Ikuti Kami
parenting

Kenali Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Dapat Moms Pilih

keyla
Publish
Kenali Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Dapat Moms Pilih

Emakbloger.com - Ada berbagai jenis makanan sehat yang dikonsumsi ibu hamil selama kehamilan. Jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil, tetapi juga mendukung perkembangan janin. Lantas, apa saja jenis makanan sehat itu?

Penting bagi setiap ibu hamil untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Misalnya asam folat untuk mencegah cacat lahir, kalsium dan protein untuk membentuk jaringan dan tulang janin, serta zat besi untuk mencegah anemia selama kehamilan.

Kebutuhan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari berbagai macam makanan yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui jenis makanan sehat untuk ibu hamil guna menjaga asupan gizinya.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman sehat yang baik dikonsumsi saat hamil dapat moms jadikan pelengkap nutrisi:

1. Sayur dan buah

makanan sehat untuk ibu hamil

Sayur dan buah-buahan merupakan bahan utama dalam makanan sehat untuk ibu hamil. Setiap ibu hamil perlu makan minimal 5 porsi sayur dan buah yang berbeda setiap hari untuk mendapatkan berbagai vitamin, mineral dan serat.

Sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung, mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan folat yang penting untuk menjaga kesehatan mata, menjaga stamina, dan mencegah janin lahir cacat.

2. Daging tanpa lemak, ikan, dan telur

Kelompok makanan sehat untuk ibu hamil ini kaya akan kandungan protein yang penting untuk perkembangan janin, terutama pada kehamilan trimester kedua dan ketiga. Telur juga kaya akan kolin yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin serta mengurangi risiko cacat saraf. Sedangkan ikan salmon kaya akan omega-3 yang baik untuk menjaga mood ibu hamil serta mendukung tumbuh kembang janin.

Namun, untuk menghindari paparan merkuri yang umum ditemukan pada ikan laut, ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 350 gram salmon, tuna atau mackerel dalam waktu seminggu atau batasi konsumsi ikan menjadi 2-3 porsi per minggu.

3. Kacang-kacangan

kacang kacangan merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil

Kacang-kacangan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan serat dan memperlancar pencernaan pada ibu hamil. Selain itu, kelompok makanan ini juga kaya akan kalsium, folat, zat besi, dan seng.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, asupan serat yang cukup, ibu hamil terhindar dari sembelit dan wasir. Selain itu, konsumsi rutin makanan berserat tinggi dan bergizi seperti kacang-kacangan, sayur mayur, dan buah-buahan juga bermanfaat untuk mencegah ibu hamil terkena diabetes gestasional.

Baca Juga: Cara Mengetahui Hamil Muda

4. Makanan sumber karbohidrat

Makanan sumber karbohidrat untuk ibu hamil

Biji-bijian utuh merupakan sumber karbohidrat dan juga kaya akan nutrisi lain, antara lain serat, vitamin E dan selenium yang baik untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan energi selama kehamilan, ibu hamil juga perlu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung karbohidrat, seperti oatmeal, roti gandum, pasta, dan nasi merah.

5. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahan susu, seperti yogurt dan keju, kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan jaringan tulang pada anak dan menjaga kesehatan tulang ibu.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil. Dengan kebutuhan cairan yang cukup, risiko terjadinya janin prematur akan berkurang. Asupan cairan juga penting untuk mencegah dehidrasi, wasir dan sembelit pada ibu hamil.

Selama hamil, ibu hamil disarankan mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air putih per hari. Cairan ini juga bisa didapat dari makanan, seperti buah dengan kandungan air, jus, atau susu yang tinggi.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman kemasan yang mengandung kadar gula tinggi, karena minuman jenis ini dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Cara Aman Berhunungan Intim Saat Hamil

Mencukupi Nutrisi Saat Hamil dengan Suplemen

Meski sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk ibu hamil, ada kemungkinan ibu hamil masih kehilangan sebagian nutrisinya. Karena itu, dokter atau bidan biasanya menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen vitamin.

Salah satu suplemen yang biasa diberikan kepada ibu hamil adalah TTD (tablet suplemen darah) yang mengandung 60 miligram zat besi dan 400 mikrogram asam folat.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, seorang ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dokter dapat menentukan dosis yang tepat sesuai dengan kondisi ibu hamil tersebut.

Cermat Mempersiapkan makanan sehat untuk ibu hamil

Mengolah makanan merupakan salah satu cara untuk menjaga kualitas dan kesehatan bahan yang masuk ke dalam tubuh Moms. Berikut tips menyiapkan makanan sehat untuk ibu hamil:

  1. Cuci semua sayur dan buah yang akan dimasak agar bersih dari sisa debu dan kotoran yang mengandung kuman, seperti parasit toksoplasma.
  2. Simpan makanan mentah di lokasi yang berbeda dengan makanan siap saji di lemari es untuk menghindari kontaminasi kuman.
  3. Gunakan talenan terpisah untuk memotong daging mentah, sayuran, atau buah.
  4. Masak daging mentah, telur, dan ikan hingga matang sepenuhnya.
  5. Cuci tangan Anda dan semua peralatan dapur yang telah digunakan untuk memotong dan menyiapkan makanan.
  6. Ketahui dan hindari beberapa jenis makanan yang berbahaya bagi ibu hamil, seperti makanan mentah.

Selain itu, ibu hamil yang menderita kondisi tertentu, seperti diabetes gestasional dan preeklamsia, disarankan untuk rutin mengunjungi dokter kandungan serta mematuhi anjuran dan larangan dokter mengenai makanan sehat untuk ibu hamil yang layak dikonsumsi selama hamil.

Kesimpulan

Selain makan makanan sehat untuk ibu hamil, ibu hamil juga perlu berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, menjauhi rokok dan asap rokok, menghindari minuman beralkohol, dan mengurangi stres, sehingga kondisi kesehatan ibu hamil dan janin sehat.


Terkait

Artikel Terbaru

Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol
pinjol September, 2021
Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol

Seperti pinjol resmi OJK bunga rendah yang telah kami ulas sebelumnya, cara pinjam di Finmas juga terbilang sangat mudah, bahkan tidak jauh berbeda dengan pinjaman online lainnya

Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC

Berikut cara mudah untuk pinjam di Rupiah Cepat agar cepat di ACC tanpa di tolak, cek selengkapnya pada artikel ini.

Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat
pinjol September, 2021
Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat

Pinjaman online Kredit Cepat menjadi salah satu pinjaman online terbaik saat ini dengan bunga yang cukup rendah. Selain itu Kredit Cepat juga sudah masuk dalam daftar pinjol resmi OJK bunga rendah

Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC

meskipun cara ajukan pinjam di Kredit pintar terbilang mudah, namun ada juga beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu anda lengkapi. Selengkapnya dapat anda simak di artikel ini.

Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui pasati cara pinjam di DanaFix, untuk itu disini kami akan menjelaskannya untuk memudahkan untuk pinjamn di DanaFix

Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair

Selain cara pinjam di Indodana terbilang mudah dan cepat cair, ada 3 produk yang bisa anda pilih, mulai dari Payleter, Dana tunai, dan Pendanaan.

3 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Medan 2021 3 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Medan 2021
asuransi September, 2021
3 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Medan 2021

Ada beberapa asuransi mobil terbaik di medan yang bisa anda jadikan pilihan yang tepat untuk mengasuransikan mobil anda, salah satu diantaranya yaitu Garda Oto.