Home / blog / Cara Mendidik Anak Supaya Disiplin Tanpa Perlu Kekerasan

blog-feature-image

April 24, 2021 by Asmatun Farah

Cara Mendidik Anak Supaya Disiplin Tanpa Perlu Kekerasan



Emakbloger.com - Cara mendidik anak yang baik agar iya menjadi disiplin bukan juga harus dilakukan dengan kekerasan, atau selalu menasehati anak dengan nada tinggi. Masih ada kok, pola asuh yang baik tanpa kekerasan yang bisa kamu terapkan pada Anak.

Dampak yang dirasakan jika mendidik anak dengan kekerasan akan sangat buruk bagi mereka. Salah satunya si Anak bisa jadi melawan pada orang tua, berprilaku buruk, tidak percaya diri, dan bahkan juga hal negatif akan terjadi pada perkembangan dan juga sikologis anak.

Dalam hal menerapakan pola asuh pada anak agar ia disiplin, ada cara lain yang cukup efektif yang bisa mom terapkan pada anak tanpa kekerasan. Berikut tipsnya dari emakbloger.com yang kami kutip dari berbagai sumber:

1. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Cara Mendidik Anak Supaya Disiplin Tanpa Perlu Kekerasan 1

Cara mendidik anak agar disiplin tanpa kekerasan yang pertama adalah dengan tidak terlalu memanjakan anak. Namun, hal ini akan sedikit sulit untuk dilakukan, karena setiap orang tua pasti ingin selalu menyenangkan anak mereka dengan memanjakannya.

Jadi, yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi hal seperti ini adalah dengan memberikan apa yang harus kamu turuti dari kemauan anak, dan apa yang enggak. Karena jika tidak, anak akan merasa mudah dengan apa yang mereka inginkan, dan orang tua juga akan menjadi sulit untuk menolak kemuan anak.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Supaya Nurut dan Disiplin

Beda lagi jika kamu mendidik si anak dengan tidak terlalu memanjakannya. Si anak akan lebih menghargai usaha dan proses untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Dan juga mampu membuat anak sadar akan prilaku yang mereka lakukan.

2. Metode Time-Out

Cara Mendidik Anak Supaya Disiplin Tanpa Perlu Kekerasan

Anak seringkali memberi tanggapan negatif terhadap kemaraha orang tua nya, entah itu dengan cara menertawakan, bahkan juga mencibir. Dan tentu, sebagai orang tua pasti akan merasa jengkel dengan hal ini.

Namun, tak jarang juga jika kita tambah memarahi si anak, ia akan tambah bereaksi negatif. Untuk itu, dalam cara mendidik anak disiplin tanpa kekerasan baiknya untuk menerapkan metode time out.

Untuk membuat anak disiplin mom juga perlu untuk tidak bereaksi terhadap tanggapan negatif yang di tunjukkan anak. Berilah mereka waktu namun tetap diawasi.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun Agar Berkepribadian Baik

Karena dengan sedikit mengabaikan si kecil, akan membuat mereka mengerti jika tingkah tersebut bukanlah tindakan yang baik. Tidak hanya itu saja, si kecil nantinya juga akan mengerti jika tingkah buruknya akan memberikannya konsekuensi.

3. Memberi Konsekuensi

Cara Mendidik Anak Supaya Disiplin Tanpa Perlu Kekerasan 3

Membiarkan anak menerima sebab akibat apa yang mereka lakukan juga merupakan cara mendidik anak yang baik dan membuat mereka disiplin. Hal ini juga akan membuat anak mengerti bahwa apa yang mereka lakukan itu salah dan tidak boleh untuk dilakukan.

Misalnya ketika mereka melakukan kesalahan, ajarkan pada anak untuk meminta maaf dan menerima konsekuensi terhadap apa yang mereka lakukan. Cara ini juga akan membuat anak disiplin.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Yang Baik Menurut Anjuran Rasulullah

4. Memberikan Anak Pada Sebuah Pilihan

Cara Mendidik Anak Supaya Disiplin Tanpa Perlu Kekerasan 4

Cara mendidik anak supaya disiplin selanjutnya adalah dengan memberikan anak pada sebuah pilihan. Contoh kecilnya saja seperti saat anak meminta mainan, Mom harus berani memberikan pilihan pada anak seperti akan membelikan iya mainan yang kecil jika meminta sekarang, dan akan membelikan mainan jika iya mau di belikan nanti.

Atau mom bisa memberitahukan pada anak, jika iya meminta mainan sekarang, di Ulang tahunnya nanti dia tidak akan mendapatkan hadiah lagi. Namun, mom juga harus ingat bahwa ini bukan ancaman, tetapi pilihan.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Yang Baik dalam Keluarga

5. Metode Mirror

Cara Mendidik Anak Supaya Disiplin Tanpa Perlu Kekerasan 5

Cara selanjutnya yang bisa mom terapkan pada anak untuk membuat ia disiplin adalah metode mirror. Dengan melakukan hal serupa dengan apa yang anak lakukan.

Dengan cara ini, anak akan sadar dan mengerti akan tindakan mana yang salah, dan mana yang benar. Dan tak hanya itu saja, Anak juga akan mampu mengendalikan tindakan mereka seiring berjalannya waktu.

Nah, itulah 5 cara mendidik anak supaya disiplin tanpa kekerasan yang bisa mom terapkan. Semoga bermanfaat yang mom :)

Baca juga artikel lainnya dari kemi mengenai Ide Parenting Lainnya.



KOMENTAR