Ikuti Kami
parenting

Ibu Hamil Minum Yakult, Bolehkah dan Bagaimana Tata Caranya?

Leona
Publish
Ibu Hamil Minum Yakult, Bolehkah dan Bagaimana Tata Caranya?

Emakbloger.com - Sebenarnya bahaya atau tidak ketika ibu hamil minum Yakult? mengenai hal ini penting untuk Anda ketahui. meskipun sebenarnya termasuk ke dalam produk probiotik, namun di dalamnya terdapat bakteri Lactobacillus casei shirota strain untuk menyehatkan saluran pencernaan.

Apa Sebenarnya Manfaat Yakult?

Dalam Yakult terdapat bakteri bernama Lactobacillus casei shirota strain yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah pencernaan. Setidaknya dalam satu kemasan terdapat 6,5 miliar. Oleh karenanya ada aturan untuk setiap kali mengkonsumsinya agar tidak sampai berlebihan.

Manfaat Yakult untuk Pencernaan

  • Konstipasi (sembelit)
  • Diare
  • IBS yakni sindrom iritasi usus
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori
  • Peradangan usus (IBD)

Manfaat Yakult untuk Kesehatan

  • Infeksi telinga (otitis media)
  • Jerawat berlebihan
  • Demam, flu, dan masalah pernafasan
  • Eksim, dermatitis, dan alergi
  • Infeksi gusi, sariawan, dan bau mulut
  • Infeksi bagian vagina atau saluran kencing

Semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsinya sesuai aturan yang telah ditentukan. Sedangkan ada pengkhususan pada wanita hamil, untuk menjaga supaya kandungannya tetap dalam keadaan stabil serta sehat sampai saat kelahiran tiba.

Baca Juga: Pembahasan Menarik Mengenai Ibu Hamil Makan Pedas

Apakah Boleh Ibu Hamil Minum Yakult?

Saat hamil, kondisi tubuh sering mengalami perubahan secara signifikan baik pada imunitas maupun bentuknya. Oleh karenanya Anda tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi sesuai meskipun berbentuk vitamin atau probiotik sekalipun tanpa anjuran dokter beserta dosis berlebih.

Kabar baiknya, ibu hamil boleh minum Yakult karena termasuk ke dalam probiotik yang mengandung Lactobacillus casei shirota strain. Manfaatnya sendiri cukup baik untuk menjaga kesehatan usus dan sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan menjadi penyebab keguguran atau kelaiann janin.

Jika pada saat kehamilan Anda mengkonsumsinya dengan aturan khusus, maka bisa mendatangkan berbagai manfaat seperti menghindari terjadinya sembelit. Produk yang berasal dari fermentasi susu skim ini juga memiliki kandungan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Manfaat Yakult untuk Ibu Hamil dan Bayi

Menjaga usus dan pencernaan saat kehamilan memang sangat penting. salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi minuman probiotik dengan takaran yang sesuai dengan anjuran dari dokter atau ahli terkait. Tujuannya untuk mendapatkan manfaat seperti di bawhah ini:

1. Mencegah Alergi pada Anak

Ternyata ibu hamil yang mengkonsumsi Yakult bukan hanya bermanfaat untuk diri pribadinya melainkan juga buah hatinya. Salah satu manfaatnya yakni anak minim terkena alergi sehingga kesehatannya bisa lebih stabil. Dengan demikian sistem imunnya terjaga dengan baik.

Mengkonsumsi minuman probiotik saat hamil dan menyusui dapat mencegah terjadinya eksim pada bayi . kondisi ini pada tingkatan tertentu bisa membahayakan kesehatan yang bisa muncul dari beberapa faktor. Umumnya gejalanya akan muncul saat berusia 3-6 bulan.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Hadirnya probiotik yag bai untuk tubuh dapat mencegah berembangnya bakteri jahat. Tujuan utamanya adalah mindahin makanan serta mengurangi kemungkinan mengalami komplikasi kesehatan. Harapannya supaya nantinya bayi bisa lahir dalam keadaan sehat.

Selain itu Anda juga harus mendukung dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga sesuai anjuran dokter. Umumnya wanita hamil dapat melakukan yoga serta meditasi guna menjaga kestabilan mental. Terlebih untuk mempersiapkan tubuh saat kelahiran buah hati nantinya.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Durian, Aman atau Berbahaya?

3. Mengurangi Resiko Terjadinya Preeklamsia

Masalah kesehatan lain yang terjadi saat kehamilan yakni Preeklampsia yakni sebuah kompilasi. Apabila Anda dan biarkan begitu saja maka dapat mengakibatkan kondisi lebih berbahaya. Oleh karenanya sebaiknya harus mencegahnya sejak trimester pertama.

Kondisi seperti ini dapat terjadi pada 2-8% kehamilan dengan gejala kandungan protein tinggi dalam urine. Biasanya permulaannya berawal dari tensi darah naik yang menjadikan mood tidak stabil. Misalnya sering terpancing emosi pada masalah kecil maupun perubahan

4. Mengurangi Resiko Terjadinya Infeksi Vagina

Jenis infeksi vagina yang bisa terjadi saat kehamilan berupa infeksi ragi, bacterial vaginosis (BV), group B Strep (GSB), dan trikomoniasis. Saat hal ini terjadi sebaiknya jangan sampai menyepelekannya dan pastian untuk mengetahui gejala awalnya. Tujuannya supaya Anda dapat melakukan pencegahan.

Gejala awal yang dapat timbul saat infeksi vagina yakni nyeri, gatal, kemerahan, pembengkakan dari vagina. Di samping itu juga tidak jarang mengeluarkan keputihan berwarna kekuningan. Bahkan kemungkinan akan membuat kurang nyaman saat berhubungan seks serta rasa terbakar.

5. Mengurangi Resiko Terjadinya Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional sendiri merupakan masalah kesehatan yang hanya terjadi pada saat kehamilan saja. Berdasarkan penelitian pada tahun 2014 lalu, mengkonsumsi probiotik dapat mengurangi resikonya serta mencegah tekanan darah tinggi (preeklamsia) dan kelahiran prematur.

Fakti ini juga telah diteliti oleh para ahli di Selandia Baru yang terdapat dalam British Journal of Nutrition. Mereka menyebutkan bahwa konsumsi probiotik seperti produk Yakult ini dapat mencegah hadirnya Diabetes Gestasional. Agar lebih maksimal asupan insulin juga harus tercukupi

Obat yang Tidak Boleh Anda Konsumsi Bersamaan dengan Yakult

Meski minum yakult baik untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi, namun sebaiknya jangan memadukannya dengan beberapa obat kimia. Pastikan untuk selalu mengkonsultasikannya kepada ahli gizi atau tenaga kesehatan. Berikut ulasannya untuk mencegah terjadinya kesalahan:

1. Obat Penekan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun bertugas untuk mencegah tubuh terkena penyakit yang tersebar di lingkungan baik berupa virus atau lainnya. Saat Anda mengkonsumsi obat imunosupresan maka dapat mengakibatkan lemahnya perlindungan badan terhadap terjangkitnya berbagai macam penyakit.

Terdapat banyak jenis obat dengan kandungan imunosupresan yang perlu Anda hindari mengkonsumsi bersamaan dengan Yakult. tujuan dari keduanya sendiri tentu berlawanan, maksudnya adalah minuman probiotik bertugas meningkatkan bakteri baik. berikut ulasannya:

  • Kortikosteroid
  • Sirolimus
  • Prednisone
  • Mycophenolate
  • Muromonab
  • Daclizumab
  • basiliximab

2. Obat Antibiotik

Seperti penjelasan di atas, bahwa Yakult mengandung probiotik yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Sedangkan tugas obat dengan antibiotik yakni untuk mengurangi baik bakteri berbahaya maupun baik untuk tubuh. Saat ini terjadi akan membuat sistem kinerjanya menjadi kurang maksimal.

Guna mencegah reaksi demikian, maka silahkan minum Yakult setelah mengkonsumsi obat dengan kandungan antibiotik. Setidaknya jarak antara keduanya sekitar 2 jam untuk menunggu proses tubuh mencernanya. Alangkah lebih baiknya Anda dukung menggunakan makanan bervitamin.

Baca Juga: Ibu Hamil Minum Kopi, Apakah Aman Bagi kesehatan Janin?

Dosis Mengkonsumsi Yakult dalam Satu Hari

Setiap mengkonsumsi makanan atau minuman selalu perhatikan dosi tepatnya. Bagi ibu hamil, sebaiknya lakukan pengecekan pada dokter terkait agar mendapatkan saran paling sesuai. Sebab kondisi setiap individu berbeda, secara umumnya berikut aturannya:

  • Minum Yakult untuk orang dewasa dalam 1 hari sekitar satu sampai dua botol. Jika berlebihan maka harus di bawah pengawasan tenaga medis.
  • Sedangkan untuk anak-anak setidaknya minum 1 botol dalam sehari. Variannya sendiri tersedia 1 paket berisi 5 botol kemasan kecil.

Demikian penjelasan mengenai ibu hamil minum Yakult beserta hal menarik lainnya. suatu zat yang baik untuk tubuh juga bisa menjadi kebalikannya karena kesalahan saat mengkonsumsinya. Misalnya saja kelebihan dosis maupun tidak memeriksa tanggal expirednya.


Terkait

Artikel Terbaru

7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah 7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah
pinjol September, 2021
7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah

Saat ini pinjaman online terbaik 2021 sudah banyak digunakan sebagai alternatif kebutuhan pembiayaan yang mendesak

Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol
pinjol September, 2021
Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol

Seperti pinjol resmi OJK bunga rendah yang telah kami ulas sebelumnya, cara pinjam di Finmas juga terbilang sangat mudah, bahkan tidak jauh berbeda dengan pinjaman online lainnya

Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC

Berikut cara mudah untuk pinjam di Rupiah Cepat agar cepat di ACC tanpa di tolak, cek selengkapnya pada artikel ini.

Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat
pinjol September, 2021
Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat

Pinjaman online Kredit Cepat menjadi salah satu pinjaman online terbaik saat ini dengan bunga yang cukup rendah. Selain itu Kredit Cepat juga sudah masuk dalam daftar pinjol resmi OJK bunga rendah

Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC

meskipun cara ajukan pinjam di Kredit pintar terbilang mudah, namun ada juga beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu anda lengkapi. Selengkapnya dapat anda simak di artikel ini.

Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui pasati cara pinjam di DanaFix, untuk itu disini kami akan menjelaskannya untuk memudahkan untuk pinjamn di DanaFix

Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair

Selain cara pinjam di Indodana terbilang mudah dan cepat cair, ada 3 produk yang bisa anda pilih, mulai dari Payleter, Dana tunai, dan Pendanaan.