Home / blog / Cara Mendidik Anak dan Mempersiapkan Diri jadi Orang Tua

blog-feature-image

March 19, 2021 by Asmatun Farah

Cara Mendidik Anak dan Mempersiapkan Diri jadi Orang Tua



Emakbloger.com - Apa yang terlintas di pikiran kamu jika mendengar kata anak? Mungkin kamu akan menjawab kecil, lucu, imut, menggemaskan, atau mungkin manja, ngerengeng dan bahkan beban.

Di artikel kali ini kami akan membahas tentang menjadi orang tua yang baik dengan cara mendidik anak dengan benar. Kami akan berbagi tentang 2 hal, yaitu: pemahaman dasar mengenai anak, dan kedua, apa saja sih yang harus di persiapkan untuk menjadi orang tua nantinya.

Apa sih yang Harus Dipahami Sebelum Menjadi Orang Tua?

pahami hal ini sebelum menjadi orang tua

1. Menganggap Bahwa Anak itu adalah Aset

Yang perlu kamu ingat adalah mengenai pemahaman bahwa anak itu adalah aset, bukan sekedar tanggung jawab. Jika kamu menganggap mereka anak kamu adalah tanggung jawab hal itu pasti akan membuat kamu merasa bahwa itu adalah beban.

Beda cerita jika kamu menggap bahwa anak itu adalah aset, karena yang namanya aset pasti bakalan dijaga, dirawat dengan sangat hati-hati. Dan kamu pasti akan selalu berproses demi hasil yang lebih baik kedepannya.

2. Anak itu Minim Power

Sebagai anak kecil, mereka gak bisa mengungkapkan apa yang mereka inginkan. Sebagai orang tua, kita yang punya power untuk tetap menjaga dan memberikan hak-hak mereka. Makanya, penting banget untuk memahami mereka.

Jadi, turunkan dulu egomu dan coba kamu ngertiin mereka dulu. Akan ada masanya kok, ketika mereka anak kamu lebih mengerti dirimu, dan mengorbankan banyak kepentingan demi me nomor satukan kamu sebagai orang tua.

Apa saja Hal Krusial yang Perlu Saya Siapkan Sebelum Menjadi Orang Tua?

hal krusial menjadi orang tua

Sebelumnya kami punya cerita menarik tentang Gojek Online yang ditanya penumpangnya tentang berapa anak sibapak Gojek tersebut. Dan si Bapak menjawab dengan sangat tegas. " Anak saya mah baru satu Bu", tapi saya yakin mau jumlah anak berapapun akan tetap diberi rezeki oleh TUHAN, tapi saya takut kalau gak bisa mendidik anak saya dengan benar.

Disini saya tertohok dengan kalimat yang diucapkan bapaknya. Kebutuhan sandang, pangan, dan papan memang kebutuhan primer dan sangat penting. Tapi, mendidik anak dengan baik setidaknya tidak merugikan bagi orang lain, itu bukanlah perkara mudah. Butuh ilmu, butuh belajar, butuh strategi, butuh pendekatan yang tepat dan ada seninya.

Kamu bisa baca buku tentang pola asuh, ada banyak buku tips dan trick cara mendidik anak dengan baik dan benar dan cara menjadi orang tua. Tapi yang perlu kamu ingat, gak semuanya yang bisa kamu terapin ke anak kamu. Tidak semuanya sesuai dengan valeu yang kamu anut, dan kamu tidak bisa serta merta mencontoh 100% pola asuh orang lain ke anak kamu, Termasuk pola asuh orang tua kamu sama kamu.

Karena kondisinya sudah pasti jelas berbeda, ambil yang sesuai, buang yang gak. Ciptakan ramuah kamu sendiri untuk menjadi orang tua yang baik dengan cara mendidik anak dengan benar, karena gak ada ilmu yang baku, dan standar yang saklar dalam mendidik anak. Dan juga jangan sampai kamu terporsi dalam mendidik anak kamu karena kamu bakalan lupa dengan diri kamu sendiri. Kamupun harus ikit berkembang dan berproses bersama anak kamu.

Apa sih yang Perlu Saya Perhatikan Sebelum menjadi Orang Tua?

persiapan menjadi orang tua

1. Mulai dengan Meninggalkan Kebiasaan Burukmu

Jika kamu seorang laki-laki, mulailah dengan belajar menghentikan kebiasaan burukmu, entah itu merokok, berkata kasar, temprament dan kebiasaan buruk lainnya agar tidak diikuti oleh anakmu nantinya.

Children see, Children do. Mereka akan meniru apa yang dilakukan orang terdekatnya, terutama kamu sebagai orang tuanya. Apa kamu sudah siap?

2. Refleksikan Bagaimana Cara Orangtua Kamu Mendidik dan Mengasuh kamu

Kalau misalkan kamu berasal dari keluarga yang keras, please banget jangan kamu jadikan anakmu sebagai sarana untuk balas dendam atas pola asuh yang kamu dapat sebelumnya. Anak kamu berhak dong, dapat kehidupan yang lebih baik.

Atau pada kasus lain, mungkin Orang tua kamu mendidik dengan cara yang lebih keras supaya kamu berhasil, tu adalah cara yang mereka yakini saat itu agar kamu bisa menjadi orang besar.

Nah, sekarang coba kamu refleksikan pada diri kamu sendiri apakah metode tersebut bisa diaplikasikan di kehidupan sekarang.

3. Membicarakan Bagaimana Cara Mendidik Anak Dengan Pasangan

Membicarakan tentang bagaimana cara mendidik anak dengan pasangan terutama soal kedisiplinan dan nilai yang bakal ditanamkan pada anak kamu nantinya, jangan sampai ada kesenjangan dan miskomunikasi dengan pasangan kamu.

Dan ceritakan juga hal-hal kesenjangan mu, serta support apa yang kamu butuhkan dari pasangan, agar nantinya kamu dan pasanganmu kelak saling menguatkan.

4. Fokus ke Hal yang Bisa Kamu Kontrol

Mungkin nanti kamu bakalan ngerasa sudah ngasi semuanya pada anak kamu tentang cara mendidik anak dengan benar namun hasilnya tidak seperti yang kamu harapkan. Kamu harus tau apa yang anak kamu alami dan dapatkan diluar sana, seperti misalnya saat mereka sendang bermain atau sekolah.

Kamu ngerasa udah cukup semuanya. Tapi masih saja ada prilakunya yang tidak srek sama kamu. bisa saja mereka mendapatkannya dari luar, dan gak mungkin juga kan kalau kamu mengontrol sesayiti.

Maka dari itu pertimbangkan dan fokus tentang apa yang bisa kamu kontrol, yaitu jadi rumah tempat pulang untuk anak-anakmu, supaya mereka bisa menjadi nyaman dan jadi diri mereka sendiri.

5. Adaptasi Dengan Hal-hal Baru

Mengadaptasikan diri dengan hal-hal yang baru memang rasanya tidak mudah, tapi jangan jadikan ini sebagai ketakutan dan gak perlu coba-coba untuk menjadi orang tua yang sempurna, karena rasanya itu tidak mungkin

Kita manusia, Orang tuapun juga manusia pasti punya kekurangan. Selain hal ini akan berdampak kurang baik terhadap sikologis kamu, hal ini juga akan berdampak buruk pada anakmu nantinya.

Dengan kamu berusaha menjadi orang tua yang sempurna, secara gak sadar kamu akan mengontrol dan mendikti anak kamu mau jadi orang yang seperti apa, padahal semua anak juga punya hak kan? salah satunya adalah hak untuk memilih jalan hidup apa yang ingin mereka lalui nantinya.

Kesimpulan

Nah, itu dia hal-hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum menjadi orang tua. Banyak? iya, ribet? banget. Tapi percayalah, usaha tidak akan menghianati hasil. Semua persiapan dan pengorbanan mu akan berbuah manis nantinya.



KOMENTAR