Home / blog / 8 Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Yang Terbukti Berhasil

blog-feature-image

April 27, 2021 by shabrina

8 Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Yang Terbukti Berhasil



Emakbloger.com - Memiliki jerawat tentunya menjadi hal yang sangat menganggu penampilan anda. Bahkan tak hanya jerawat saja, lubang bekas jerawat juga menjadi masalah yang sangat menganggu dan tentunya akan berpengaruh pada penampilan anda sehari harinya.

Lubang bekas jerawat biasanya paling sering disebabkan karena kebiasaan anda yang sering memegang dan memencet jerawat ketika sedang aktif di kulit anda.

Hal tersebut lah yang menyebabkan jerawat pecah dan akan membentuk cekungan di kulit wajah anda. Unruk mengatasinya, berikut cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah dan alami.

Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat

Untuk sebab itu sangat dilarang untuk memegang ataupun memencet jerawat saat masih aktif di wajah anda. Lalu bagaimana jika anda terlanjur sering melakukannya dan menyebabkan banyaknya lubang bekas jerawat di wajah?

Tentunya anda harus mencari cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang ampuh dan aman digunakan. Nah berikut ini beberapa cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, antara lain.

Baca Juga: Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Bahan Alami

1. Tomat

Anda bisa mencoba untuk mengatasi lubang bekas jerawat dengan menggunakan tomat. Hal ini dikarenakan kandungan baik di dalam tomat seperti vitamin A,B,C,E, dan K yang dapat membuat lubang bekas jerawat menjadi tersamarkan. Untuk mengaplikasikannya, anda perlu menumbuk tomat hingga halus.

Anda bisa menggunakan cara manual ataupun menggunakan blender. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang memiliki lubang bekas jerawat. Diamkan kurang lebih selama 30 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini dengan rutin.

2. Putih Telur

Putih telur memang sudah dikenal ampuh mengatasi jerawat, namun manfaat putih telur lainnya bisa anda gunakan untuk mengatasi lubang bekas jerawat yang sangat menganggu.

Tak hanya itu saja, masih banyak manfaat putih telur untuk wajah mulai dari memperkecil pori-pori kulit sehingga membantu menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, kandungan asam amino dan protein yang ada di dalam putih telur dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru.

Untuk mengaplikasikannya cukup mudah, siapkan telur dan pisahkan antara kuning dan putih telurnya. Gunakan bagian putihnya saja dan kocok. Oleskan putih telur tersebut dibagian yang memiliki lubang bekas jerawat.

Diamkan beberapa menit hingga mengering. Bilas wajah dengan menggunakan air bersih dan keringkan wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan secara rutin masker putih telur ini.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Menggunakan Bahan Alami

3. Madu Murni

Madu memang dikenal sebagai salah satu obat herbal yang bisa mengatasi berbagai penyakit bahkan membantu agar kondisi tubuh selalu fit. Madu juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi lubang bekas jerawat di wajah anda.

Namun ingat, madu yang anda gunakan hanyalah madu murni bukan campuran. Untuk mengaplikasikannya, anda bisa menggunakan tambahan jeruk nipis ataupun kayu manis.

Campur kedua bahan tersebut hingga merata dan kemudian oleskan di bagian wajah yang memiliki bopeng atau bekas jerawat. Tunggu beberapa saat hingga mengering dan bilas dengan menggunakan air hangat.

4. Jagung Muda

Kandungan vitamin E yang ada di dalam jagung muda ini memang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah anda. Fungsi vitamin E adalah membantu regenerasi kulit sehingga sel-sel kuli baru bisa berkembang lebih cepat.

Untuk mengaplikasikannya, anda cukup memarut beberapa jagung muda. Setelah itu oleskan parutan jagung muda tersebut pada wajah dan diamkan hingga mengering. Setelah itu basuh wajah dengan air bersih. Lakukan cara ini di malam hari secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Tips Sederhana Menerapkan Pola asuh Sehat di Keluarga

5. Lidah Buaya

Bekas jerawat dan bopeng bisa anda atasi dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang menjadi salah satu tanaman herbal yang ampuh mengatasi jerawat beserta bekasnya.

Hal ini dikarenakan kandungan zat antioksidan dan giberelin yang mampu membantu regenerasi kulit sehingga bekas jerawat dapat menghilang dengan mudah.

Untuk mengaplikasikannya, anda cukup menyiapkan 1 potong lidah buaya yang sudah dipotong di bagian ujungnya. Ambil gel yang ada di dalamnya dan kemudian oleskan pada bagian wajah yang bermasalah.

Tunggu beberapa saat hingga mengering dan kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan secara rutin setiap harinya.

6. Jus Lemon

Di dalam jus lemon terdapat kandungan Alpha Hydroxy Acid yang bisa membantu menghilangkan lubang bekas jerawat dengan alami. Namun khusus untuk metode ini, tidak disarankan bagi pemilik kulit sensitive karena bisa menyebabkan iritasi.

Caranya sangat mudah, cukup ambil perasan air lemon dan kemudian usapkan pada bagian wajah yang memiliki lubang bekas jerawat. Diamkan beberapa saat sekitar 15 menit dan bilas dengan menggunakan air.

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Susah Makan Karena Diare

7. Cuka Apel

Bahan alami lainnya yang bisa cepat menghilangkan bekas jerawat adalah cuka apel. Cuka apel ini bisa mengatasi bekas jerawat yang masih baru ataupun yang sudah lama.

Tentunya anda harus menggunakan cuka apel yang murni tanpa campuran apapun. Gunakan cuka apel sebagai toner wajah setelah cuci muka. Diamkan beberapa saat dan kemudian bilas dengan air bersih.

8. Daun Sirih

Khasiat daun sirih memang bisa digunakan untuk mengatasi luka bekas jerawat. Cara nya pun cukup mudah, cukup ambil 10 lembar daun sirih kemudian haluskan. Oleskan daun sirih tersebut pada wajah anda yang memiliki bekas jerawat. Diamkan beberapa saat dan kemudian basuh dengan air bersih.

Luka bekas jerawat memang sangat menganggu penampilan sehari-hari namun anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami tanpa efek samping yang berbahaya.

Nah itu tadi beberapa cara menghilangkan lubang bekas jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ampuh dan efektif. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.



KOMENTAR