Home / blog / Cara Mengenal Diri Sendiri

blog-feature-image

March 29, 2021 by Asmatun Farah

Cara Mengenal Diri Sendiri



Emakbloger.com - Dengan banyaknya hal dan kejadian yang kita alami hingga detik ini, gak otomatis membuat kita tau bagaimana dengan diri kita sebenarnya, dan apasih yang sebenarnya kita inginkan?

Cepatnya dunia dan adanya sosial media, kadang membuat kita lebih sering melihat keluar dan lupa bahwa diri kita juga butuh untuk dilihat, dipahami, dan diselami. Kamu boleh jadi pernah ikut ratusan motivasi, konsul dengan motivasi-motivasi ternama, tapi ketika kamu ngelakuin itu semua tanpa mengenal diri kamu sendiri, maka semua hal itu akan useless.

Ibarat nimba air nih, tapi ember yang kamu pakek itu boco, atau ibaratnya kamu membangun sebuah apartment dengan pondasi yang lapuk yang sewaktu-waktu bisa roboh lagi.

Apakah Penting Untuk Mengenal Diri?

Proses mengenal diri adalah hal paling basik yang harus terus kamu lakukan dalam hidup. Kenapa bisa gitu? karena dengan mengenal diri kamu sendiri kamu akan tau bahwa kamu itu orangnya seperti apa, kepribadian kamu itu gimana, apa hal yang kamu suka dan tidak kamu sukai. Kamu juga akan lebih tau kekuatan diri saat menghadapi masalah, atau ketika kamu lagi rentan. Dan pada akhirnya kamu akan lebih mudah menerima diri kamu.

Selain itu, mengenal diri juga akan membuat kamu tidak mudah iri dengan pencapaian orang lain. Karena, semata-mata kamu tau bahwa setiap orang punya karakteristik yang berbeda-beda, kamu akan faham karakteristik diri kamu, kamu akan faham bahwa kehidupan orang lain yang kelihatannya lebih keren itu ternyata gak cocok dengan valeu yang kamu anut.

Dan kamu akan ngerti bahwa ibarat bintang-bintang dilangit, setiap orang bersinar dengan caranya sendiri-sendiri, dan pada akhirnya kamu akan lebih mudah merasa bahagia, puas, dan bersyukur dengan kehidupan yang kamu jalani saat ini.

Apa yang Akan Terjadi Ketika Kamu Tidak Mengenali diri Kamu Sendiri?

Yang akan terjadi adalah kamu akan menjadi lebih rentan ketika dihadapkan dengan masalah. Hati kamu lebih bergejolak, dan emosi kamu menjadi gak stabil.

Kok bisa?, contoh umumnya itu gini: Misalnya temen segank kamu udah punya pasangan, dan kamu belum. Kamu jadi ngerasa bahwa ini adalah kompetisi, kamu juga ingin dapat pasangan seperti teman-teman kamu.

Kemudia datang nih satu orang yang ingin jadi padangan kamu, dan kamu terima. Di awal mungkin kamu akan ngerasa puas, tapi setelah dijalani kamu malah menjadi sering bete karena kamu merasa terikat dan gak bebas.

Padahal kalau aja kamu coba untuk mengenal diri kamu saat itu, mungkin kamu gak butuh pasangan yang kayak gitu, atau mungkin saat ini fokus kamu bukan nyari pasangan. Hal seperti ini atau kesalahan seperti ini bisa kita hindari kalau kita lebih kenal dengan diri kita sendiri.

Jadi, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Terkadang kita terperangkap dengan ambisi-ambisi pribadi, atau ambisi-ambisi yang kita ciptakan karena lingkungan sosial kita, yang membuat kita itu harus terus jalan, kita gak boleh pelan, kita itu harus cepat, dan lain sebagainya.

Padahal gak apa apa lho, kalau kamu mau berhenti sejenak dan lakukan perjalanan pada diri kamu. Mungkin kamu akan memulai dari hal kecil, seperti hobi saya adalah berenang, makanan kesukaan saya adalh cumi, dan minuman kesukaan saya adalah kopi.

Kemudian kamu terus menyelah leih jauh, dan ada hal-hal yang lebih esensial yang kamu kenali dari diri kamu sendiri. Misalkan, tujuan hidup kamu apa, atau hal yang paling membuat kamu bahagia.

Satu poin pentign dalam melakukan perjalanan diri adalah, kamu harus jujur dan terima, terima bahwa bisa jadi ada satu sisi dalam diri kamu yang gak kamu suka banget dan kamu ingin ubah tapi belum kesampaian sampai sekarang.

Dan kamu juga harus terima bahwa kamu itu pusnya sisi positif yang mungkin udah seing orang bilang sama kamu, tapi kamu selalu menganggapnya “ah gak ah, gak gitu”. Jadi, apapun yang kamu terima dalam proses ini terima aja dulu bahwa itu sebagian dari kamu.

Saya Harus Mulai Dari Mana Untuk Mengenal Diri?

Dari sekian banyak hal yang harus kamu kenali dari diri kamu sendiri, apasih hal esensial yang harus perlu kamu kenali?

1. Personality Atau Kepribadian Kamu

Kamu itu orangnya gimana sih, terutama saat kamu lagi sendiri, di saat sama keluarga, di saat kamu sedang bersama teman-teman kamu, dan di saat kamu berada di kerumunan orang asing. Bisa jadi kamu orangnya pendiam kalau lagi di rumah, tapi heboh banget ketika bersama teman-teman.

2. Mengenali Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri

Kelebihan

mungkin ini adalah pertanyaan yang sering kali di tanyakan ketika kamu melamar kerja, mau gabung kumunitas, organisasi, kepanitiaan, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui kelebihan kamu, maka kamu akan lebih paham, kamu itu ahlinya dimana sih, kamu juga akan bisa megembangkan diri lebih jauh, membuat repotasi kamu lebih bagus dan juga nih buat orang-orang di sekitar kamu.

Kekurangan

Dengan megetahui kekurangan kamu sendiri, kamu akan tahu apa yang harus dibenahi dari diri kamu, sesulit apa sih untuk membenahinya, dan bagaimana cara untuk melakukannya.

3. Mengenai Value Yang Kamu Anut

Apa aja prinsip yang kamu anut, karena prinsip dan value inilah yang paling berdampak dalam proses kamu mengambil keputusan menyelesaikan konflik, berkomunikasi dengan orang lain, dan lain sebagainya.

Jadi, jangan berusaha terlalu keras untuk nemui satu hal penting dalam hidup kamu, karena mungkin aja kamu punya banyak. Yang harus kamu lakukan adalah kamu lis dulu value-value tersebut, habis itu kamu bisa cari yang paling dekat di hati kamu yang mana sih.

4. Mengenali Tubuh Kamu Sendiri

Seberapa kuat sih fisik kamu, apa yang bikin kamu gampang lelah, apa yang bikin kamu gampang sakit, dan seberapa ambisius kamu dalam mencapai cita.

Kamu harus tetap adil sama tubuh kamu sendiri, karena dia dong yang berjuang selama ini, kamu harus penuhi haknya untuk mendapat nutrisi yang cukup, dan memenuhi apa yang kamu bebankan pada dia. Setidaknya dia masih bernafas, masih berdetak, masih memberi kamu kesempatan.

5. Tujuan Hidup, Cita-cita, Dan Skala Prioritas

Di Dunia yang sementara ini, apasih yang bener-bener pengen kamu capai, dalam arti kata bisa membuat hidup kamu bermakna.

Nah, dengan mengetahu apa tujuan hidup kamu, kamu kemudia bakal otomatis tahu tetang mana hal yang menjadi prioritas kamu dan mana yang gak. Tapi, perlu diingat, kamu tentunya butuh perencaan, dan butuh konsistensi.

Jadi, kamu harus juga nih mengenal diri kamu. Kamu itu tipikalnya seperti apa dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga kamu bisa sampai kepada tujuan hidup kamu tersebut.

Sebenarnya masih banyak hal lagi yang perlu kamu pahami dari diri kamu, mungkin tetang perasaan kamu, apa yang membuat kamu sedih, marah, apa yang bisa bikin kamu bahagia, dan masih banyak lagi sebagainya.

Layaknya pernikahan yang sering disebut-sebut sebagai proses mengenal pasangan seumur hidup, begitupun juga dengan kamu mengenali diri sendiri. Ini bakal jadi proses yang panjang banget.

Proses mengenali diri itu harus kamu lakukan secar contiue, sesederhana menyediakan 5 sampai 15 menit setiap harinya untuk melihat kedalam diri kamu. Semoga dengan kamu mengenal diri sediri bisa membuat kamu setikanya lebih mudah dalam menjalani hidup kedepannya.

Jangan Lupa Bahagia :)



KOMENTAR