Home / blog / 7 Ciri Ciri Hamil Muda Yang Perlu Kamu Ketahui

blog-feature-image

March 11, 2021 by Shabrina

7 Ciri Ciri Hamil Muda Yang Perlu Kamu Ketahui



Emakbloger.com - Kehamilan memang menjadi momen membahagiakan bagi setiap pasangan. Terlebih lagi bagi pasangan yang baru saja menikah, momen kehamilan istrinya sudah pasti menjadi sesuatu yang tidak sabar mereka nantikan. Tentunya pada hamil muda, sang istri yang hamil akan merawat rahim semaksimal mungkin hingga tiba hari kelahiran. Begitu juga dengan pasangan yang memberikan dukungan.

Salah satu cara menjaga rahim dengan baik adalah dengan mendeteksi kehamilan secepatnya. Bukan tanpa alasan, mengetahui kehamilan lebih awal bisa menghindari bahaya hal-hal yang membahayakan ibu dan janin. Bahkan mengetahui kehamilan sejak awal dapat menjaga kesehatan rahim Anda hingga saat persalinan.

Oleh karena itu, sang ibu harus bisa mengenali ciri-ciri hamil muda yang dialaminya. Biasanya di awal kehamilan, ibu mengalami menstruasi yang terlambat atau juga merasa mual dan muntah yang mengganggu. Namun kenyataannya, ciri-ciri hamil muda tidak sebatas terlambat haid atau gejala mual dan muntah. Masih banyak lagi ciri-ciri hamil muda yang bisa menjadi pertanda bahwa seseorang sedang mengandung bayi.

Berikut kami rangkum ciri-ciri hamil muda yang perlu moms ketahui:

1) Telat haid Atau Datang Bulan

ciri ciri hamil muda

Tentunya hal pertama yang membedakan hamil muda adalah menstruasi yang terlambat. Biasanya setelah berhubungan intim dengan pasangan dan tidak mengalami haid atau datang bulan setelah 5 hari atau satu minggu, ini bisa menjadi tanda awal kehamilan. Hal ini menandakan bahwa pembuahan sudah berlangsung yang selanjutnya akan berkembang menjadi embrio.

Setelah itu, tubuh ibu hamil menghasilkan hormon HCG yang berperan dalam menjaga kehamilan. Hormon ini juga bertanggung jawab memberi tahu ovarium untuk sementara waktu berhenti memproduksi sel telur baru, sementara kehamilan berlanjut. Hal inilah yang menyebabkan seorang wanita hamil atau wanita tidak mengalami menstruasi saat hamil.

Namun, perlu diketahui bahwa menstruasi yang terlambat tidak selalu merupakan tanda kehamilan. Keterlambatan menstruasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain. Seperti situasi stres atau karena perubahan pola makan.

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Dapat Moms Jadikan Pilihan

2) Perubahan Ukuran Payudara

Perubahan pada payudara dan puting juga merupakan ciri ciri kecil dari hamil muda yang tidak boleh diabaikan. Pada awal kehamilan, payudara biasanya menjadi lebih besar, lebih tebal dan lebih kencang sehingga terasa lebih berat dari biasanya. Tak hanya itu, payudara juga akan semakin sensitif, dan terasa nyeri, hingga meregang.

Selain payudara, puting juga mengalami perubahan. Dimana akan muncul garis vena disekitar puting. Areola juga akan membesar dan berubah warna menjadi lebih gelap. Ciri-ciri tersebut biasanya terjadi pada hamil 2 minggu hingga ke 6 minggunya. Sedangkan perubahan aura akan terjadi pada minggu kesebelas.

3) Keluarnya Bercak darah Dari Mis V

Ciri-ciri hamil muda berikut ini terlihat dari keluarnya darah pada Mis-V. Sekresi ini juga dikenal sebagai pendarahan implantasi, bukan darah menstruasi. Bercak darah ini menandakan bahwa janin telah berhasil ditanamkan di dalam rahim. Janin yang berhasil menempel di rahim menyebabkan dinding rahim terkikis sehingga bercak darah terkuras.

Baca Juga: Doa untuk Ibu Hamil Agar diBerikan Kemudahan Saat Persalinan

Bintik-bintik darah yang ditransplantasikan ini biasanya hanya dua atau dua tetes warna merah muda kekuningan atau coklat. Ini bisa terjadi kapan saja, dan berlangsung selama 1-3 hari. Jika Moms mengalami pendarahan selama lebih dari 5 hari dan jumlah yang banyak, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

4) Perut Sering Terasa Kram

ciri ciri hamil muda

Perut yang sering terasa kram ini merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda. Gejala kram pada perut biasanya bersamaan dengan keluarnya bercak darah. Namun, kram pada perut berbeda dengan kram saat menstruasi. Kram pada perut yang merupakan ciri-ciri hamil muda biasanya berlangsung singkat dan tidak terlalu nyeri, jika dibandingkan dengan kram saat menstruasi. Kram pada perut biasanya terasa setelah ovulasi dan mereda dalam beberapa jam.

Selain itu, kram pada perut sebagai tanda-tanda hamil muda seringkali terkonsentrasi di satu tempat. Jika janin yang dibuahi menempel di rahim kiri, maka rasa kram hanya akan terasa di sisi kiri. Jika Moms mengalami kram perut yang berlangsung lama hingga berhari-hari, ini mungkin merupakan gejala PMS dan bukan ciri ciri hamil muda.

Baca Juga: Manfaat Berhubungan Intim Saat Hamil

5) Lebih Sering Merasa Capet dan Lemah

Lebih Sering Merasa Capet dan Lemah

Tubuh yang mudah lelah dan terasa lemah juga bisa menjadi ciri ciri hamil muda. Ibu hamil atau wanita bisa merasa sangat lelah meski baru memasuki satu minggu masa kehamilan. Namun, ini sebenarnya normal. Bahkan tubuh yang merasa lelah dan lemah akan terus menderita hingga saat lahir. Ini tidak lain adalah peningkatan progesteron yang telah mengubah sistem metabolisme tubuh.

Selain itu, tubuh wanita sendiri biasanya melemahkan sistem kekebalan sehingga proses pembuahan janin dapat berhasil dihubungkan ke rahim. Ini juga yang menjadi alasan mengapa ibu hamil sering merasa lemas dan lelah. Selain faktor penurun kadar gula dan produksi darah, ternyata juga berpengaruh pada kondisi ini. Untuk itu, ibu hamil perlu menyesuaikan aktivitasnya agar tidak merasa terlalu lelah. Hal ini juga harus diimbangi dengan kebutuhan kenyamanan yang terpenuhi dengan baik.

6) Sering Mual dan Muntah

ciri ciri hamil muda

Ciri-ciri umum hamil muda termasuk mual dan muntah. Kondisi ini biasanya dirasakan di pagi hari, yang kemudian disebut morning sickness. Namun, gejala ini bisa muncul kapan saja, siang, sore, atau malam.

Selain itu, perlu diketahui bahwa gejala mual dan muntah tidak selalu muncul secara bersamaan. Seorang wanita hamil bisa merasa mual tanpa muntah. Gejala ini umumnya muncul saat kehamilan memasuki minggu keenam. Namun sebagian wanita merasakan morning sickness lebih cepat, yakni pada minggu kedua.

7) Lebih Sensitif dan Peka Terhadap Bau

Ciri awal hamil muda lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah kepekaan terhadap penciuman. Wanita hamil atau wanita diketahui memiliki kepekaan yang meningkat terhadap bau. Faktanya, banyak ibu hamil yang sering merasa pusing, mual, dan muntah setelah mencium berbagai jenis bau.

Itulah ciri ciri hamil muda yang dirangkum Emakbloger.com dari merdeka.com, semoga bermanfaat dan ya Moms.



KOMENTAR