidik anak dengan mengajarkan sikap jujur ini juga merupakan hal yang wajib.

4. Belajar Mengasah Kemampuan dengan Membaca

cara mendidik anak 5 tahun

Cara sederhana yang bisa mom lakukan untuk mengasah kemampuan kognitif anak adalah berlajar membaca. Pengetahuan dasar seperti ini sangat perlu untuk menjadi selingan diwaktu bermain anak. Cara mengajarkannya pun tidak perlu menjadi paksaan untuk anak.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak yang Keras Kepala

Mom bisa mulai mengajarkan membaca secara perlahan, misalnya mengajarkannya menghafal alfabet, belajar berhitung meskipun itu hanya sampai bilangan 10 saja. Dengan rutin dan perlahan mengajarkan anak, ia akan mulai bisa menghafalnya.

Mungkin itu saja pembahasan singkat dari kami mengenai cara mendidik anak di usia 5 tahun yang dapat mom contoh. Jika mom masih mau mencari ide lainnya mengenai pola asih anak, Mom bisa menemukannya di blog Emakbloger.com.



KOMENTAR