Home / blog / Nama Anak Perempuan Unik dan Kekinian

blog-feature-image

June 6, 2021 by Rindi Aryani

Nama Anak Perempuan Unik dan Kekinian



Emakbloger.com - Pemberian nama anak perempuan unik tentu harus memenuhi aturan tertentu terutama bagi umat beragama. Sebab dipercaya bahwa nama adalah doa sehingga selalu milih dengan arti bagus agar nantinya bisa menjadi sosok buah hati sesuai harapan yakni baik hati dan beretika.

Aturan Memilih Nama yang Baik

Model ini seringkali masyarakat memilih nama didasarkan pada keindahan dan keunikannya, namun tahukah Anda bahwa sebuah kalimat bisa menjadi doa dan harapan. Apalagi jika sering menjadi sebutan seperti halnya nama. Oleh karenanya perhatikan beberapa hal berikut ini:

Jangan Memberikan Nama yang Buruk

Orang tua tentu memilihkan nama anak dengan makna yang bagus. namun tidak jarang orang memelesetkannya dengan istilah kurang baik. Ada baiknya tidak melakukan tindakan demikian karena dapat menjadi doa apalagi menyakiti hati orang bersangkutan.

Lahirnya kaa timbul perpecahan dan pertikaian antara sesama saudara atau tetangga. Dalam Islam ada anjuran yakni panggilah seseorang dengan istilah baik dan jangan memberikan sebuah julukan yang mengarah pada keburukan. Selain membuat sakit hati juga mengganggu stabilitas hubungan.

Baca Juga: 60 Nama Anak Perempuan Islami Beserta Artinya

Menggunakan Nama Orang Mulia

Dalam ajaran Islam, ada anjuran untuk penamaan anak menggunakan nama orang-orang mulia seperti Nabi, Rosul, para sahabat, dan ilmuwan muslim. Umumnya masyarakat juga memadukannya dengan beberapa istilah dari bahasa lain misalnya Jawa, Korea, maupun Jepang.

Fokus utama dalam pemberian nama anak pada umumnya adalah dari nilai kegunaan dan estetikanya. Sebenarnya tidak sepenuhnya salah, namun alangkah lebih baiknya jika mengetahui makna di dalamnya agar nantinya tidak sampai terjadi kekecewaan atau hal buruk.

Menghindari Nama yang Tidak Baik

Sesuai penjelasan sebelumnya bahwa nama merupakan sebuah doa yang harus Anda perhatikan penempatannya. Meski dari bahasa lain baik arab, Jepang, atau termaktub dalam kitab ajaran agama tentu ada beberapa istilah dengan makna kurang baik bahkan bisa membawa keburukan.

Oleh sebab anjuran ini muncul dan perlu diperhatikan oleh para orang tua. Ha paling penting dari sebuah prosesi penamaan adalah makna yang terkandung di dalamnya bukan hanya sekedar bagus maupun mirip artis idola. Alangkah lebih baiknya jika menerapkan dari tokoh agama.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Dalam Ajaran Islam Sesuai Umur

Memperhatikan Waktu dan Tempat Penamaan

Menurut ajaran agama Islam, terdapat 3 waktu yang bisa Anda gunakan untuk penamaan mulai dari kelahiran sampai hari ke tiga. Namun seringkali masyarakat mengadakan upacara yang disebut dengan aqiqahan ketika masuk ke 7 kelahiran. Bahan kegiatan ini sudah menjadi tradisi turun-temurun.

Kegiatan masuk ke dalam sunnah yang sangat utama jika Anda laksanakan. Meski terlihat remeh, namun waktu dalam pemberian nama memang penting utamanya pada saat terkabulnya doa-doa. Pastikan untuk selalu berkata baik dan mengharapkan perlindungan kepada Tuhan.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Supaya Disiplin Tanpa Perlu Kekerasan

Minta Saran Kepada Ahli Ilmu

Teknologi saat ini memang sudah mencakup berbagai bidang kehidupan manusia, namun tidak ada salahnya jika sebelum memberikan nama kepada anak untuk menanyakan pada ahlinya. Tujuannya adalah agar nantinya bisa menjadi sosok dengan peran penting di kehidupan selanjutnya.

Dalam artian berguna untuk bangsa, negara, agama, dan tentunya meninggikan derajat orang tua. Tentunya setiap agama ada anjuran demikian terutama Islam karena segala sesuatu dapat menjadi doa. Pastikan untuk menghindari istilah berarti buruk meskipun terlihat unik dan bagus.

Bisa Memilih dari Kesepakatan Bersama

Agama Islam Mengajarkan jika memberi nama dari laki-laki, namun tidak ada salahnya jika memutuskan melalui kesepakatan bersama. Sebelumnya silahkan mencari inspirasi terlebih dahulu di dalam buku, internet, maupun meminta saran kepada para ahli ilmu.

Tujuan utamanya adalah agar mendapatkan nama dengan makna terbaik. sebelumnya pastikan  tidak terlalu banyak yang menyukai supaya mudah saat memanggilnya. Sebab tidak jarang anak dengan penyebutan sama apalagi saat menempuh pendidikan nantinya.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun agar Memiliki Kepribadian Baik

Memadukan Nama antar Kedua Orang Tua

Perpaduan nama orang tua seringkali akan nama anak menjad lebih unik. selain itu mana di dalamnya dapat bersatu dengan harapan sebagai doa agar nantinya menjadi sosok harapan bangsa dan agama. inspirasi nama-nama sudah ada banyak paduan baik dari istilah Yunani maupun arab.

Selain itu istilah dari negara-negara lain seperti Inggris seringkali menjadi inspirasi para orang tua untuk disematkan pada nama panjang putra atau putrinya. Sebelumnya ada baiknya untuk memastikan kemudahan pengucapannya agar tidak sampai terjadi kesalahan.

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Unik

Anak merupakan karunia yang diberikan Tuhan untuk Anda rawat dan besarkan dengan berbagai pengajaran yang baik. ada berapakah saat mereka terlahir ke dunia salah satunya memberikan nama terbaik. Berikut beberapa alasannya untuk Anda:

Baca Juga: 19 Cara Mendidik Anak Menurut Islam Sesuai Ajaran Nabi dan Alquran

Abjad A

Pemilihan abjad A terkadang bertujuan agar anak kelak menjadi orang utama. Perpaduan istilahnya sendiri sudah semakin banyak sehingga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan selera masing-masing. berikut ulasannya:

  • Adsila: sesuatu yang berbunga dengan indahnya
  • Akleema: canytik (salah satu putri dari Nabi Adam dan Hawa)
  • Alexandra: pembela umat manusia (dari bahasa Yunani)
  • Alfa: pertama atau simbol awal.

Abjad B

Modern ini versi nama untuk anak semakin banyak terutama berjenis kelamin perempuan. Anda bisa menemukan inspirasi dan berbagai rekomendasi dari dalam buku maupun web browser. Langkahnya sendiri cukup dengan terkoneksi dengan internet maka semua akan muncul.

  • Belvina: anak perempuan berkulit putih dan cantik jelita
  • Beatarisa: dia yang membawa kebahagiaan
  • Bonanza: pemandangan yang indah
  • Bahati: keberuntungan
  • Berly: mutiara hijau autan
  • Bunella: berambut cokelat
  • Bayuni: cantik
  • Barsha: hujan

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak yang Keras Kepala

Abjad C

Hak anak ketika lahir ke dunia salah satunya yakni mendapatkan nama dengan istilah terbaik. bahkan beberapa masyarakat percaya jika terlalu panjang membuatnya akan sulit berkembang. Maksudnya adalah sering sakit-sakitan, memiliki tubuh kecil, dan sebagainya.

  • Calya: tanpa cacat
  • Casia: simbol ebangkitan dan keabadian
  • Cassaundra/ cassandra: penolong laki-laki
  • Cassia: juara (berasal dari bahasa YUnani)
  • Cheryl: perempuan yang dicintai
  • Chalinda: pemberian indah dari Tuhan.
  • Cyrinda; baik, lembut, pekerja keras

Abjad D

Pengelompokan nama berdasarkan abjad ini bertujuan agar Anda lebih mudah dalam mencari istilah yang paling cocok untuk dipadukan. Keunikan menjadi daya tarik tersendiri, namun pastikan tidak terlalu sulit saat penulisannya untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

  • Dzafina: pengembara hari
  • Divya: hebat
  • Diomira: wanita penting di desa
  • Desi: jalan kehidupan yang bahagia dan sempurna
  • Darria: kesehatan
  • Denta: sesuatu yang kekal dan abadi
  • Daryan: hadiah

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak yang Baik Dalam Keluarga

Abjad E

Saat ini inspirasi nama yang terdapat pada media online sudah terbilang cukup banyak. hal ini akan memudahkan Anda untuk memilih istilah dengan makna bagus. setelah mengetahui arti setiap katanya, maka akan lebih mudah saat merangkainya. Misalnya sebagai berikut:

  • Amalan: Wanita Syurga
  • Elvina: Bijaksana dan ramah
  • Elaina: terang, cahaya Terang
  • Edrea: keberuntungan
  • Elvaretta: pembicara kebenaran
  • Emperatriz: pemimpin yang berkuasa

Demikian penjelasan mengenai nama anak perempuan unik yang bisa menjadi inspirasi agar nantinya selain mendapatkan makna yang bagus serta lebih kekinian. pastikan untuk menggabungkan berbagai sumber terutama ahli dalam bidangnya.



KOMENTAR