Home / blog / Doa Untuk Ibu Hamil Agar di Berikan Kemudahan Saat Persalinan

blog-feature-image

March 20, 2021 by Asmatun Farah

Doa Untuk Ibu Hamil Agar di Berikan Kemudahan Saat Persalinan



Emakbloger.com - Memanjatkan doa dan selalu mengamalkan doa-doa saat hamil merupakan hal wajib Moms lakukan. Bagaimana tidak, mengamalkan doa ketika hamil dan meminta pertolongan kepada Allah SWT untuk diberi kemudahan saat proses per salinan persalinan.

Meskipun kehamilan adalah sebuah anugrah dan kebahagiaan, namun ada juga hal yang akan dilewati oleh ibu hamil, salah satu contohnya adalah perubahan emosional dan berntuk tubuh seperti lengkungan kaki menjadi rata dan lebih lebar.

Maka dari itu, di ajaran Islam memberikan petunjuk agar ibu hamil bisa menerima rasa sakit menjadi bentuk syukur agar tidak memberatkan masa kehamilan. Selain itu juga di anjurkan untuk tidak selalu lupa untuk mengucapkan rasa syukur, mengamalkan doa-doa agar diberikan kemudahan saat persalinan juga membuat sibayi menjadi anak sholeh dan sholeha nantinya.

Kumpulan Doa dan Amalan Untuk Ibu Hamil

kumpulan doa untuk ibu hamil

Meskipun tidak ada doa khusus untuk ibu hamil, memanjatkan doa untuk diberi anak sholeh, cerdas, dan sehat dapat Moms lakukan dengan memanjatkan amalan-amalan baik. Berikut Emakbloger.com merangkun beberapa doa yang dapat Moms amalkan ketika hamil.

Doa dan Surat Untuk Ibu Hamil dari Alquran

doa untuk ibu hamil dari alquran

Sebagai Alkitab bagi kaum muslimin dan muslimat, Alquran juga memiliki doa dan amalan surat untuk ibu hamil agar selalu ditenangkan hatinya, serta selalu dalam lindungan Allah SWT pada masa kehamilan baik itu si Ibu hamil maupun kandungannya.

Sejak sibayi masih menjadi janin, Allah telah menetapkan 4 perkara, yaitu: rezeki, ajal, bahagia, ataupun sengasara. Maka dari itu, si ibu di anjurkan untuk mengamalkan dan selalu membaca doa untuk ibu hamil agar sianak terbebas dan di jauhkan dari hal-hal buruk.

Berikut kamu rangkum beberapa bacaaan surat dan doa ibu hamil dalam alquran:

1. Surat Yasin Setiap Selesai Sholat Magrib

Bacalah surat yasin setiap habis sholat magrib, karena surat yasin mempunyai keutamaan yaitu agar janin dalam kandungan selalu dalam lindungan Allah dan diberi kesehatan.

Membaca surat yasin sebagai doa untuk ibu hamil juga agar nantinya selalu ditenangkan hatinya. Karena manfaat dari membaca surat yasin adalah untuk meminta si anak dalam kandungan agar ditenangkan hatinya.

2. Membaca dan Mengamalkan Ayat Kursi

Dalam Ayat kursi terkandung kebesaran Allah. Dengan membaca dan mengamalkan ayat kursi akan mempengaruhi keimanan dan ketakwaan, dan hal lain yang dapat di amalkan si ibu hamil dengna ayat kursi adalah membacanya setiap menunaikan sholat wajib juga sebagai doa ibu hami sebelum tidur.

3. Surat Al-Fatihah

Sebagai surat pembuka dala Alquran, surat Al-fatihah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, salah satu contohnya sebagai penyembuh berbagai penyakit. Menjadikan surat Al-fatihah sebagai doa untuk ibu hamil dapat menjauhkan si ibu dan bayi dalam kandungan dari berbagai penyakit dengan mambacanya setiap selesai sholat sebanya 7x.

4. Surat Al-Baqarah

Di dalam surat al-bawarah ayat 286 berisi tentang memohon perlindungan dan ampunan dari Allah. Dengan membaca dan mengamalkan surat al-bawarah sebagai doa untuk ibu hami, Insya Allah ibu dan kandungan akan terjaga dengan baik dan dijauhkan dari bahaya.

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau berikan kepada kami beban apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir,” (QS Al-Baqarah ayat 286).

5. Membaca Surat Al-Hasyr

Dalam ajaran Islam, Ibu hamil di anjurkan untuk selalu mengamalkan amal kebaikan, salah satunya dengan membaca surat Al-hasyr. Ibu hamil dapat membacanya setelah sholat magrin sebanyak 7x lalu tiupkan kepada tangan dan usapkan pada perut.

Keutamaan dari surat Al-hasyr juga sebagai penyembuh dari berbagai macam penyakit dan dijauhkan dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan membaca dan mengamalkan surat Al-hasyr akan dijauhkan dari godaan syetan dan berbagai penyakit.

6. Mengamalkan dan Membaca Surat Ali-Imran

Mengamalkan surat al-imran sebagai doa untuk ibu hamil juga dapat Moms baca setiap saat. Dalam surat Al-imran ayat 35 yang berbunyi:

“Rabbi inni nazartu laka mā fi baṭni muḥarraran fa taqabbal minni, innaka antas-sami’ul-‘alim,”

Artinya: “Ya Tuhanku (Allah), sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS. Al-Imran: 35).

Doa untuk Ibu Hamil dengan Dzikir

Doa untuk Ibu Hamil dengan Dzikir

Melafalkan Dzikir ketika hamil juga dapat Moms jadikan doa untuk ibu hamil. Lafal Dzikir yang dianjurkan saat hamil yakni:

Lafadz istighfar yang dibaca sebanyak 3 kali, yakni: “Astaghfirullaahal ‘adziim,”.

Lafadz tasbih yang dibaca sebanyak 33 kali, yakni: “Subhaanallaah,”.

Lafadz dzikir yang dibaca sebanyak 33 kali, yakni: “Laa hawla walaa quwwata illa billah,”.

Doa untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 4 Bulan

Doa untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 4 Bulan

Setelah usia kehamilan sudah mencapai 4 Bulan, seperti firman Allah Si janin dalam kandungan ibu hamil sudah memiliki ruh, ia sudah memiliki detak jantung. Maka dari itu si ibu dianjurkan untuk selalu membaca doa untuk ibu hamil.

Wa minallahi wa ilallahi wa la ghaliba illallahu wa la yufawwituhu haribun minallahi wa huwal Hayyul Qayyumu, nu’idzu hadzal hamla al balighi arba’ata asyhui billahil lathifil hafidzil ladzi la ilaha illa huwa ‘alimul ghaibi wasysyahadati huwa ar rahmanu ar rahimu wa nu’idzuhu bikalimatillâhi at tammati wa bi asmaika al ‘adzimati wa ayatihi al karimati wa hurufiha al mubarakati min syarril insi wal janni wamin makril laili wan nahari wal awani wamin jami’il fitani wal bala’i wal ‘ishyani wa min syarrin naffatsati fil ‘uqudi wamin syarri hasidin idza hasad. Allahumma ij’alhu waladan shalihan kariman kamilan ‘aqilan ‘aliman nafi’an mubarakan haliman. Allahumma zayyinhu bizinatil akhlaqi al karimati washshurati al jamilati dzil haibati wa haiati al malihati warruhi ‘alal fithrati al jazilati. Allahumma uktubhu fi zumratil ulama’ish shalihîn wa hamalatil qur’anil ‘amilina warzuqhu ‘amalan yuqarribuhu ilal jannati ma’an nabiyyina ya akramal akramin wa ya khairar raziqin. Allahummarzuqhu wa ummuhu fî tha’atika almaqbulata wa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika al mardliyyati wahfadzhu minassaqti wannaqshi wal ‘illati walkasali walkhilqati al-madzmumati hatta wadla’athu ummuhu ‘ala shihhatin wa ‘afiyatin wa suhulatin wa yusratin min ghari maradlin wa ta’abin wa ‘usratin bi syafa’ati sayyidina muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Artinya:

“Dari Allah, kepada Allah, tidak ada yang menang kecuali Allah, tiada yang bisa berlari dari Allah, Dia Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri. Kami memohon perlindungan bagi janin yang berumur 4 bulan ini pada Allah Yang Maha Lembut, Yang Maha Menjaga, tiada tuhan selain Dia Yang Maha Mengetahui hal-hal gaib dan terlihat. Dia Maha Pengasih lagi Penyayang. Kami memohon perlindungan bagi janin ini pada kalimat-kalimat Allah yang sempurna, asma-asma-Nya yang agung, ayat-ayat-Nya yang mulia, huruf-huruf-Nya yang diberkati dari kejelekan manusia dan jin, dari godaan malam, siang, dan waktu, dan dari segala fitnah, bala dan maksiat, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki saat mereka mendengki. Ya Allah jadikanlah dia (janin) ini sebagai anak yang saleh, mulia, sempurna, berakal, alim, bermanfaat, terberkati, dan bijaksana. Ya Allah, hiasi dia dengan hiasan akhlak yang mulia dan rupa dan indah, memiliki wibawa dan tingkah yang manis, dan ruh yang suci lagi agung. Ya Allah, tulis takdirnya sebagai bagian dari para ulama yang saleh, penghafal dan pengamal Al-Qur’an yang bisa mendekatkannya pada surga beserta para Nabi, wahai Dzat paling mulia diantara mereka yang mulia dan Dzat Pemberi rizqi Terbaik. Ya Allah berikan rizqi pada dia dan ibunya untuk taat yang diterima, untuk mengingat Engkau, bersyukur pada-Mu, dan beribadah yang baik pada-Mu. Jaga dia dari keguguran, kekurangan, cacat, malas, dan bentuk yang tercela hingga ibunya melahirkannya dalam kondisi sehat wal afiat, secara mudah, gampang, tanpa sakit, susah, dan penat. Dengan syafaat Nabi Muhammad SAW."

Doa Ibu Hamil Agar Diberi Keturunan Yang Cantik dan Tampan

Doa Ibu Hamil Agar Diberi Keturunan Yang Cantik dan Tampan

Doa ibu hamil agar diberikan keturunan yang cantik, tampan, sholeh dan sholeha. Moms dapat mengamalkan beberapa surat yang terkandung dalam Al-quran dan menjadikannya sebagai doa untuk ibu hamil.

Jika moms meminta agar diberi keturunan yang cantik. Maka amalkan surat Maryam, jika meminta agar si anak mempunyai wajah tampan Moms bisa membaca dan mengamalkan surat Yusuf.

Megmalkan dan membaca surat Maryam dan surat Yusuf juga bukan hanya meminta kepada Allah agar di beriketurunan yang cantik dan tampan, melainka juga mendaan anak supaya menjadi sholeh, sholeha dan juga cerdas.

Selain Surat Maryam dan Yusuf, Moms juga dapat mengamalkan surat Toha sebagai doa untuk ibu hamil. Yaitu:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي* وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي* وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي * يَفْقَهُوا قَوْلِي (QS: Toha 24-28)

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku) Allah melapangkan dadanya agar mampu bersabar dari kejahatan orang lain yang ditujukan kepadanya dan mampu memikul risalah * mudahkanlah untukku urusanku * dan lepaskan kelakuan di lidahku * supaya mereka mengerti perkataanku”.

Sekian dulu ya Moms pembahasan kami kali ini mengenai Kumpulan doa dan amalan untuk ibu hamil yang dapat moms amalkan yang di rangkum emakbloger.com. Semoga sekumpulan doa untuk ibu hamil diatas dapat bermanfaat ya moms, dan semoga selalu diberi kemudahan oleh Allah SWT. Wassalam :)



KOMENTAR