Ikuti Kami
parenting

Pembahasan Menarik Mengenai Ibu Hamil Makan Pedas

Rindi Aryani
Publish
Pembahasan Menarik Mengenai Ibu Hamil Makan Pedas

Emakbloger.com - Pembahasan mengenai ibu hamil makan pedas menjadi pembahasan penting yang perlu Anda ketahui untuk mengurangi dampak buruk nantinya supaya ibu dan bayi selamat serta dalam keadaan sehat. Pengetahuan dasar terkait memang terbilang cukup vital untuk menunjang kelahiran.

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Pedas?

Umumnya masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan terhadap makanan pedas. Oleh karenanya ketika tidak menikmatinya meski dalam satu hari saja maka akan terasa ada yang kurang. Namun bagaimana jika dikonsumsi oleh wanita hamil, apakah mengganggu kesehatan kandungan / sebaliknya,

Menurut beberapa sumber terpercaya, mengkonsumsi makanan pedas saat hamil sebenarnya boleh-boleh saja dan tidak membahayakan kondisi janin. Hanya saja umumnya akan menimbulkan reaksi berupa ngilu pada ulu hati kembung, mual, diare, serta asam lambung naik bahkan bisa lebih berat.

Pada trimester pertama, makanan pedas bisa memperparah morning sickness. Tidak adanya larangan untuk mengkonsumsi makanan pedas bagi ibu hamil bukan berarti Anda bebas makan tanpa adanya aturan. Apabila berlebihan maka tentu terdapat risiko di baliknya seperti penjelasan sebelumnya.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Durian, Aman atau Berbahaya?

Efek Ibu Hamil Jika Makan Pedas

ibu hamil makan pedas

Menurut penuturan beberapa orang, mengkonsumsi makanan pedas bisa membuat bayi dalam kandungan keguguran. Namun pandangan ini dipatahkan oleh para ahli kesehatan. hanya saja bukan berarti pembolehannya tidak memiliki efek samping pada kesehatan ibu dan bayi, seperti:

1. Meningkatkan Asam Lambung

Makanan pedas atau asam terkenal sebagai bahan yang bisa meningkatkan asam lambung secara signifikan dalam waktu singkat. Apalagi jika Anda mengkonsumsinya secara terus menerus tanpa adanya aturan tertentu. Hal ini justru akan mengganggu kesehatan para ibu hamil.

Ketika tubuh ibu hamil mulai lemah, maka penyakit akan mudah datang karena kekuatan sistem imun menurun. Tentu kondisi seperti ini akan membahayakan baik dari ibu sendiri maupun buah hati. pastikan saat mengandung, Anda mengontrol konsumsi cabai dalam jumlah banyak.

2. Merasa Mulas Berkepanjangan

Kandungan yang terdapat pada cabai akan membuat Anda mengalami mulas jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Kondisi ini tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan lebih parahnya para bunda menjadi lemah dan tidak bersemangat melakukan kegiatan karena fokus pada rasa sakit.

Rasa mulas sendiri bisa Anda rasakan dengan durasi berbeda setiap individunya tergantung dari ketahanan tubuh serta banyaknya cabai yang dikonsumsi. Apabila gejala ini terus berlanjut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter agar mendapatkan penanganan terbaik.

3. Morning Sickness Semakin Memburuk

Kondisi ini merupakan keadaan di mana seorang wanita merasakan mual dan muntah saat hamil. Umumnya hal ini bisa dirasakan para bunda tidak hanya di pagi hari saja melainkan siang, sore, atau malam. Namun sebenarnya tidak semua mendapatkan reaksi demian saat kehamilan.

Kebanyakan ibu hamil akan mengalami morning sickness ketika trimester pertama.meskipun tidak membahayakan, namun seringkali kondisi demikian akan memengaruhi kegiatan sehari-hari. Efeknya sendiri bisa berupa lemas, pusing bahan bisa berlanjut menjadi hiperemesis gravidarum.

4. Nyeri pada Ulu Hati

Kebanyakan makan cabai akan mengakibatkan ulu hati terasa nyeri dan akhirnya mengganggu stabilitas kesehatan. Bahkan terkadang tubuh penderitanya akan lemah dan tidak bisa menjalankan aktivitas harian. Ketika hal ini terjadi maka harus segera dinetralkan dengan beberapa tindakan.

Sebaiknya pada ibu hamil jangan melakukan tindakan sembarangan karena akan mengganggu stabilitas anak di dalam kandungan. Hindari memberikan obat tanpa anjuran dokter karena membahayakan jika salah takarannya. Lebih parahnya dapat menghentikan kinerja jantung anak di dalam kandungan.

5. Mual

Rasa mual sendiri bisa Anda rasakan pada beberapa kesempatan seperti masuk angin, kehamilan pada trimester pertama, dan asam lambung meningkat. Meskipun tidak sampai mengakibatkan hal fatal, namun terbukti mengganggu aktivitas sehari-hari jika kondisi ini terjadi berkepanjangan.

Bagi bunda yang memiliki gejala maag atau asam lambung sebaiknya mengurangi konsumsi makanan pedas berupa apapun. Saat ini Anda sudah bisa mencari tahu berbagai hal dengan melakukan konsultasi online atau mengunjungi platform berbasis kesehatan terpercaya di Google.

Baca Juga: Ibu Hamil Minum Kopi, Apakah Aman Bagi kesehatan Janin?

3. Kembung

Gejala ini bukan hanya dapat dirasakan oleh orang yang sedang masuk angin saja namun juga setelah mengkonsumsi makanan pedas. Reaksinya berupa perut kanan terasa begah dan kenyang meskipun belum mengkonsumsi makanan.

Efek berkepanjangan akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman bahan bisa menimbulkan rasa sakit. apabila sudah merasakan hal demikian, sebaiknya segera lakukan penanganan seperti meminum air hangat atau agar lebih aman memeriksakannya ke dokter kandungan.

Cara Aman Mengkonsumsi Makanan Pedas

Meski pada ibu hamil tidak ada larangan mengkonsumsi makanan pedas, namun tetap ada aturan yang harus Anda patuhi supaya tidak memperparah kondisi kesehatan. Utamanya pada trimester pertama karena dapat meningkatkan gejala morning sickness, secara lengkapnya berikut ulasannya:

1. Pilih makanan yang Terbuat dari Rempah Alami

Perkembangan dunia modern ini membuat berbagai perlengkapan di dunia kuliner semakin canggih sehingga masyarakat lebih menyukai semua hal yang praktis termasuk bumbu atau makanan. Ada banyak brand memproduksi bumbu instan baik dari rempah alami maupun campuran.

Kondisi demikian jika Anda konsumsi dalam jumlah banyak dan secara terus menerus maka akan membuat tubuh semakin lemah. Apalagi jika yang terserang adalah organ tubuh bagian dalam seperti hati dan ginjal.

2. Pastikan Tingkat Kebersihannya

Bagi Anda yang mengkonsumsi makanan di luar rumah maka sebaiknya memastikan tingkat kebersihannya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang bisa saja menularkan virus di manapun dan kapanpun. Hal ini akan mengakibatkan kondisi tubuh menjadi lemah.

Ketika kondisi ibu melemah maka buah hati akan mengalami hal serupa. Bahkan dikatakan bahwa ibu hamil memiliki sistem imun yang tidak terlalu kuat karena kondisinya kurang stabil apalagi saat mengalami morning sickness pada trimester pertama kehamilan.

Baca Juga: Kenali Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Dapat Moms Pilih

3. Hindari Mengkonsumsi yang Terlalu Pedas

Kandungan yang terdapat dalam cabai bisa membuat makanan terasa lebih nikmat. Oleh karenanya masyarakat Indonesia seringkali mengkonsumsinya dalam jumlah banyak untuk meningkatkan nafsu makan. Meskipun demikian akan berbahaya jika Anda mengalami masalah kesehatan.

Kondisinya akan lebih parah apabila Anda mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan tanpa menggunakan aturan. Berbagai keluhan bisa saja terjadi karena misalnya mual sampai muntah. Di samping itu perhatikan tingkat kebersihan dan kandungan gula dari olahan tersebut.

4. Hindari Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Penderita Maag

Maag merupakan kondisi di mana asam lambung akan meningkat ketika Anda mengkonsumsi bahan-bahan tertentu termasuk pedas dan asam. Akibatnya penderitanya akan mengalami ketidaknyamanan pada perut berupa rasa panas, seperti ditusuk, bahkan mual sampai muntah.

Keadaan tersebut bisa Anda alami secara berkepanjangan tergantung pada tingkat kepedasan makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya bagi penderita maag menghindari makanan pedas apalagi ketika hamil karena kegagalannya bisa lebih parah dan mengganggu kesehatan buah hati.

Demikian penjelasan mengenai ibu hamil makan pedas yang perlu Anda ketahui untuk mencegah terjadi berbagai masalah kesehatan selama kehamilan. Pastikan untuk selalu menjaga imun tubuh agar tetap sehat.


Terkait

Artikel Terbaru

Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol
pinjol September, 2021
Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol

Seperti pinjol resmi OJK bunga rendah yang telah kami ulas sebelumnya, cara pinjam di Finmas juga terbilang sangat mudah, bahkan tidak jauh berbeda dengan pinjaman online lainnya

Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC

Berikut cara mudah untuk pinjam di Rupiah Cepat agar cepat di ACC tanpa di tolak, cek selengkapnya pada artikel ini.

Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat
pinjol September, 2021
Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat

Pinjaman online Kredit Cepat menjadi salah satu pinjaman online terbaik saat ini dengan bunga yang cukup rendah. Selain itu Kredit Cepat juga sudah masuk dalam daftar pinjol resmi OJK bunga rendah

Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC

meskipun cara ajukan pinjam di Kredit pintar terbilang mudah, namun ada juga beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu anda lengkapi. Selengkapnya dapat anda simak di artikel ini.

Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui pasati cara pinjam di DanaFix, untuk itu disini kami akan menjelaskannya untuk memudahkan untuk pinjamn di DanaFix

Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair

Selain cara pinjam di Indodana terbilang mudah dan cepat cair, ada 3 produk yang bisa anda pilih, mulai dari Payleter, Dana tunai, dan Pendanaan.

3 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Medan 2021 3 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Medan 2021
asuransi September, 2021
3 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Medan 2021

Ada beberapa asuransi mobil terbaik di medan yang bisa anda jadikan pilihan yang tepat untuk mengasuransikan mobil anda, salah satu diantaranya yaitu Garda Oto.