Home / blog / Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap dengan Penjelasannya

blog-feature-image

May 31, 2021 by shabrina

Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap dengan Penjelasannya



Emakbloger.com - Agar terhindar dari gangguan syaitan yang terkutuk, maka Anda perlu mengetahui kumpulan doa sehari hari. Meskipun singkat, namun ketika mengamalkannya maka akan mendapatkan berbagai macam keberuntungan asalkan memohon dengan segala kesungguhan layaknya hamba.

Berbagai Kumpulan Doa Sehari Hari

Sebagian besar umat Islam mempercayai bahawa doa merupakan senjata paling kuat. sebab dengan kekuatan Allah SWT maka akan dapat mengubah sesuatu yang awalnya tidak mungkin menjadi kenyataan. Catatan pentingnya adalah menerapkan adab sesuai anjuran. Berilkut ulasannya:

1. Doa Setelah Makan dan Minum

Bukan hanya sebelum makan atau minum, Anda juga perlu berdoa setelah melakukan kegiatan tersebut supaya mendapatkan keberkahan. Di samping itu juga sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan sehingga bisa menikmati hidangan. Lafalnya yaitu:

kumpulan doa setelah makan dan minum

Membiasakan berdoa setelah melakukan suatu pekerjaan penting untuk Anda lakukan. Sebenarnya lafalnya sendiri tidak terlalu panjang, namun ketika belum terbiasa tentunya akan sedikit kesulitan. Anda dapat mencetak kumpulan lafal-lafalnya kemudian menempel di tempat paling strategis.

Baca Juga: Kumpulan Hadis Pendek yang Dapat Moms Ajarkan pada Anak

2. Doa Saat Lupa Bacaan Sebelum Makan

Saat akan melakukan berbagai hal, seorang muslim dianjurkan untuk mengawalinya dengan berdoa. Terutama ketika makan, tujuannya ya kan supaya setan tidak meliputinya. Dengan begitu Anda akan segera merasa kenyang. Namun jika lupa, sebaiknya gunakan lafal berikut:

Doa Saat Lupa Bacaan Sebelum Makan

Anda dapat menggunakan doa ini meskipun sudah makan sampai akhir. Tujuannya yakni supaya Allah memberkahi setiap kegiatan yang umatnya laksanakan. Sebainya sebagai orang tua, memberikan anak pengertian mengenai hal demikian supaya sampai dewasanya terbias.

3. Doa Menjelang Subuh

Subuh merupakan waktu yang mulia, saat itu dikatakan bahwa malaikat sedang turun ke langit bumi untuk mengabulkan berbagai permohonan umat manusia. Oleh sebab itu ada anjuran umat Islam untuk bangun dan menjalankan ibadah solat qabliyah dan beberapa lainnya.

Doa Menjelang Subuh

Saat menantikan adzan subuh, alangkah lebih baiknya mengisinya dengan ibadah sunnah seperti mengaji dan jangan lupa berdoa. Apabila belum menghafalnya sebaiknya mencatat di sebuah kertas kemudian mendekatkan di tempat shalat atau kamar tidur.

4. Doa Saat Mendapatkan Mimpi Buruk

Rasulullah telah mencontohkan tata cara ketika mendapatkan mimpi buruk karena menurut beberapa penuturan terpercaya datangnya dari setan. Agar terhindar dari kesialan serta oleh Allah dilindungi maka Anda bisa menerapkan doa satu ini. bunyinya yakni:

Doa Saat Mendapatkan Mimpi Buruk

Salah satu adab yang perlu Anda terapkan saat bermimpi buruk adalah tidak menceritakan kepada orang lain. selain itu pastikan menyegerakan berdoa dan membuang ludah ke arah kiri baik secara nyata maupun sekedar gerakan sebagai tolak balak agar tidak menjadi kenyataan.

5. Doa Setelah Wudhu

Berwuduk merupakan proses untuk menghilangkan hadas kecil yang biasa umat muslim laksanakan sebelum menjalankan ibadah shalat wajib dan menyentuh Al-Quran. Setelah melakukannya, ada anjuran untuk berdoa. Anda dapat mengamalkannya secara rutin, yaitu sebagai berikut:

Doa Setelah Wudhu

Sebenarnya pada saat membasuh anggota wudhu terdapat anjuran untuk berdoa. Adab seperti ini penting untuk Anda laksanakan supaya mendapatkan keutamaannya. Sebaiknya ajarakan juga kepada anak sejak dini agar saat besar sudah hafal serta menjadi kebiasaan.

Baca Juga: Doa Untuk Ibu Hamil Agar di Berikan Kemudahan Saat Persalinan

6. Doa Memakai Baju/ Berpakaian

Saat melepas pakaian, jika Anda tidak berdoa maka akan ada setan yang melihatnya. Oleh karenanya muncul anjuran untuk mengawali semua kegiatan dengan basmalah. Akan lebih lengka apabila melengkapinya dengan lafal di bawah ini:

Doa Memakai Baju

Doa ini memohon perlindungan kepada Allah SWT dari pandangan buruk maupun niatan jahat dari setan. Utamanya untuk wanita karena makhluk tersebut menempati beberapa titik seperti bagian belakang serta dada. Manfaat lainnya guna meminimalisir efek dari penyakitain.

Beberapa Adab Ketika Berdoa

Saat berdoa, Anda perlu menerapkan beberapa adab untuk membuatnya lebih mudah terkabul. Salah satunya tempatkan keyakinan di hati Anda bahwa Allah mendengarkan permohonan setiap hamba-Nya. Secara lebih lengkapnya berikut penjelasannya:

  • Berdoa dengan suara yang lembut karena Allah SWT memiliki sifat Maha Mendengar. Pastikan dalam hati selalu meyakini bahwa semua harapan akan terkabul pada waktu yang tepat meskipun tidak dengan cepat.
  • Saat berdoa, yakinlah bahwa semua harapan Anda akan terkabul selama tidak terhalang dengan dosa-dosa. Oleh sebab itu terdapat anjuran untuk selalu meminta ampunan dengan beristighfar.
  • Menengadahkan bagian telapak tangan menjadi hal penting meskipun terlihat simpel dan remeh. Hal ini disebutkan dalam HR. Abu Daud yang intinya mengajarkan mendekatkan antara tangan satu dengan lainnya.
  • Mulailah dengan membaca basmalah karena semua kegiatan akan lebih berkah apabila Anda menghadirkan Allah SWT. Manfaat lainnya agar selalu ingat bahwa semua hal dapat terjadi apabila dzat maha kuasa sudah berkehendak.
  • Saat melafalkan doa pendek, bisa dalam keadaan bersuci atau tidak. sebab etika bangun tidur sudah ada anjuran untuk mensyukuri nikmat bisa bangun dan menjalankan aktifitas setiap harinya.

Berbagai Manfaat Mengetahui Kumpulan Doa Sehari Hari

Berdoa menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan sebagai bukti bahwa mengakui sebagai hamba. Ada berbagai lafaz yang bisa diterapkan untuk memulai atau mengakhiri suatu kegiatan. Secara lebih lengkapnya sebaiknya Anda simak penjelasan berikut ini:

Baca Juga: Doa Sehari-Hari yang Bisa Diajarkan pada Anak-anak

1. Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Saat manusia sedang berdoa ada berbagai tujuan yang melatar belakanginya seperti meminta perlindungan, bersyukur atas suatu kenikmatan, dan menghindari marabahaya. Poin paling penting dalam hal ini adalah ketulusan serta melafalkannya dengan penuh pengharapan.

Allah SWT akan mengabulkan setiap doa yang hamba-Nya panjatkan. Fakta ini tercantum dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 186 yang intinya menyatakan bahwa Allah dekat dan mendengar semua pengharapan umat-Nya. Syarat utamanya adalh mereka mau bermunatjat dengan ketulusan hati.

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Adanya larangan membahas mengenai bagaimana dzatnya Allah, bukan berarti Anda tidak boleh mengimaninya. Hal tersebut justru menjadi kewajiban. Caranya sendiri terdiri dari berbagai langkah misalnya dengan berdoa, mengagumi segala ciptaan, serta lebih dekat dengan-Nya.

Agar dekat dengan Allah SWT maka sebagai seorang hamba, perlu melakukan beberapa ibadah salah satunya dengan berdoa. Sebelumnya perhatikan adab-adabnya supaya terkabul dengan cepat. namun pastikan untuk selalu menjadikannya sebagai kebiasaan.

3. Agar Selalu Ingat Bahwa Memiliki Peran Sebagai Hamba

Kodrat manusia menjadi hamba yang harus selalu taat kepada perintah Allah yakni beramar ma’ruf dan nahi mungkar. Caranya yaitu dengan menjauhi semua perbuatan buruk dan menjalankan segala perintahNya. Dengan begitu derajatnya semakin tinggi di mata penduduk langit.

Secara lebih rincinya manfaatnya yakni supaya terhindar dari perilaku sombong dan mebanggakan diri. Sebab menurut beberapa penuturan menyebutkan bahwa manusia tidak akan masuk surga apabila belum bertaubat karena di dalam hatinya terdapat kesombongan meski hanya seberat biji sawi.

Demikian penjelasan mengenai kumpulan doa sehari hari yang bisa Anda amalkan setiap harinya untuk mendapatkan keberkahan. Kebiasaan seperti ini sebaiknya mulai ditanamkan sejak dini kepada anak atau adik supaya nantinya menjadi kebiasaan.



KOMENTAR