Home / blog / 5 Cara mengetasi Anak Susah Makan Karena Diare

blog-feature-image

March 16, 2021 by shabrina

5 Cara mengetasi Anak Susah Makan Karena Diare



Emakbloger.com - Salah satu hal yang membuat sedih orang tua selama tumbuh kembang anak adalah melihat bayinya menderita diare. Pada penyakit ini, anak sering kali susah untuk makan makan, meskipun itu disuguhkan dengan makanan favoritnya.

Tidak hanya itu, si kecil juga terlihat lemas dan sesekali tidak mau minum. Hal ini tentu saja membuat cemas ayah dan bunda, khawatir si kecil akan mengalami gizi buruk.

Nah buat kamu Ayah dan Bunda, kali ini kami akan berbagi cara mengatasi anak susah makan karena diare:

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Karena Diare

1. Menggunakan Oralit untuk Menggantikan Cairan Setelah Anak Diare

Anak yang mengalami diare sangat rentan mengalami dehidrasi. Anak-anak yang mengalami dehidrasi ringan atau sedang akan tampak haus. Sebaliknya, jika terlanjur sangat dehidrasi, ini pertanda iya akan malas untuk minum.

Hindari dehidrasi pada si kecil dengan memberinya oralit sekitar 10 ml/kg berat badan. Misalnya, beratnya 10 kg, jadi dia membutuhkan 100 ml oralit untuk tiap diare. Jika si kecil muntah setelah meminum oralit, tunggu sebentar lalu perlahan berikan sedikit - demi sedikit.

2. Memberikan ASI

ASI memiliki efek perlindungan terhadap diare. Saat si kecil mengalami diare, lanjutkan menyusui dengan memberikan ASI. Kandungan laktosa dalam ASI tidak akan menyebabkan diare bertambah parah.

Memberi susu formula bebas laktosa saat mengalami diare masih kontroversial, meskipun beberapa penelitian terbaru menunjukkan manfaat beralih ke formula bebas laktosa saat mengalami diare.

3. Berikan Makanan yang Banyak Mengandung Cairan.

Untuk anak yang sudah mulai mengonsumsi makanan padat, orang tua bisa memberikan makanan yang banyak mengandung air, seperti sup, yogurt, dan air kelapa. Jus buah tidak dianjurkan karena mengandung sukrosa, fruktosa, dan sorbitol yang meningkatkan osmolalitas.

Makanan yang tinggi kalium, seperti pisang, bisa jadi pilihan. Hindari memberikan minuman manis atau bersoda saat si kecil mengalami diare.

4. Beri Makan Porsi Kecil Tapi Sering

Saat sikecil mengalami diare, nafsu makannya akan berkurang. Meski demikian, asupan makanan tetap harus diperhatikan. Saat ia mengalami diare, si kecil mungkin juga akan merasa mual atau bahkan muntah. Sediakan porsi yang lebih kecil agar lebih mudah diterima.

Porsi makan kecil sebaiknya diberikan lebih sering, misalnya setiap 3 sampai 4 jam, untuk memenuhi kebutuhan gizi anak saat diare.

5. Memberi Makanan yang Berenergi Setelah Sembuh Diare

Saat mengalami diare, si kecil sering kali mengalami penurunan berat badan karena asupan yang tidak mencukupi atau dehidrasi. Ketika diare telah teratasi, orang tua harus mengejar kekurangan asupan makanan. Triknya adalah dengan tetap memberikan makanan berenergi tinggi agar si kecil tetap tumbuh selama masa penyembuhan.

Itulah beberapa tips dan cara mengtasi anak susah makan karena diare, dan mudah - mudahan bisa bermanfaat ya Terimakasih.



KOMENTAR