Home / blog / Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orang Tua Saat Mendidik Anak

blog-feature-image

March 21, 2021 by Asmatun Farah

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orang Tua Saat Mendidik Anak



Emakbloger.com - Berperan sebagai rumah untuk pulang bagi anak-anaknya. Menjadi orang tua bukanlah perkara yang mudah, ada banyak kebutuhan dan tanggung jawab yang harus di penuhi. Selain sandang, pangan, dan papan, cara mendidik anak juga tak kalah pentingnya.

Karena saking banyaknya tanggung jawab yang harus dipikul orang tua, terkadang mereka melakukan kesalahan saat mendidik anak mereka, salah satu contohnya dengan terlalu memanjakan anak, berusaha menjadi teman baik, dan hal lainnya yang terkadang mereka lupa bahwa ini akan berdampak buruk terhadap anak mereka nantinya.

Dalam sebuah artikel yang Emak Bloger kutip yang berjudul “Three Common Mistakes in Parenting” yang ditulis oleh Thomas Lickona, Ph.D, mengatakan bahwa mendidik anak tidak bisa luput dari kesalahan. Dan terkadang hal ini yang dilakukan orang tua tanpa mereka sadari.

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang 3 kesalahan yang sering kali dilakukan orang tua saat mendidik anak, dan kamu sebagai orang tua harus memperhatikan hal ini.

3 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mendidik Anak

Terlalu Memanjakan Anak

kesalahan mendidik anak dengan cara terlalu memanjakannya

Dalam sebuat poling yang kami kutip di website CNN, kebanyakan orang tua mendidik anak mereka dengan cara memanjakannya. Cara mendidik anak seperti inilah yang sudah jelas menjadi kesalahan fatal, tanpa kamu sadari hal ini akan membuat anak kamu menjadi manja dan cenderung egois.

Dengan mendidik anak dengan terlalau memanjakannya yaitu dengan cara memberikan semua apa yang mereka inginkan, dan menganggap bahwa ini adalah sebagian dari kasih sayang, hal ini akan berdamoak buruk terhadap anak kamu nantinya. Padalah dalam cara mendidik anak dengan baik dan benar adalah dengan menanamkan mereka tanggung jawab.

Memberikan penjelasan tentang tanggung jawab, dan mengajarkannya agar bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Berusaha Menjadi Teman yang Baik bagi Anak

berusaha menjadi teman baik anak

Kesalahan ini yang kerap kali dilakukan orang tua saat mendidik anak mereka, semakin kamu berusaha menjadi teman baik dan berteman akrab, hal ini akan membuat kamu merasa kesulitan jika menolak sesuatu yang diinginkan si anak. Selain itu juga, anak akan menjadi egois.

Jika sebaliknya, menjadi Orang tua yang mempunyai otiritas penuh akan lebih dihormati dan di patuhi oleh anak mereka. Adapun 3 cara ataupun gaya dalam mendidik anak yaitu:

  1. Menjadi orangtua yang otoriter: orang tua akan berada dalam kekuasaan penuh dalam mendidik dan mengatur anak.
  2. Permisif: adalah dimana orang tua yang selalu memberikan kasih sayang dengan cara memanjakan anak mereka, sehingga anak akan mejadi lebih berkuasa atas apa yang mereka inginkan.
  3. Menjadi orang tua yang otoritatif: dengan cara mendidik anak seperti ini yang menggabungkan kedua gaya otoriter dan permisif, dengan memberikan anak aturan dan juga kasih sayang.

Cara mendidik anak dengan baik seperti poin ketiga inilah yang perlu Moms terapkan untuk mendidik anak. Karena orang tua akan tetap bersikap hangat, mau jadi pendengar sianak, dan masih di homati sebagai orang tua.

Tidak Bisa Menciptakan Budaya Keluarga Yang Baik

kesalahan mendidik anak dengan tidak menerapkan budaya yang baik

Dalam membentuk budaya dan karakter yang baik. Hal ini juga menjadi poin yang tak kalah pentingnya, karena sudah banyak kasus yang membuktikan bahwa dengan membesarkan anak dengan melahirkan budaya keluarga yang baik juga akan menciptakan anak yang baik.

Coba kamu renungkan jika kamu tidak bisa menciptakan budaya keluarga yang baik, di perkembangan zaman yang sekarang ini ada begitu banyak hal-hal yang dapat berpengaruh terhadap karakter anak, salah satunya adalah media saat ini. Untuk itulah betapa pentingnya menciptakan budaya keluarga yang baik.

Hal inilah yang perlu diperhatikan orang tua saat mendidik anak dan jangan sampai membiarkan mereka mengenal dunia tanpa batasan dan pengawasan. Karena di zaman sekarang ini, terkadang orang tua menjadi lupa dan luput untuk mengawasi anak mereka dalam menggunakan media.

Tips Untuk Menghindari Kesalahan Mendidik Anak

Cara Mengatasi Kesalahan Saat Mendidik Anak

Untuk menghindari kesalahan saat mendidik anak adapun beberapa tips dari Emak Bloger yang perlu kamu pahami, yaitu sebagai berikut:

  1. Berkomunikasilah dengan baik bersama anakmu tanpa perlu berusaha menjadi teman baik bagi mereka. Tetaplah menjadi orang tua sebagai rumah untuk mereka pulang dan sesuaikan dengan porsi masing-masing.
  2. Membatasi dan mengawasi penggunaan media pad anak, baik itu komputer, televisi, bahkan Hp, semua harus kamu atur dan mempunyai batasan-batasan waktu tertentu.
  3. Membangun budaya keluarga yang baik dan membiasakan anak dengan batasan-batasan apa yang harus, dan apa yang gak.

Demikian dulu pembahasan kami kali ini ya Moms mengenai kesalahan saat mendidik anak dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat ya :)



KOMENTAR