Home / blog / Kumpulan Doa Setelah Sholat dan Penjalasan Lainnya

blog-feature-image

June 1, 2021 by Asmatun Farah

Kumpulan Doa Setelah Sholat dan Penjalasan Lainnya



Emakbloger.com - Kumpulan doa setelah sholat dapat menjadi referensi dan Anda terapkan setiap harinya. Meskipun sebenarnya Islam memberikan kemudahan, namun sebagai seorang hamba tentu sudah menjadi kewajiban untuk melakukan usaha semaksimal mungkin agar dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Keutamaan Berdoa Setelah Shalat

Setelah shalat sendiri merupakan waktu yang dipercaya mustajab untuk berdoa. Beberapa adab yang harus Anda terapkan misalnya saja membaca basmalah dan bersholawat atas Nabi Muhammad. Jika sudah selesai maka lafazkan hamdalah. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mendapatkan Ketenangan Jiwa

Ketika semua sudah Anda serahkan kepada Allah maka segala urusan menjadi lebih mudah sehingga menjalankan kehidupan terasa tanpa beban. Meskipun setiap perjalanan manusia tentu ada ujian layaknya sekolah sebelum kenaikan tingkat menjadi manusia lebih mulia dari sebelumnya.

Namun ujian yang manusia jalan seringkali membuatnya lalai dari tugasnya sebagai seorang hamba. Bahkan tidak jarang menyalahkan Allah atas segala musibah. Padahal setiap kejadian terdapat hikmah di balknya untuk orang-orang yang mahu berfikir serta tafakur secara mendalam.

2. Sumber Keberuntungan

Ketika seorang hamba dekat dengan Allah SWT maka pastinya akan mendapatkan banyak keberuntungan baik untuk urusan dunia maupun akhiratnya. Manfaat utamanya yakni menambah ketaqwaan serta rasa optimis dalam menjalankan kehidupan di dunia fana ini.

Sebagai senjata paling ampuh orang muslim, dengan menggunakan doa Anda bisa mendapatkan hal yang banyak orang mengatakan tidak mungkin bisa tercapai. Namun harus ada usaha serta optimisme tinggi. dalam hal ini keyakinan dan akan kuasa Allah sangat penting.

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Adanya larangan membahas mengenai bagaimana dzatnya Allah,bukan berarti Anda tidak boleh mengimaninya. Hal tersebut justru menjadi kewajiban. Caranya sendiri terdiri dari berbagai langkah misalnya dengan berdoa, mengagumi segala ciptaan, serta lebih dekat dengan-Nya.

Agar dekat dengan Allah SWT maka sebagai seorang hamba, Anda perlu melakukan beberapa ibadah salah satunya dengan berdoa. Sebelumnya perhatikan adab-adabnya supaya terkabul dengan cepat. namun pastikan untuk selalu menjadikannya sebagai kebiasaan.

4. Dapat Mengusir dan Menjauhkan dari Gangguan Setan

Sejak penciptaan Nabi Adam, setan sudah berjanji akan mengganggu manusia agar laali akan tugasnya beribadah kepada Allah SWT. Dengan demikian mereka akan mendapatkan banyak pengikut nantinya ketika masuk neraka. Perjanjian tersebut berlaku hingga dunia berakhir yakni terjadinya kiamat.

Terdapat beberapa doa yang bermanfaat untuk mengusir jin dan sebangsanya serta meminimalisir dampaknya. Meskipun sudah merasa beribadah sangat rajin, namun sebaiknya jangan terlena. Sebab ada banyak kisah seorang taat beribadah namun pada akhir hayatnya menjadi su’ul khatimah.

Baca Juga: Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap dengan Penjelasannya

5. Agar Selalu Ingat Bahwa Memiliki Peran Sebagai Hamba

Kodrat manusia menjadi hamba yang harus selalu taat kepada perintah Allah yakni beramar ma’ruf dan nahi mungkar. Caranya yaitu dengan menjauhi semua perbuatan buruk dan menjalankan segala perintahNya. Dengan begitu derajatnya semakin tinggi di mata penduduk langit.

Secara lebih rincinya manfaatnya yakni supaya terhindar dari perilaku somb9ong dan mebanggakan diri. Sebab menurut beberapa penuturan menyebutkan bahwa manusia tidak akan masuk surga apabila belum bertaubat karena di dalam hatinya terdapat kesombongan meski hanya seberat biji sawi.

Kumpulan Doa Setelah Sholat

Setelah sholat, terdapat anjuran untuk berzikir untuk mengingati Allah SWT dan tidak lupa berdoa . Isinya dapat berupa memohon segala sesuatu yang dihajatkan mulai dari keselamatan dunia akhirat, pengampunan, serta kestabilan perekonomian. berikut ulasannya:

1. Doa Sapu Jagat

Disebut demikian karena artinya sangat mendalam yakni untuk meminta keselamatan untuk dunia dan akhira. Umumnya penerapannya sendiri untuk mengakhiri rangkaian doa. Lafalnya yang cukup singkat, menjadikannya mudah Anda hafalkan dalam waktu singkat.

Doa Sapu Jagat

Anda dapat menerapkan doa sapu jagat dengan menerapkan adab-adab agar semua pengharapan terkabul dengan cepat. ada baiknya selalu bersuci sebelum menjalankan kegiatan satu ini. berikut penjelasan secara lebih rinci:

  • Saat berdoa, yakinlah bahwa semua harapan Anda akan terkabul selama tidak terhalang dengan dosa-dosa. Oleh sebab itu terdapat anjuran untuk selalu meminta ampunan dengan beristighfar.

  • Menengadahkan tangan dan dengan segala pengharapan memohon untuk doanya terkabul baik untuk urusan dunia mahupun akhirat.

  • Mulailah dengan membaca basmalah karena semua kegiatan akan lebih berkah apabila Anda menghadirkan Allah SWT. Manfaat lainnya agar selalu ingat bahwa semua hal dapat terjadi apabila dzat maha kuasa sudah berkehendak.

Baca Juga: Kumpulan Hadis Pendek yang Dapat Moms Ajarkan pada Anak

2. Doa Agar Segala Permohonan dan Tobat Diterima

Kodrat manusia menjadi hamba yang harus selalu taat kepada perintah Allah yakni beramar ma’ruf dan nahi mungkar. Caranya yaitu dengan menjauhi semua perbuatan buruk dan menjalankan segala anjuran-Nya. Agar tobat tidak tertolak, sebaiknya amalkan doa setiap selesai shalat.

Doa Agar Segala Permohonan dan Tobat Diterima

Allah SWT akan mengabulkan setiap doa yang hamba-Nya panjatkan. Fakta ini tercantum dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 186 yang intinya menyatakan bahwa Allah dekat dan mendengar semua pengharapan umat-Nya. Syarat utamanya adalh mereka mau bermunatjat dengan ketulusan hati.

3. Doa untuk Keselamatan Orang Tua

Jasa orang tua saat merawat anak-anaknya dari lahir hingga dewasa tentu tidak dapat Anda balas dengan harta dunia. Agar bisa menjadi asetnya maka jadilah buah hati sholih dan sholihah yang senantiasa mendoakannya meski telah meninggal dunia. Berikut lafalnya:

Doa untuk Keselamatan Orang Tua

Anak yang shalih dan shalihah merupakan aset berharga bagi orang tua, karena bisa menjadi perantara mengalirnya pahala untuk mereka ketika di alam kubur nantinya. oleh karenanya pastikan mengajari anak perihal agama dengan membiasakan berdoa serta selalu mengingat Allah kapanpun.

Baca Juga: Doa Sehari-Hari yang Bisa Diajarkan pada Anak-anak

4. Doa Agar Terhindar dari Penyakit Hati

Hidup menjadi tidak tenang apabila sudah terjangkit penyakit hati maka hidup menjadi lebih tidak tenang karena selalu merasa sedih ketika ada orang bahagia. Bahkan meski sudah ada banyak nikmat yang mereka dapatkan, namun rasa syukur enggan terucap dari bibirnya. Supaya bisa terhindar, baca doa ini.

Doa Agar Terhindar dari Penyakit Hati

Dalam kondisi seperti ini ada istilah istidraj, maksudnya yani ketika seorang hamba sudah Allah biarkan dalam artian selalu mendapatkan kenikmatan padahal telah melakukan berbagai dosa. Oleh sebab itu pasti kan selalu beristighfar untuk memohon ampun baik setelah sholat atau di sela kesibukan.

5. Doa Meminta Perlindungan dari Sifat Negatif

Marah, takabur, dan pesimis menjadi sebagian dari akhlakul madzmumah yang dapat menjalar menjadi penyakit hati seperti iri, dengki, dan selalu putus asa. Pada akhirnya akan berujung pada sebuah pengingkaran tanggung jawab. Agar terhindar dari itu semua, berikut doa-doanya:

Doa Meminta Perlindungan dari Sifat Negatif

Perlindungan yang Allah SWT berian dapat menghindarkan hamba-Nya dari berbagai malapetaka baik bersifat ringan bahkan sampai berat sekalipun. Bukti kebesaran-Nya sendiri sudah sering nampak pada beberapa kejadian termasuk selamatnya korban bencana dahsyat.

Demikian penjelasan mengenai Kumpulan doa setelah sholat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. sebelumnya pastikan untuk bersuci terlebih dahulu dengan tujuan agar doa mudah terkabul. Selain itu pastikan mengenakan pakaian layak saat menyembah kepada Allah.



KOMENTAR