Home / blog / Kumpulan Doa Zakat Fitrah serta Keutamaannya

blog-feature-image

June 3, 2021 by Sherla

Kumpulan Doa Zakat Fitrah serta Keutamaannya



Emakbloger.com - Bagi para amal zakat tentu penting untuk mengetahui kumpulan doa zakat fitrah supaya nantinya lebih mudah dalam menjalani prosesnya. Kegiatan satu ini selalu dijalankan oleh umat Islam setiap memasuki bulan Ramadhan. Setiap individu berkewajiban mengeluarkannya meskipun anak baru lahir.

Apa itu Zakat Fitrah?

Zakat fitrah sendiri merupakan harta yang harus Anda keluarkan berupa beras setiap tahunnya satu kali dengan syarat dan rukun tertentu. Anda perlu memahami nya secara terperinci supaya tidak terjadi kesalahan fatal. Sebab bayi yang baru lahir pun bisa berkewajiban melakukan ibadah tersebut.

Pada prinsip penerapannya, waktu maksimal pembayaran zakat fitrah yakni ketika sebelum masuk shalat Idul Fitri. Apabila Anda menjalankan setelahnya maka dianggap sebagai sedekah biasa. hal inilah salah satu pembeda dengan jenis lainnya seperti mall atau zakat harta.

Secara umumnya, manfaat zakat adalah untuk mensucikan harta apabila bercampur dengan yang haram tanpa Anda sengaja. Selain itu tujuan utamanya adalah meringankan beban orang lain yang membutuhkan supaya bisa makan dengan layak saat hari raya dan beberapa waktu setelahnya.

Kumpulan Doa Zakat Fitrah Berbagai Versi

Zakat fitrah harus dibayarkan berupa beras yang nantinya akan petugas terkait tasyarufkan pada orang-orang membutuhkan. Apabila ketika melaksanakannya di sekolah atau kantor, umumnya muncul saran untuk membawa uang. Namun perlu Anda ketahui nantinya juga harus dibentuk beras.

1. Zakat Fitrah untuk Istri

Istri masih menjadi tanggungan seorang suami, apabila terjadi kendala saat menjalankannya misalnya setelah melahirkan atau lainnya. Anda dapat meniatkannya dengan menyematkan nama pada tempat tepat. agar lebih mantap, silahkan menyimak penjelasan di bawah ini:

doa Zakat Fitrah untuk Istri

Pembayaran zakat fitrah untuk istri sama dengan lainnya, hanya saja niatnya jelas berbeda. agar tidak sampai salah pastikan mengetahuinya terlebih dahulu. Agar lebih praktis, tersedia banyak informasi mengenai keislaman di platform online baik Google atau aplikasi khusus.

Baca Juga: Kumpulan Doa Setelah Sholat dan Penjalasan Lainnya

2. Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

Terdapat beberapa ketentuan bolehnya mewakilkan untuk berzakat fitrah. Setiap ibadah memang harus memenuhi ketentuan khusus supaya nantinya sah dimata agama dan sesuai tuntunan syariah. Meskipun terbilang sederhana, namun niat menjadi hal paling penting.

Seorang pemimpin keluarga dapat mewakilkan anggota keluarganya yang sedang dalam perjalanan atau ata kendala lain untuk melaksanakan zakat fitrah. Di samping itu cara niatnya memang sedikit berbeda dengan umumnya. pembahsannya bisa Anda simak berikut ini:

doa Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

3. Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

Kegiatan pembayaran zakat fitrah melalui beberapa ketentuan yang harus Anda patuhi. Jika saat akan membayarkan namun untuk makan selama satu hari tidak mencukupi, maka akan mendapatkan rukhsah atau keringanan. Sedangkan apabila mampu tentunya wajib membayarkannya.

Bagi Anda yang memiliki anak laki-laki dan terhalang untuk melafalkan doa zakat secara pribadi maa dapat mewakilkan kepada pihak terkait. Hal ini diperbolehkan asalkan mencapai alasan tertentu misalnya masih bayi, disabilitas, atau sedang dalam perjalanan jauh. Berikut lafalnya:

doa zakat fitrah untuk anak laki laki

4. Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Setiap menjelang Idul Fitri, para petugas pengambilan zakat fitrah akan berkeliling dan mengumpulkan setiap beras dari individu. Terdapat beberapa pendapat mengenai banyaknya yakni mulai dari 2,8, 2,9, dan 3,0 kg. Anda bisa memilih dari ketetapan umumnya di masyarakat.

doa zakat fitrah untuk anak perempuan

Apabila anak masih terhalang untuk melakukan pembayaran zakat dalam artian belum bisa melafalkan doanya maka orang tuanya yang akan mengambil alih. Pastikan Anda mengetahui niatnya agar tidak sampai salah. Supaya ibadah satu ini bisa absah dan mendapatkan ridha Allah SWT.

Baca Juga: Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap dengan Penjelasannya

5. Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Setiap orang dalam satu keluarga mendapat keharusan untuk membayar zakat fitrah. Sedangkan untuk bayi tergantung dari kapan lahir ke dunia, apabila sebelum terbit fajar maka masih masuk untuk Anda zakat. Sedangkan apabila sekolahnya sudah tidak ada tanggungan.

doa zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga

Kegiatan pembayaran zakat fitrah umumnya masyarakat lakukan ketika sudah memasuki waktu akhir ramadhan. Apabila ada halangan untuk memberikannya Anda bisa mewakilkan kepada wali. Niatnya sendiri seperti yang sudah ada di atas atau jika belum hafal dapat menanyakan kepada pihak terkait.

6. Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Dalam menunaikan zakat fitrah terdapat oa niat yang perlu Anda ketahui karena setiap kelompoknya berbeda-beda. Apabila salah maka berkaitan dengan keabsahan suatu ibadah, karena poin tersebut menjadi paling utama. Jika Anda mengkhususkan untuk diri sendiri berikut ulasannya:

niat zakat fitrah untuk diri sendiri

Pada beberapa kondisi, niat zakat fitrah dapat Anda wakilkan misalnya saja untuk anak-anak yang belum baligh dalam artian masih masuk usia balita. Tentunya mereka belum dapat membedakan hal baik dan buruk. Selain itu masih sukar melafalkan kalimat dalam bahasa Arab.

Tata Cara membayar Zakat Fitrah

Kegiatan yang rutin masyarakat muslim lakukan setiap menuju akhir ramadhan. Sebenarnya waktu untuk menjalankan prose sini mulai dari awal ramadhan sampai akhir sebelum terbitnya fajar. Apabila melihatnya maka secara otomatis akan batal dan erubah sebagai sedekah biasa.

Awal prosesnya yakni dengan membaca niat sesuai dengan ketentuan setiap individu baik perwakilan atau sendiri-sendiri. Apabila ingin zakat dalam bentuk uang, dalam artian nantiya akan dibelikan beras dengan dana sebesar Rp 40.000 senilai dengan biaya untuk pembelian beras.

Bagi anda yang ingin menjalankan ibadah zakat melalui platform online, pastikan untuk memilih dengan pelayanan terpercaya supaya nantinya tidak sampai kecewa. Saat ini kemajuan teknologi sudah membantu untuk melakukan banyak hal di amapu dan kapanpun.

Baca Juga: Kumpulan Hadis Pendek yang Dapat Moms Ajarkan pada Anak

Manfaat Zakat Fitrah

Sama seerti hanya sedekah harta, zakat fitrah pengeluarannya bertujuan agar masyarakat kurang mampu dapat dibantu dengan mendapatkan penghidupan layak.. sebenarnya setiap ibadah dalam ajaran agama islam memiliki hikmah tersendiri. Penjelasannya sebagai berikut:

  • Mengurangi kesenjangan yang sering terjadi antara si miskin dan kaya karena terhalang kasta. Pembatas seperti ini akan muncul dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat supaya tidak berlaku sombong karena akan membuat hati semakin jauh dari kebenaran.
  • Penanaman sejak dini kepada anak agar tingkat kepeduliannya terhadap orang lain semakin tinggi. Dengan demikian buah hati ketika sudah dewasa akan lebih mudah untuk berbagi terhadap sesama manusia yang membutuhkan seperti fakir, miskin, dan lainnya.
  • Membersihkan harta yang kemungkinan bercampur dengan harta haram secara tidak sengaja. Setelah melalui proses ini harapannya hidup menjadi lebih terarah dan keluarga Allah SWT berikan petunjuk di jalan kebenaran agar tidak ada penyelewengan.
  • Mengingatkan bahwa di dalam harta setiap individu ada hak orang lain. Oleh sebab itu harus Anda berikan kepada pihak yang bertanggungjawab supaya mereka tasaruf untuk kepentingan umat beragama.

Demikian penjelasan mengenai Kumpulan Doa Zakat Fitrah yang perlu Anda fahami supaya nantinya tidak sampai terjadi kesalahan. Akibatnya akan fatal walaupun terlihat hanya masalah simpel. sebab berkaitan erat dengan niat sehingga akan mempengaruhi keabsahan ibadah serta keikhlasannya.



KOMENTAR