Home / blog / Bayi Sering Kaget Saat Tidur: Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya

blog-feature-image

April 5, 2021 by Rindi Aryani

Bayi Sering Kaget Saat Tidur: Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya



Emakbloger.com - Beberapa bayi sering tiba-tiba kaget saat tidur. Kondisi ini bisa membuat moms merasa cemas. Namun, kondisi ini sering terjadi pada bayi berusia dari 0 hingga 6 bulan. Bayi yang mengalami kagetan atau dikenal dengan istilah “benign sleep myoclonus” adalah gerakan tersentak-sentak yang dilakukan anak selama dua hingga tiga detik.

Saat menggigil, umumnya si bayi mengangkat tangan secara tiba-tiba. saat ia mulai tenang, ia akan menurunkan tangannya dan meletakkannya di sisinya. Perlu moms ketahui apakah anak sedang mengalami syok, berbeda dengan gejala epilepsi atau kejang. Gerakan syok pada anak hanya terjadi saat anak sedang tertidur, dan bahkan tidak terkait dengan gangguan neurologis.

Meski tergolong kondisi normal, kondisi anak yang mengalami kaget saat tidur tetap menjadi perhatian moms. Nah, ada lima tips yang bisa moms lakukan seperti yang dirangkum Emakbloger.com untuk mengatasi bayi yang kerap mengalami kaget saat tidur.

1. Jangan Membedong Bayi Terlalu Erat

cara mengatasi bayi sering kaget saat tidur

Membedong bayi terlalu erat dapat mengganggu tidur si kecil sehingga bayi akan kaget saat tidur. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh membedong anak, ya. Hal ini tetap bisa dilakukan moms karena bayi sudah merasa senyaman di dalam kandungan saat dibedong.

Saat membedong sibayi baiknya moms menggunakan kain lembut yang tidak terlalu tebal agar tidak menghalangi gerak bayi saat tidur. Jaga agar leher dan kepala si bayi tetap terbuka saat membedong tubuh sibayi.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Menurut Islam

2. Menempatkan si Kecil di samping Moms

Menempatkan si Kecil di samping Moms

Agar si kecil merasa aman dan nyaman saat tidur, maka usahakan untuk menempatkan tubuhnya di samping moms. Tak hanya itu, moms juga bisa menggendongnya agar si kecil cepat tidur. Saat moms ingin menidurkannya, hindari gerakan kencang atau sentakan yang tiba-tiba. Kondisi ini bisa mengagetkan dan membangunkan sibayi.

3. Bangunkan bayi

Bangunkan bayi

Jika bayi kaget saat tidur, mama bisa membangunkannya dengan lembut. Jika tidak tega membangunkannya, tenangkan bayi dengan mengusap dada atau kepalanya. Cara ini bisa memudahkan sibayi untuk terus tidur.

Baca Juga: Hal Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Pola Asuh Anak

4. Pijat badan si Kecil

Pijat badan si Kecil

Sibayi sering kaget juga disebabkan oleh ketidak mampuannya menikmati tidur karena takut atau tidak nyaman dengan lingkungannya. Pijatan yang lembut dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas tidur bayi. Moms dapat memijat lembut kaki, tangan, dada, dan punggung bayi moms sebelum si bayi tertidur.

5. Jauhkan Si Bayi dari Pemicu Kaget

Jauhkan Si Bayi dari Pemicu Kaget

Sebelum menidurkan si kecil, Moms harus memastikan ruangannya tenang dan nyaman. Jauhkan si bayi dari hal-hal yang menimbulkan suara keras seperti televisi, ponsel, atau radio. Suara keras dapat mengagetkan bayi saat tidur.

Baca Juga: Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Anak Dengan Makanan Sehat Ini!

Perhatikan juga kenyamanan si bayi, seperti kondisi popoknya. Jangan lupa untuk mengganti popok setiap 3 jam sekali karena bekas kotoran yang tersimpan lama di dalam popok dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi bayi Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi bayi yang sering mengalami kaget tidur. Seiring bertambahnya usia, gerakan bayi mulai terarah sehingga tidak ada lagi gerakan tersentak-sentak saat tidur. Menjelang usia tujuh bulan, gerakan bayi sering kaget dan mulai menurun. Jika bayi masih trauma saat usianya lebih dari enam bulan, sebaiknya segera memeriksakan si bayi ke dokter untuk penanganan yang tepat dan menemukan solusi yang benar.



KOMENTAR