Home / blog / Selangkangan Lecet saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya!

blog-feature-image

April 5, 2021 by Sherla

Selangkangan Lecet saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya!



Emakbloger.com - Selama kehamilan, moms akan mengalami banyak perubahan fisik dan kebanyakan dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Salah satunya adalah mengalami lecet di selangkangan. untuk itu moms perlu mengetahui cara mencegah dan mengatasi selangkangan lecet saat hamil.

Banyak Ibuhamil mengalami lecet ini. Moms mungkin tidak dapat mengontrol atau menghindari perubahan pada tubuh selama kehamilan. Tapi jangan khawatir, banyak hal yang bisa dilakukan Moms untuk mencegah dan mengatasinya.

Apa itu luka selangkangan dan bagaimana cara menghindarinya? Untuk bantuan ekstra, mencegah timbulnya jerawat di paha selama kehamilan dengan melakukan beberapa hal. Yuk, simak ulasan berikut di Emakbloger.com mengenai cara mencegah selangkangan lecet saat hamil:

Bagaimana Selangangan Lecet Bisa Terjadi saat Hamil?

cara mengatasi selangkangan lecet saat hamil

Ini adalah masalah kulit yang umum pada wanita hamil, yang disebabkan oleh kombinasi gesekan, kurangnya kelembapan, dan pakaian yang mengiritasi. Gesekan jangka panjang akan membakar kulit moms dan akan mengalami sedikit ruam kemerahan. Dalam kasus yang parah, peradangan termasuk pembengkakan, pendarahan, atau pengerasan kulit.

Ini biasanya terjadi di bagian tubuh yang saling bergesekan. Seperti di bagian paha, selangkangan, bokong, ketiak, kaki atau bahkan puting susu.

Penyebab Paha atau Selangkangan Lecet saat Hamil

Penyebab Paha atau Selangkangan Lecet saat Hamil

Gesekan sangat umum terjadi selama kehamilan. Kebanyakan wanita hamil menderita sakit paha atau selangkangan. Dan jika moms belum mengalami sebelumnya, kemungkinan besar moms akan mengalaminya saat hamil, terutama saat cuaca sedang panas.

Baca Juga: Cara Aman Berhubungan intim saat hamil

Panas dan kelembapan yang dikombinasikan dengan gesekan dapat menyebabkan ruam yang menyakitkan. Kebanyakan wanita hamil mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan. Penambahan berat badan ini adalah salah satu alasan meningkatnya risiko munculnya kutil di selangkangan.

Kalaupun kenaikan berat badan sebagian besar terjadi di sekitar perut, hal itu bisa menimbulkan jerawat di bagian paha dan bokong. Bagaimana itu? Membawa beban lebih dari biasanya membuat ibu merasa tidak nyaman dan berkeringat. Keringat ekstra inilah yang menyebabkan luka selangkangan.

Salah satu penyebab peradangan ini adalah mobilitas yang buruk selama kehamilan. Kehamilan bisa menyebabkan ketegangan otot, bahkan pada trimester pertama. Ini karena pusat massa ibu lebih maju dari biasanya.

Karena otot yang tegang, seorang wanita hamil sering kali lebih banyak membungkuk dan sedikit menekuk lututnya saat berjalan. Semua perubahan ini memengaruhi cara Anda berjalan. Langkah ibu berjalan lebih pendek, yang menyebabkan peningkatan gesekan di antara paha.

Bagaimana Mencegah Selangkangan Lecet?

Bagaimana Mencegah Selangkangan Lecet

Kabar baiknya adalah luka atau lecet ini dapat dihindari. Mengenakan celana pendek anti inflamasi adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi selama kehamilan. Pada trimester pertama kehamilan, celana anti gesekan adalah pilihan yang bagus.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Celana anti-inflamasi selama kehamilan menciptakan penghalang kain antara kulit paha dan bokong. Celana ini membantu mencegah gesekan kulit. Selain itu moms juga bisa mencegahnya melalui hal-hal berikut:

Oleskan bedak bayi pada bagian paha dan selangkangan yang merupakan area yang banyak mengeluarkan keringat untuk menghindari timbulnya jerawat.

Menggunakan Vaseline sebagai pelumas untuk mencegah abrasi akibat gesekan paha. Lip balm juga memiliki fungsi yang sama dengan Vaseline.

Minyak kelapa juga efektif mencegahnya. Campur satu sendok makan minyak kelapa, soda kue, dan minyak esensial kesukaan moms, lalu oleskan ke paha dan selangkangan.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Hamil Muda Dengan Cara seperti ini!

Cara Mengatasi Selangkangan Lecet saat Hamil

Luka inflamasi yang menyebabkan lecet selangkangan selama kehamilan ini harus segera diobati. Pertama, bersihkan dan keringkan dengan baik. Jangan digosok, karena ini hanya akan memperparah luka.

Setelah dibersihkan, oleskan Vaseline. Jika lepuh sangat nyeri, bengkak, berdarah, atau ada lapisan kulit yang tebal, segera temui dokter. Dokter akan memberi moms salep untuk mengatasi jerawat tersebut.

Selain itu, hindari menyentuh area yang terkena secara berlebihan. Biarkan udara segar mendinginkan area yang ternoda atau gunakan kompres es untuk membantu.

Demikian penjelasan singkat dari kami mengenai cara mengatasi selangkangan yang lecet saat hamil. Semoga kiat-kiat di atas dapat memberikan solusi untuk mems yang sedang mengalami hal ini.



KOMENTAR