Home / blog / 11 Cara Mendidik Anak Menurut Ajaran Islam Yang Dapat Kamu Terapkan Mulai Dini

blog-feature-image

March 23, 2021 by Febry Nur Syahadatina

11 Cara Mendidik Anak Menurut Ajaran Islam Yang Dapat Kamu Terapkan Mulai Dini



Emakbloger.com - Ada berbagai macam cara dan pola mengasuh anak yang dapat kamu terapkan pada anak kamu, salah satunya adalah dengan cara mendidik anak menurut ajaran islam, dan ini merupakan anjuran dari Rasulullah SAW untuk selalu mendidik dan mengajarkan islam mulai dini.

Dengan menerapkan pola asuh yang baik menurut ajaran islam pada si anak, tentu nantinya si kecil akan menjadi anak yang sholeh dan sholeha. Dan tidak hanya itu saja si anak juga diharapkan akan mempunyai pribadi yang baik dan akhlak yang mulia.

Adapun beberapa cara mendidik anak menurut ajaran islam yang dapat Moms terapkan pada si kecil, seperti yang Emak Bloger rangkum dibawah ini:

Cara Mendidik Anak Berdasarkan Ajaran Islam

1. Selalu Memperdengarkan Lantunan Ayat Suci Alquran

cara mendidik anak menurut islam

Saat masih dalam kandungan, baiknya cara mendidik anak berdasarkan islam di terapkan mulai dini dengan cara memperdengarkan lantunan-lantunan ayat suci Alquran. Dengan memperbanyak ngaji saat bayi masih dalam kandungan hingga iya lahir kedunia, hal ini akan membawa ketenangan dan keberkahan.

Selain itu juga, membaca Alquran saat hamil juga membuat anak akan terbiasa dengan firman Allah SWT. Apalagi, si dalam diri anak masih bersih dan suci hingga ia akan mudah menyerap ajaran yang baik. Bahkan jika anak kamu sudah mulai bisa bicara dan selalu di perdengarkan lantunan ayat suci Alquran membuat anak akan mudah menghafal Alquran.

2. Mengajarkan dasar-dasar agama Islam

mengajarkan ajaran tentang islam

Mendidik anak dengan cara mengejarkan dasar-dasar agama Islam merupakan kewajiban bagi orang tua. Cara mendidik anak bersadarkan Islam akan menanamkan iman kepada anak dan sikecil akan mempunyai pribadi yang baik dan memegang teguh ajaran Islam.

Seperti dalam Kitab Al-Amali dari imam Al-Baqir ash Shadiq, menjelaskan tentang tahap dan cara mengenalkan anak kepada Allah SWT. Diterangkan bahwa saat anak sudah menginjak usia 3 tahun untuk selalu mengajarkannya membaca kalimat Tauhid “Lailaha Illallah” sebanyak 7x. Kemudian setelah iru sudah berusia 3 tahun 7 bulan untuk mengajarkan kalimat “Muhammadan Rasulullah”.

Selain itu, dalam sebuah hadist disebutkan “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Lailaha-illaallah. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, Lailaha-illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya Lailaha-illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (H.R Ibnu Abbas).

3. Mengajarkan Sholat dan Memberikan Contoh yang Nyata

mengajarkan anak sholat

Sholat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim dan juga merupakan tiang agama. Untuk itu diwajibkan bagi orang tua untuk mendidik anak dengan cara islami dengan mulai mengajarkan sholat dan memberikan contoh yang nyata.

Cara mendidik anak berdasarkan Islam harusnya dimulai sejak anak usia balita dengan cara mengajarkannya cara berwudu dan sholat secara rutin. Meskipun terkadang garakannya masih terkadang salah.

Namun, dengan cara mengajarkannya secara rutin dan memberikan contoh yang nyata. Dengan secara perlahan sianak akan mengikuti dengan benar dan di sinilah ia akan terbiasa dengan wudu dan sholat hingga ia menganggap sebagai kebutuhan.

Didalam hadist juga sudah menyebutkan dan menetangkan “Suruhlah anak-anakmu salat ketika berumur tujuh tahun, pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

4. Mengajarkan Tauhid Pada Anak

mengajarkan tauhid pada anak

Mengajarkan tauhid pada anak sejak dini untuk mengenalkan Allah SWT merupakan kewajiban bagi orang tua. Karena dengan menanamkan tauhid pada diri anak bertujuan untuk membentuk pribadinya menjadi pribadi yang berahklak mulia dan tumbuh menjadi manusia yang bermoral.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist, “Dari Abu Dawud dan Tirmidzi Aku telah melihat Rasulullah SAW mengazankan Al-Hasan bin Ali pada telinganya saat dilahirkan oleh Fatimah dengan azan seperti azan salat”. (HR. Tirmidzi).

  • Adapun cara mengajarkan tauhid pada anak yaitu dengan urutan yang tepat seperti contohnya:
  • Menjelaskan pada sianak Bahwa Allah adalah sang pencipta, pemberi rezeki, dan yang mengatur alam semesta.
  • Mengajarkan asma wa sifat, hingga iya mengetahui bahwa Allah adalah zat yang paling sempurna, penyayang, maha pemaaf, dan Allah tidak menyukai perbuatan dosa atau hal buruk lainnya.

Mengajarkan tauhid uluhiyyah, beritahu pada anak bahwa hanya Allah yang patut disembah, tempat meminta, dan tidak meminta sesuatu pada yang tidak bisa melakukan apapun.

5. Mengajarkan dan Membiasakan Dengan Puasa

mengajarkan dan membiasakan anak dengan puasa

Puasa merupakan hal yang wajib bagi umat muslim, untuk itu di anjurkan kepada para orang tua untuk memberikan pengertian dan mengejarkan si anak untuk berpuasa.

Orang tua dapat mengejarkan si kecil untuk berpuasa pada usia 6 tahun meskipun hanya setengah hari. Hasilnya pun akan cukup baik, si anak akan mulai terbiasa dengan puasa dengan belajar puasa sejak dini. Cara mendidik anak seperti inilah merupakan salah satu cara mendidik anak menurut islam.

6. Memberi Nama Yang Baik

memberi nama yang baik dengan nama islami

Di dalam ajaran Islam, memeberikan nama anak dengan nama islami dan nama-nama yang baik merupakan anjuran islam. Memberi nama yang baik juga merupakan doa untuk si kecil.

7. Membacakan Kisah Nabi dan Rasul

membacakan kisah nabi dan rasul sebagai teladan mereka si anak

Membacakan kisah Nabi dan Rasul dengan tujuan memberi nilai kebaikan, dan bukan hanya itu saja. Memberikan pengetahuan tentang kisah Nabi akan memberi contoh tauladan pada si anak.

8. Membiasakan Mengucap Salam

Membiasakan anak dengan salam merupakan salah satu cara mendidik anak berdasarkan islam. Membiasakan anak mengucap salam saat bertemu dan bertamu. Tak hanya itu, biasakan juga pada anak mu untuk menjawab salam.

9. Memerhatikan pergaulan si Kecil

memperhatikan pergaulan si anak

Sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan pergaulan dan lingkungan, karena hal ini sangat berpengaruh pada prilaku dan pribadi si anak. Pastikan si anak berada pada lingkup pertemanan yang positif.

Seperti sabda Rasulullah: Apabila anak-anakmu berteman dengan orang baik, maka prilakunya pun akan ikut baik pula.

10. Mengajarkan Sedekah

mengajarkan anak sedekah

Sedekah merupakan hal wajib untuk dilakukan karena setiap harta yang dimiliki manusia, terdapat hak orang lain di dalamnya. Bersedekah perlu diajarkan oleh orangtua sejak dini agar anak terbiasa melakukannya hingga dewasa.

11. Mengajarkan adab-adab yang baik

mengajarkan adap yang baik pada si anak

Adab yang baik semestinya diajarkan untuk si anak, seperti mengejarkan sopan santun terhadap orang lain, menghormati sesama, bersikap jujur, adil, dan murah hati.

Selain itu, juga mengajarkan kebersihan pada anak. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist, “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan (termasuk kebersihan dan kerapihan).” (HR. Muslim no. 91).

Cara Mendidik anak seperti inilah merupakan salah satu cara mendidik anak menurut islam, dan baiknya Moms terapkan pada si anak sejak dini.

Itulah 11 cara mendidik anak menurut islam yang dapat Moms terapkan pada si anak. Tanamkanlah sifat yang baik pada si anak, agar iya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia.



KOMENTAR