Ikuti Kami
parenting

Ibu Hamil Makan Mie Instan dan Berapa Batasan Wajarnya?

Asmatun Farah
Publish
Ibu Hamil Makan Mie Instan dan Berapa Batasan Wajarnya?

Emakbloger.com - Pembahasan mengenai ibu hamil makan mie instan sering menarik perhatian banyak orang terutama ayah dan ibu baru. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan berbahaya jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Salah satunya yakni MSG (monosodium glutamat).

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan?

Mie instan merupakan produk yang sering menjadi rujukan ketika merasa lapar pada jam-jam genting. Sebenarnya komponen utamanya adalah terigu dengan tambahan berupa zat besi, Vitamin A dan B, asam folat, zinc, serta besi. Dengan begitu perut akan terasa lebih kenyang lebih lama.

Meskipun terdapat vitamin dan mineral di dalamnya namu terdapat larangan mengkonsumsinya 2 kali satu minggu. Tujuannya yakni untuk menghindari terjadinya risiko berat yakni sindrom metabolik. Secara singkatnya hal tersebut berkaitan dengan kumpulan gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan ini bisa berupa tekanan darah tinggi, kadar gula meningkat, meningkatnya kandungan kolesterol jahat, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu sebaiknya wanita hamil tidak terlalu banyak mengkonsumsinya supaya kesehatan ibu dan bayi terjaga dengan baik.

Baca Juga: Ibu Hamil Minum Kopi, Apakah Aman Bagi kesehatan Janin?

Cara mengkonsumsi Mie Instan yang Aman untuk Ibu Hamil

bolehkan ibu hamil makan mie instan?

Selain rasanya yang nikmat, cara masak mie instan sendiri terbilang simpel dan cepat. namun terkadang juga terjadi kondisi dimana ibu hamil mengalami ngidam dan masyarakat percaya jika tidak memenuhi keinginannya maka anaknya nanti akan ileran. Lantas bagaimana cara amannya?

Terdapat beberapa cara aman yang bisa Anda lakukan apabila kondisi mendesak terjadi. Sebenarnya boleh saja mengkonsumsi mie instan, hanya saja pastikan sangat jarang misalnya dua minggu satu kali dengan ketentuan khusus. misalnya sebagai berikut:

  • Tambahkan protein seperti telur, daging, seafood sesuai dengan aturan.
  • Kurangi jumlah bumbu dari mie yan sebagaianbesar adalah MSG yakni penyedap rasa.
  • Periksa tanggal kadaluarsanya, jangan sampai mengkonsumsi yang sudah terlewat dari expired.
  • Tambahkan sayuran hijau untuk menyeimbangkan nutrisinya seperti sawi atau bayam.
  • Perhatikan juga tingkat kematangannya jangan sampai sayur yang terdapat di dalamnya terlalu matang karena akan mengurangi nutrisinya.
  • Anda bisa membuat bumbunya sendiri yang terbukti sudah alami misalnya bawang putih dan merah, sedikit cabai, serta tambahan tomat.
  • Jangan menuangkan bumbu bersamaan dengan perebusan mie karena dapat meningkatkan risiko kanker.
  • Taruh terlebih dahulu di mangkuk, sebelu menambakan mie pastikan mengguyurnya terlebih dahulu menggunakan air panas.
  • Masak mie dalam dua langkah mudah.

Efek Mie Instan pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi mie instan sendiri dapat mengganggu kesehatan bayi dan dirinya sendiri. Oleh karenanya penting untuk mengetahui jenis aman. Sebaiknya konsumsi yang mengandung sedikit MSG. Ada baiknya mengetahui efeknya jika terlalu banyak mengkonsumsinya:

Mengganggu Perkembangan Otak Janin

Kecerdasan anak penting untuk menunjang kelangsungan anak untuk menerima dan memproses informasi. Jika sampai terganggu akan bisa berakibat fatal bahkan menimbulkan kecacatan. Tentu Anda tidak ingin apabila uah harti sampai kekurangan nutrisi maupun kesiembangannya terganggu.

Saat Anda sedang dalam keadaan hamil, tidak semua makanan dan obat-obatan bisa dikonsumsi secara sembarangan. Kandungan MSG dalam mie instan yang terbilang cukup tinggi bisa menurunkan tingkat kecerdasan janin di dalam kandungan. Apalagi mengkonsumsinya berlebihan.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Durian, Aman atau Berbahaya?

Rasa Mual

Pada trimester pertama kehamilan, meski tidak terjadi di semua ibu namun ada banyak yang mengalaminya. Ketika mengkonsumsi mie,kandungan natrium akan bereaksi zat di dalam perut. Akhirnya mengakibatkan asam lambung naik secara signifikan apalagi jika menambahnya dengan sambal.

Jika hal ini terjadi, sebanyak segera lakukan penanganan dengan memeriksakannya ke dokter atau mengkonsumsi obat yang dengan resep ahli dalam bidang terkait. Hindari sembarangan mencampurkan bahan baik herbal maupun kimia guna meminimalisir resikonya.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Ada banyak kasus kematian yang diawali oleh masalah kesehatan berupa diabetes. Ketika seseorang sudah terserang penyakit ini, cukup sulit menyembuhkannya secara 100%. Peningkatan riskonya terjadi akibat mie terbuat dari tepung namun tidak Anda imbangi dengan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat sangat penting Anda lakukan dengan berbagai cara misalnya berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, dan makan buah serta sayur. Sebaiknya sebelum makan mie konsultasikan terlebih dahulu pada ahli gizi atau dokter terkait untuk meminimalisir efeknya.

Obesitas

Konsumsi mie instan secara berlebihan akan meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan. Jika Anda berada dalam kondisi seperti ini, dapat membahayakan ibu dan janin di dalam kandungan. Penyebab kondisi seperti ini karena konsumsi lemak dan garam secara berlebihan.

Dampak obesitas paling bahaya ketika sudah melemahkan sistem imun dalam tubuh sehingga berbagai penyakit akan berdatangan misalnya saja diabetes, darah tinggi, dan kolesterol. Oleh karenanya pastikan mengkonsumsi mie dalam jumlah wajar dan tidak terus menerus.

Mengganggu Kesehatan Janin

Sebagian besar pada bumbu mie instan terdapat banyak penyedap rasa yang membuat rasanya makin nikmat ketika Anda konsumsi. Dalam kadar tertentu, beberapa penelitian mengatakan jika dapat meningkatkan kestabilan kesehatan serta menunjang menambah kecerdasan.

Namun manfaat seperti itu tidak akan hadir jika Anda mengkonsumsinya berlebihan. Akibatnya kandungan MSG dan zat lilin di dalam mie bisa mengganggu pencernaan. Ketika sudah bermasalah, maka bayi di dalam kandungan akan merasakan dampaknya seperti kekurangan gizi.

Risiko Keguguran

Keguguran merupakan kondisi yang paling masyarakat hindari, karena selain membuat kehilangan buah hati juga proses pengeluarannya cukup menyakitkan. Guna mencegahnya maka Anda perlu melakukan beberapa langkah khusus seperti mengurangi konsumsi mie instan banyak MSG.

Dalam satu bungkus mie instan terdapat banyak sekali kandungan zat kimia yang tidak bisa Anda konsumsi dalam jumlah banyak. Akibatnya penyerapan vitamin dan mineral pada tubuh menjadi terhambat. Dampak buruknya bisa membuat kelahiran dini atau keguguran.

Baca Juga: Bolehkah Ibu hamil Makan Pedas?

Hipertensi

Kandungan natrium yang terdapat dalam mie terbilang cukup tinggi yakni sebanyak 70 gramnya terkandung sekitar 1380 mg. Sebaiknya apabila tidak terlalu terdesak, ada baiknya mengkonsumsinya sekitar satu minggu sekali dengan menambah nutrisi lain seperti sayuran dan daging.

Ketika zat natrium yang terdapat dalam tubuh meningkat, maka ibu hamil beresiko mengalami hipertensi atau gangguan kesehatan berupa darah tinggi. Jika sudah berada di kondisi tersebut, akan semakin rentan terkena komplikasi kehamilan sehingga kondisi janin semakin terganggu.

Maag

Peningkatan asam lambung dapat menimbulkan masalah kesehatan berupa sakit maag. Ada banyak yang menyebutkan, ketika sudah parah maka akan naik menjadi GERD. Salah satu cirinya yaitu tiba-tiba mual setelah melakukan pekerjaan berat.

Penderita maag akan merasakan terbakar dalam lambung dan seperti tertusuk. Cara penanganan paling tepat adalah mengonsumsi makanan bergizi. Sebaiknya hindari kuliner pedas, asam, dan berlemak layaknya bakso serta coklat.

Demikian penjelasan mengenai Ibu Hamil Makan Mie Instan sebagai tambahan informasi agar nantinya lebih berhati-hati dan tidak sembarang saat mengkonsumsinya. Paling penting, pastikan menggunakan kadar MSG paling rendah.


Terkait

Artikel Terbaru

7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah 7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah
pinjol September, 2021
7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah

Saat ini pinjaman online terbaik 2021 sudah banyak digunakan sebagai alternatif kebutuhan pembiayaan yang mendesak

Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol
pinjol September, 2021
Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol

Seperti pinjol resmi OJK bunga rendah yang telah kami ulas sebelumnya, cara pinjam di Finmas juga terbilang sangat mudah, bahkan tidak jauh berbeda dengan pinjaman online lainnya

Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC

Berikut cara mudah untuk pinjam di Rupiah Cepat agar cepat di ACC tanpa di tolak, cek selengkapnya pada artikel ini.

Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat
pinjol September, 2021
Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat

Pinjaman online Kredit Cepat menjadi salah satu pinjaman online terbaik saat ini dengan bunga yang cukup rendah. Selain itu Kredit Cepat juga sudah masuk dalam daftar pinjol resmi OJK bunga rendah

Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC

meskipun cara ajukan pinjam di Kredit pintar terbilang mudah, namun ada juga beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu anda lengkapi. Selengkapnya dapat anda simak di artikel ini.

Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui pasati cara pinjam di DanaFix, untuk itu disini kami akan menjelaskannya untuk memudahkan untuk pinjamn di DanaFix

Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair

Selain cara pinjam di Indodana terbilang mudah dan cepat cair, ada 3 produk yang bisa anda pilih, mulai dari Payleter, Dana tunai, dan Pendanaan.