Home / blog / Kumpulan Doa untuk Orang Sakit yang Sering Diungkapkan

blog-feature-image

June 3, 2021 by Asmatun Farah

Kumpulan Doa untuk Orang Sakit yang Sering Diungkapkan



Emakbloger.com - Anda perlu mengetahui berbagai kumpulan doa untuk orang sakit supaya dapat memberikan dukungan. Selain itu dikatakan bahwa doa merupakan salah satu senjata umat Islam yang memiliki kekuatan besar. apalagi ketika terus mengulanginya serta Anda iringi dengan ketulusan hati.

Manfaat Mendoakan Orang Sakit

Saat teman atau keluarga ada yang sedang terserang suatu penyakit baik ringan maupun berat, salah satu hal yang dapat membantunya untuk sembuh adalah doa. Meski terlihat remeh, namun kekuatannya seringkali dapat mengubah ketidakmungkinan menjadi terwujud. Simak penjelasannya:

1. Meningkatkan Rasa Syukur

Seringkali manusia tidak mensyukuri pemberian Allah setiap hari. Sebenarnya hal kecil yang terus berulang terkadang menurut pandangan banyak orang merupakan anugerah kecil. Padahal jika sudah hilang maka akan membuat kebingungan. misalnya saja hidung dapat menghirup udara dengan baik.

Saat Anda menyadari itu semua rasa syukur akan meningkat pesat sehingga bisa menjalankan kehidupan sehari-hari dengan baik. Ada banyak hikmah di balik nya salah satunya yaitu memberikan energi positif pada tubuh. Kebanyakan masyarakat akan semangat saat menjalankan berbagai kegiatan.

2. Belajar Berempati

Empati atau tenggang rasa sendiri dapat tumbuh dengan sendirinya ketika Anda melakukan berbagai kebaikan yang berhubungan dengan orang lain. sikap seperti ini sangat penting Anda tumbuhkan sejak dini supaya nantinya timbul kepedulian terhadap sesama dalam menjalankan kehidupan.

Menjenguk orang sakit sendiri akan membuat mereka semakin semangat dan merasa banyak yang mempedulikannya terutama jika masih terjalin hubungan keluarga, tetangga, maupun teman. Anda bisa membawakan seperti buah, roti, atau makanan. Hal paling penting adalah mendoakan kesembuhan.

Baca Juga: Kumpulan Doa Zakat Fitrah serta Keutamaannya

3. Mendapatkan Tambahan Ilmu Tentang Cara Menjaga Kebersihan

Penyakit bisa datang bukan hanya karena salah makan, namun juga kurang bersihnya suatu tempat. Bahkan gejalanya bisa lebih parah seperti terjadinya diare, mual, muntah, sesak nafas dan gatal-gatal. Ketika Anda mengetahui alasan datangnya masalah kesehatan maka bisa melakukan pencegahan.

Sebenarnya pencegahannya sendiri tidak selalu harus dengan berbagai obat mahal atau perlengkapan pendukung. Salah satunya yang paling penting adalah menjaga kebersihan tubuh dengan cara mendi setidaknya dua kali sehari dan membersihkan sampah di lingkungan.

4. Sistem Timbal Balik

Manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang membutuhkan kehadiran orang lain untuk menangani berbagai hal dalam kesehariannya. Baik sadar maupun tidak, setiap hari Anda harus berhubungan dengan sesama misalnya saat berbelanja sayur atau naik ojek.

Seperti halnya dengan menjenguk orang sakit, nantinya ketika Anda sedang dalam kondisi tersebut maka akan banyak yang menjenguk. Sebagian besar dari sifat manusia adalah membalas kebaikan dengan hal lebih besar. mengenai hal ini ada beberapa penyebabnya salah satunya tanda terima kasih.

5. Menjaga Tetap Terhubungnya Tali Silaturahmi

Sakit merupakan salah satu hal yang tidak diharapkan oleh manusia. Nama Tahukan Anda jika di dalamnya ada berbagai hikmah. Misalnya Saja meningkatkan ketaqwaan, menambah rasa syukur pada hal kecil, serta mengangkat dosa-dosa. Umumnya poin-poin tersebut jarang masyarakat sadari.

Ketika seseorang sakit, mereka membutuhkan dukungan dan kehadiran dari sana keluarga, teman, tetangga, ataupun keluarga untuk mendapatkan dukungan serta kekuatan supaya lebih cepat pulih. Dengan demikian mereka akan lebih cepat sembuh karena pikirannya tidak tertekan.

Baca Juga: Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap dengan Penjelasannya

Doa Untuk Orang Sakit

Mendoakan orang sakit merupakan sebuah ajaran yang termuat dalam sumber hukum Islam baik Al-quran dan Hadits. Menjalin hubungan baik dengan orang terkait, bahkan tidak jarang yang awalnya bermusuhan menjadi teman dekat atau saudara. Berikut ini doa untuk orang sakit:

1. Membaca Surah Al-Fatihah

Surah yang memiliki nama lain sebagai ummul Qura ini ternyata memiliki banyak khasiat terutama untuk penyembuhan segala macam penyakit. Hal ini juga terdapat dalam sebuah hadits yang menyebutkan bahwa para sahabat meruqyah pembesar kambing dengan menggunakannya.

Teknik pengobatan menggunakan ayat suci Al-Quran sudah dipraktekkan sejak zaman dahulu dan terbukti akan keampuhannya. Cara sendiri cukup mudah, namun beberapa diantaranya harus mendapatkan ijazahan agar ketika mengamalkannya saling bertautan dengan pemberinya.

2. Menerapkan Doa yang Terdapat dalam Hadits

Dalam hadits ini menceritakan mengenai Utsman bin ‘Ali yang mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakitnya. Beliapun menyuruh untuk meletakkan tangannya ke bagan tubuh terkait. selanjutnya membacakan kalimat yang tertulis dalam keterangan tersebut.

Menerapkan Doa yang Terdapat dalam Hadits

Saat membacakannya pastikan dengan penuh keyakinan kepada Allah SWT agar terjawab. Selain itu sesuaikan tata caranya menerapan anjuran dari beliau. Setidaknya ulangi sebanyak 3 kali dan rasakan perubahannya. Namun perlu Anda ketahui kembalikan semuanya kepada dzat yang Maha Kuasa..

3. Doa dari Sayyidah Aisyah R.A

Nama ini tentu sudah tidak asin lagi, sebab merupakan putri Rasulullah SAW yang berperan penting untuk mendukung dakwah. Selain itu Beliau juga merupakan istri dari khalifah Ali bin Abi Thalib. Beliau mengajarkan sebuah doa meminta kesembuhan yakni sebagai berikut:

Doa dari Sayyidah Aisyah R.A

4. Doa dari Ibnu Abbas R.A

Sebagai seorang muslim penting untuk bertaqwa kepada Allah SWT dan menggantungkan semuanya. Meskipun demikian bukan berarti tidak Anda iringi dengan usaha misalnya ketika sakit berdoa meminta kesembuhan serta mendukungnya melalui obat medis maupun herbal.

Anjuran doa dengan menyebut nama Allah sudah banyak tersebar baik di Al-quran dan Hadits. Sebelumnya selalu pastikan tingkat kevalidan suatu informasi serta tata caranya. Sebab ada yang mengatakan sebuah lafal doa terdapat penjaganya atau qodam. Berikut lafalnya:

Doa dari Ibnu Abbas R.A

5. Doa dari Sayyidina Ali R.A

Islam telah mengajarkan berbagai doa yang bisa Anda manfaatkan untuk ikhtiar penyembuhan selain obat. Sebab terkadang ada beberapa penyakit dengan penyebab hadirnya makhluk gaib. Seperti halnya saat ini banyak praktik santet, gendam, serta pelet agar misi pelaku dapat terlaksana.

Sayyidina Ali sendiri merupakan salah seorang sahabat Nabi sekaligus menantu. Saat sakit Beliau pernah mengajarkan sesuatu doa meminta esembuhan keada Allh SWT yang termaktub dalam sebuah hadis riwayat Al-Bukhari no 3616.5665,5662. Berbunyi sebagai berikut:

Doa dari Sayyidina Ali R.A

Baca Juga: Kumpulan Doa Setelah Sholat dan Penjalasan Lainnya

Tata Cara Agar Doa Mudah Terkabul

Saat berdoa juga sangat penting menghadirkan adab supaya Allah SWT segera mengabulkannya. Misalnya dengan pemilihan waktu tepat. meskipun terlihat sepele namun hal demikian memberi pengaruh besar. sima ulasan berikut ini:

  • Menggunakan doa sesuai anjuran Rasulullah SAW seperti yang sudah terdapat dalam hadis serta contoh dari sahabat dan ulama ahli dalam bidangnya.
  • Memilih waktu yang tepat misalnya saja di antara adzan dan iqamah, hujan deras, sepertiga malam terakhir, dan ayam jago berkokok.
  • Dalam keadaan bersuci jika mampu atau masih memiliki tayamum untuk orang yang terhalang menyentuh air.
  • Menghadap kiblat menjadi salah satu anjuran yang perlu Anda laksanakan.

Demikian penjelasan mengenai kumpulan doa untuk orang sakit yang bisa menjadi referensi nantinya agar memudahkan kesembuhan. Tetap kembalikan semua ikhtiar kepada Allah SWT dan lakukan dengan penuh keyakinan serta bersistem continue.



KOMENTAR