Home / blog / Cara Mendidik Anak Dalam Ajaran Islam Sesuai Umur

blog-feature-image

April 25, 2021 by shabrina

Cara Mendidik Anak Dalam Ajaran Islam Sesuai Umur



Emakbloger.com - Anak adalah anugrah terindah yang diberikan Allah SWT, dan orang tua patut menjaga dan mendidiknya dengan sepernuh hati sebagai kewajiban. Dalam ajaran islam, cara mendidik anak pun harus sesuai dengan umur si anak. Seperti memperhatikan pendidikan mereka, kesejahteraan, dan juga kebahagiaan sebagai hak dari anak.

Selain menciptakan pribadi anak yang sholeh dan sholeha, cara mendidik anak dalam islam sesuai umur juga akan menjadi limpahan pahala buat kamu mom. Sebab, anak sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya akan menjadi ladang pahala yang tak pernah putus, bahkan sampai orangnya meninggal dunia.

Seperti yang dijelaskan dalam hadits sabna Nabi Muhammad SAW yang artinya: “Jika orang tua meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara (1) sedekah jariah (2) ilmu yang bermanfaat (3) dan Doa anak sholeh” (HR. Muslim no. 1631).

Bukankah sebelumnya kita telah diberi contoh oleh pendahulu kita, yakni Nabi dan Rasul tentag cara mendidik anak supaya menjadi anak yang sholeh, berbakti, berguna bagi agam, bangsa, dan negara.

Bentuk perlakuan dalam cara mendidik anak dalam Islam mesti juga sesuai dengan umur anak. Untuk itu, agar tidak terjadi kesalahan dalam mendidik anak, mom pun perlu memahami yang namanya fase dalam tumbuh kembang anak.

Berikut Cara mendidik anak dalam Islam sesuai umur yang di rangkum EMAK BLOGER dari berbagai sumber:

Cara Mendidik Anak Umur 0 Sampai 6 Tahun

cara mendidik anak dalam islam sesuai umur

Di usia anak dari 0 sampai 6 tahun, di fase inilah dimulai kedekatan antara orang tua dan anak. Dan orang tua pun harus memberikan kasih sayang seutuhnya, karena di umur ini anak lebih suka bermain juga memiliki rasa ingin tau yang besar untuk mengenal apa yang ada lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: 8 Cara Mendidik Anak Agar Nurut dan Disiplin

Di fase ini juga cara mendidik orang tua terhadap anak harus lebih bersabar, terlebih jika anak melakukan kesalahan. Tugas utama orang tua di usia anak seperti ini hanya perlu menjaga, mengawasi, dan memastikan keselamatan anak.

Dalam cara mendidik anak menurut Islam sesuai umur seperti yang dilakukan Rasulullah SWA, beliau tidak pernah melarang anak untuk bermain. Seperti yang dikutip Emakbloger.com dari Pop Mama: Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pada suatu hari aku melayani Rasulullah. Setelah tugasku selesai, aku berkata dalam hati, ‘Rasulullah pasti sedang istirahat siang.’ Akhirnya, aku keluar ke tempat anak-anak bermain.

Aku menyaksikan mereka sedang bermain. Tidak lama kemudian, Rasulullah datang seraya mengucapkan salam kepada anak-anak yang sedang bermain. Beliau lalu memanggil dan menyuruhku untuk suatu keperluan. Aku pun segera pergi untuk menunaikannya, sedangkan beliau duduk dibawah sebuah pohon hingga aku kembali.” (HR. Ahmad).

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

Mendidik Anak Cara Islam Umur 7 Sampai 14 Tahun

Mendidik Anak Cara Islam Umur 7 Sampai 14 Tahun

Di usia anak yang sudah menginja umur 7 sampai 14 tahun. Cara mendidik anak yang perlu diterapkan dalam ajaram islam juga pastinya sudah berbeda lagi, salah satunya ada sudah sepatutnya mendapatkan pendidikan aqidah, fiqih, dan akhlaqul karimah, baik itu di sekolah maupun di rumah.

Seperti halnya dengan bersikap lebih tegas pada anak, yaitu dengan memberikan sangsi pada anak jika iya lalai dalam melaksanankan sholat, namun tidak juga harus dilakukan dengan kekerasan.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Yang baik Dalam Keluarga

Dari Abdullah bin Amr Radhiyallahuanhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur tujuh tahun dan berilah mereka sangsi ketika berusia sepuluh tahun (jika mereka meninggalkan shalat). Dan pisahkanlah tempat tidur mereka (antara anak laki-laki dan anak perempuan)” (HR. Abu Dawud).

Pola Asuh Anak Dalam Islam Umur 15 Sampai 21 Tahun

Cara mendidik anak dalam Islam di usia 15 sampai 21 tahun, patutlah mom sudah memberikan pola didik pendewasaan pada anak. Karena pada fase ini, anak sudah mengerti norma dan aturan prilaku.

Selain itu, yang perlu kamu lakukan sebagai orang tua adalah mau menjadi pendengar yang baik untuk anak, menjadi rumah tempat mereka pulang. Mom juga harus mendukung apa yang mereka cita-citakan, mendengar keluhan mereka, dan memberikan support penuh terhadap anak.

Baca Juga: 5 Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun

Namun, bukan hal yang tidak mungkin juga anak dan orang tua akan mengelami perselisihan perndapat di usia seperti ini. Dan kamu sebagai orang tua harusnya lebih mengerti dan tidak harus mengeluarkan kata-kata kasar atau bernada tinggi pada anak.

Jika seorang anak perempuan, perubahan emosional anak akan sedikit berubah jika iya sedang haid. Untuk itu, bimbinglah mereka ketika baru pertama kali mengelali hal ini.

Cara Mendidik Anak Usia 21 ke Atas

Di usi anak yang sudah seperti ini pastinya sudah menjadi makin dewasa, dan lebih mengerti apa yang harus, dan apa yang enggak. Selain itu, di umur anak yang sudah menginjak 21 tahun keatas, mereka juga membutuhkan kepercayaan penuh dari orang tua. Salah satunya, mengambil keputusan mereka sendiri.

Dukunglah mereka dan berikan kepercayaan selagi itu baik, dan tidak melanggar aturan dalam Islam. Karena si Anak sudah dewasa dan siap untuk menjalani dunianya sendiri.

Baca Juga: 19 Cara Mendidik Anak Menurut Islam Sesuai Anjuran Nabi dan Alquran

Nah, itulah beberapa tips singkah dari Emakbloger.com mengenai cara mendidik anak dalam Islam sesuai umur. Semoga bermanfaat yang Mom :).



KOMENTAR