Home / blog / 9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Dengan Ampuh

blog-feature-image

April 27, 2021 by Sherla

9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Dengan Ampuh



Emakbloger.com - Bau mulut menjadi salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Kondisi ini juga bisa berpengaruh pada hubungan personal. Namun, kamu tenang saja, ada cara alami menghilangkan bau mulut.

Tahukah anda apa yang menyebabkan bau mulut? Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya kondisi ini, mulai dari mulut yang kurang bersih, kebiasaan yang kurang baik hingga indikasi penyakit tertentu.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan hingga saat ini sebagian besar bau mulut terjadi karena adanya masalah gusi atau masalah gigi seperti gigi berlubang.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut muncul ketika ada penumpukan bakteri pada gusi, gigi atau lidah. Ini terjadi jika kadar air liur dalam mulut turun. Air liur menjadi cara alami untuk membersihkan bakteri dalam mulut sehingga jika kadarnya menurun bakteri akan lebih mudah hidup.

Mulut kering dapat anda alami karena diet, merokok, konsumsi makanan atau obat tertentu dan tarikan napas melalui mulut. Jika anda mengalami kondisi ini ada beberapa cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda lakukan yakni:

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Susah Makan Karena Diare

1. Permen karet

Anda mungkin berpendapat bahwa permen karet rasa mint akan menutupi bau mulut yang tidak sedap. Permen karet memang bisa anda gunakan sebagai solusi masalah bau mulut. Bukan saja aroma mintnya, kunci sebenarnya terletak pada permen karet yang bisa merangsang produksi air liur.

Air liur akan membantu membilas bakteri dalam mulut. Beberapa permen karet dibuat bebas gula dan dipermanis dengan xylitol. Xylitol bisa membantu membunuh bakteri jahat dalam mulut anda. Hindari konsumsi permen karet yang mengandung gula karena akan menambah jumlah bakteri.

2. Bersihkan mulut

Bau mulit tidak sedap terjadi karena adanya penumpukan bakteri dalam mulut, maka sangat penting bagi anda untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut. Potongan kecil makanan yang terperangkap diantara gigi atau tempat lain yang tidak anda ketahui bisa menjadi sarang bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Bukan hanya membersihkan mulut dengan pasta gigi atau obat kumur mencari sumber masalah tentu sangat penting agar anda bisa membersihkan mulut dengan baik. Bersihkan gigi, gusi, lidah dan langit-langit mulut dua kali sehari. Jangan lupa untuk pemeriksaan rutin dokter gigi.

Baca Juga: Tips Sehat Untuk Anak dan Keluarga

3. Perbanyak minum air

Jika masalah mulut kering sangat mempengaruhi bau mulut maka menghindari mulut menjadi kering tentu perlu anda lakukan. Anda bisa memperbanyak konsumsi air untuk menjaga mulut tetap lembab. Air bisa menghalau mikroba kecil dalam mulut.

Jika anda mengkonsumsi obat tertentu yang membuat mulut kering, maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan penggantian obat.

4. Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan yang bisa menyingkirkan bakteri dan membantu menghilangkan bau mulut. Anda bisa mengunyah potongan cengkeh untuk menghilangkan bau mulut.

Cara lain adalah dengan membuat teh cengkeh dengan merebuh satu sendok teh cengkeh dalam secangkir air. Biarkan mendidih selama lima hingga sepuluh menit. Larutan ini selanjutnya bisa anda gunakan sebagai obat kumur.

Baca Juga: 5 Jenis Makan yang dapat Membantu Otak Anak Cerdas

5. Adas

Adas menjadi salah satu bahan yang dapat bertindak sebagai pengharum mulur sekaligus membantu mengendalikan bau mulut. Adas mengandung sifat antimikroba yang akan melawan bakteri di dalam mulut.

Anda bisa mengunyah satu sendok makan adas secara perlahan untuk merangsang produksi air liur sekaligus menyegarkan napas. Teh adas juga dapat menjadi solusi yang menyenangkan. Gunakan satu atau dua sendok teh biji adas untuk membuat teh dalam secangkir air panas.

6. Kayu Manis

Kayu manis mengandung aldehida cinnamic, sebuah minyak esensial yang dapat menutupi bau mulut sekaligus mengurangi jumlah bakteri dalam mulut.

Rebus satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam secangkir air. Anda juga bisa menambahkan kapulaga atau beberapa lembar daun salam. Saring campuran tersebut dan gunakan untuk berkumur.

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Anak Yang Bisa Mom Sajikan Dirumah

7. Lemon

Mengatasi bau mulut tidak sedap dengan lemon telah digunakan selama beberapa generasi. Kandungan asam dalam lemon dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut. Aromanya yang enak juga akan menyamarkan bau mulut yang tidak sedap.

Campurkan satu sendok makan perasan lemon ke dalam secangkir air. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam dalam campuran ini. Ini akan membantu dalam mengatasi masalah mulut kering penyebab bau mulut.

8. Teh

Teh herbak ternyata juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Kandungan antioksidan polifenil dalam teh hijau dan teh hitam bisa menghentikan pertumbuhan bakteri yang bertanggungjawab untuk masalah bau mulut.

Teh herbal seperti teh sage juga bisa menjadi pilihan yang baik dalam mengatasi kondisi ini. Celupkan satu sendok teh sage kering ke dalam secangkir air panas selama lima menit. Saring dan minum teh tersebut agar napas tetap segar.

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Susu Kambing Untuk Bayi

9. Probiotik

Banyak orang yang berpendapat bahwa berkumur dengan obat kumur akan membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Sebenarnya berkumur dengan obat tersebut tidak hanya membunuh bakteri jahat namun juga bakteri baik.

Makan makanan yang mengandung bakteri baik bisa mengubah rasio jumlah bakteri baik dan bakteri jahat dalam mulut sehingga membuat napas memiliki bau lebih baik. Anda bisa coba kondumsi probiotik atau yoghurt.

Disamping cara menghilangkan bau mulut diatas anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Buah dan sayur kaya serat akan membantu membersihkan makanan yang melekat pada gigi dan lidah.

Makanan olahan dan gula putih dapat membantu bakteri untuk berkembang biak dalam mulut. Jika kondisi bau mulut tidak sedap tetap terjadi setelah anda mencoba perawatan diatas, berkonsultasi dengan dokter gigi bisa menjadi pilihan yang bijak.

Konsultasi dengan tenaga profesional bisa membantu anda untuk mengindikasi jika terjadi masalah yang lebih serius.



KOMENTAR