Home / blog / 5 Jenis Makanan Yang Membantu Otak Anak Cerdas

blog-feature-image

March 11, 2021 by Shabrina

5 Jenis Makanan Yang Membantu Otak Anak Cerdas



Emakbloger.com - Selain faktor keturunan dan rajin belajar, asupan nutrisi yang diberikan orang tua sangat mempengaruhi kecerdasan Si kecil. Untuk itu, Bagi orang tua wajib tahu makanan apa saja yang seharusnya di berikan untuk anaknya.

Selain Kesehatan, kecerdasan anak juga sama pentingnya. Di artikel kali ini Emak Bloger akan memberitahukan makanan apa saja yang mempengaruhi kecerdasan Si kecil. Berikut 5 jenis makanan yang direkomendasikan para ahli nutrisi untuk menambah kecerdasan anak:

5 Jenis Makanan yg Membantu Kecerdasan Anak

Ikan

ikan salmon

Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti salmon. Ikan ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak.

Faktanya, beberapa studi juga membuktikan, mereka yang gemar menyantap ikan yang mengandung omega 3 memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.

Telur

telur

Jenis makanan ini sangat mudah dan murah, tetapi sangat bergizi. Putih telur merupakan sumber protein sementara kuning telur yang berada di dalamnya mengandung kolin yang berkhasiat membantu perkembangan otak. Biasakan secara rutin memberikan sarapan atau makan malam yang sehat dengan menu yang terbuat dari telur.

Sayuran Berwarna

sayuran berwarna

Tomat, wortel, bayam atau labu adalah makanan yang kaya antioksidan. Makanan ini dipercaya dapat membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel. Semakin segar dan cerah warna sayuran, makin tinggi kandungan antioksidannya.

Beberapa sayuran juga memiliki manfaat mencegah kanker lho, Moms.

Kacang Hijau

kacang hijau

Makanan ini adalah salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak mengingat nutrisinya yang sangat lengkap.

Selain tinggi kadar protein dan karbohidrat kompleks, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan thiamin yang semuanya penting bagi tubun dan perkembangan otak. Bahkan Moms yang kerap mengonsumsi kacang hijau saat hamil juga akan menurunkan manfaatnya pada Si Kecil.

Susu dan yogurt

susu dan yogurt

Produk susu termasuk di dalamnya yogurt adalah makanan yang kaya protein, vitamin D dan vitamin B yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.

Yogurt merupakan makanan yang semi padat sehingga lebih mudah dicerna dalam proses metabolisme tubuh. Penelitian terbaru juga menunjukkan, anak-anak dan remaja memerlukan vitamin D 10 kali lebih banyak dari yang direkomendasikan. Vitamin D berguna untuk memelihara siklus hidup sel serta fungsi saraf dan otot.

Itulah lima jenis makanan yang bisa membantu anak menjadi cerdas, selain itu juga membuat anak sehat karena kandungan vitamin dan proteinnya menurut para ahli. Terimakasih :) semoga bermanfaat…



KOMENTAR