Home / blog / 8 Cara Meredakan Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami

blog-feature-image

April 27, 2021 by keyla

8 Cara Meredakan Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami



Emakbloger.com - Hampir semua orang pernah mengalami sakit gigi. Sakit gigi dapat menimbulkan ketidaknyamanan hingga terasa sangat menyiksa. Kondisi ini terjadi karena munculnya rasa nyeri disekitar gigi. Namun, ada Cara Meredakan Sakit Gigi.

Rasa nyeri ini dapat terasa terus menerus atau muncul menghilang. Bukan hanya sekitar gigi, terkadang area rahang dan telinga juga bisa mengalami nyeri akibat sakit gigi yang timbul. Beberapa orang juga bisa mengalami bengkak pada area gigi dan gusi, pusing dan demam.

Ada banyak penyebab dari munculnya sakit gigi. Mulai dari gigi berlubang, infeksi, akar gigi yang terbuka, masalah gusi, kelainan sendi rahang dan sebagainya. Sakit gigi tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Nyeri yang ditimbulkan bukan hanya menimbulkan ketidaknyamanan namun juga bisa membuat aktivitas terhambat.

Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami

Ketika kita mengalami sakit gigi, berkonsultasi dengan dokter bisa menjadi pilihan yang baik. Dokter akan mengidentifikasi penyebab terjadinya sakit gigi sehingga masalah bisa ditangani dengan tepat. Meski begitu, anda juga bisa melakukan pengobatan dari rumah untuk penanganan yang cepat. Beberapa cara meredakan sakit gigi di bawah ini bisa anda coba di rumah:

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Bau mulut

1. Air garam

Segelas air garam hangat banyak dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Berkumur dengan air garam hangat sudah terbukti mampu meringankan nyeri dari sakit gigi.

Larutan ini dapat mengurangi pembengkakan sekaligus melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Cara penggunaannya cukup mudah, anda hanya perlu mencampur setengah sendok garam ke dalam segelas air panas. Gunakan larutan ini untuk berkumur untuk beberapa saat.

2. Daun jambu biji

Daun jambu biji banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit. Ia juga digunakan sebagai salah satu cara meredakan sakit gigi. Daun jambu bersifat analgesik, antimikroba dan anti-inflamasi.

Kandungan ini tentu sangat baik untuk meringankan gejala sakit gigi. Anda cukup mengunyah satu atau dua daun jambu biji untuk mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa merebus empat sampai lima daun jambu dalam air. Biarkan air tersebut hangat kemudian tambahkan sedikit garam. Anda bisa menggunakan larutan ini sebagai obat kumur.

Baca Juga: Tips Sederhana Menerapkan Pola Hidup Sehat

3. Es batu

Tempatkan es batu berukuran kecil dalam kantong plastik, kemudian bungkus lagi dengan kain tipis kemudian oleskan di area gigi yang sakit. Biarkan sekitar 15 menit.

Ini akan mematikan saraf sementara sehingga rasa nyeri bisa mereda. Anda juga bisa menempelkan bungkusan tersebut di pipi. Anda juga bisa mencoba menggosok es batu diantara jari telunjuk dan ibu jari selama beberapa menit untuk meredakan nyeri.

4. Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat antibakteri, antioksidan, anti-inflamasi bahkan anestesi. Kandungan ini bisa membantu meringankan sakit gigi yang anda alami. Sifat yang dimiliki oleh cengkeh tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk melawan infeksi yang dapat memperburuk masalah.

Giling dua buah cengkeh kemudian campurkan dengan sedikit minyak zaitun. Pasta tersebut selanjutnya bisa anda oleskan pada gigi yang sakit. Anda juga bisa mengoleskan bola kapas yang mengandung minyak cengkeh. Gosokkan langsung ke gigi yang bermasalah. Berkumur air yang mengandung beberapa tetes minyak cengkeh juga bisa membantu meredakan sakit gigi.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Karena Diare

5. Bawang Putih

Bawang putih dapat memberikan manfaat yang besar untuk mengatasi sakit gigi. Kandungan antibiotik dalam bawang putih akan sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada area gigi.

Anda bisa mengunyah satu atau dua siung bawang putih untuk meringankan gejala. Anda juga bisa mengoleskan campuran bubuk bawang putih dan garam pada gigi yang mengalami sakit. Ulangi cara ini selama beberapa hari hingga rasa sakit mereda.

6. Lada dan garam

Larutan air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigi. Garam ditambah lada bisa menjadi kombinasi yang tepat saat gigi menjadi sangat sensitif. Campuran ini memiliki kandungan anti-inflamasi, antibakteri dan analgesik.

Buatlah pasta dengan mencampurkan sejumlah lada dan garam. Oleskan campuran ini pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit. Anda bisa melakukan pengobatan ini setiap hari.

7. Membersihkan gigi

Terkadang tanpa disadari ada sisa makanan yang masih tertinggal di dalam mulut atau sela-sela gigi. Sisa makanan ini bisa mengundang bakteri dan masalah yang menyebabkan sakit gigi.

Kebersihan gigi memang sangat penting untuk di jaga, maka ketika terjadi sakit gigi memeriksa kebersihan gigi perlu untuk dilakukan. Bersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss.

Masalah sakit gigi juga bisa muncul karena anda salah menggunakan sikat gigi. Jika gigi anda sensitif akan lebih baik jika anda memilih sikat gigi yang tepat sesuai dengan kondisi gigi.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Sehat Untuk Anak

8. Teh

Meminum teh bisa menjadi salah satu solusi yang mudah untuk meredakan sakit gigi. Teh peppermint bukan hanya memiliki rasa yang enak namun juga bisa meringankan rasa nyeri.

Teh hitam juga memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dengan mengurangi pembengkakan. Anda bahkan bisa memanfaatkan kantong teh yang masih hangat dan basah.

Tempelkan kantong teh tersebut pada gigi yang bermasalah selama beberapa saat. Ketika anda mengalami nyeri di sekitar gigi, obat pereda nyeri bisa menjadi pilihan untuk penanganan yang cepat. Obat ini biasanya dijual bebas di apotek, namun anda tetap harus mengontrol penggunaannya.

Anda juga tidak bisa menempelkan obat ini pada gusi atau gigi yang sakit karena bisa menimbulkan masalah pada gusi. Berkonsultasi ke dokter gigi tentu menjadi pilihan yang bijak karena beberapa masalah gigi memerlukan perawatan yang lebih serius.

Anda bisa melakukan pencegahan sebelum sakit gigi menyerang dengan cara:

  • Sikat gigi dua kali sehari dan bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi
  • Bila perlu berkumurlah dengan mouthwash untuk menghindari bakteri
  • Hindari terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis
  • Periksakan gigi ke dokter gigi minimal dua kali setahun
  • Kurangi dan berhentilah merokok


KOMENTAR