Ikuti Kami
parenting

Lakukan 3 Cara Ini Untuk Memenuhi Tumbuh Kembang Anak

Rindi Aryani
Publish
Lakukan 3 Cara Ini Untuk Memenuhi Tumbuh Kembang Anak

Emakbloger.com - Bermain benar-benar dunia anak-anak. Lebih dari 50% waktu mereka bangun atau tidak tidur dihabiskan untuk aktivitas ini. Dalam berbagai bentuk, mulai dari permainan peran, balok penyusun, permainan fisik, dll.

Menurut Dr. Cynthia Utami, bermain penting untuk tumbuh kembang anak. Apalagi jika kita memperhitungkan bahwa usia anak merupakan usia emas. Pada usia 6 tahun, otak telah mengembangkan 9/10 bagian. Sedangkan sisanya, otak hanya mengembangkan 1/10 dari bagian tersebut. Oleh karena itu, sayang sekali jika tumbuh kembang anak terabaikan.

Tugas Utama Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak

Jelas terlihat bahwa peran dominan orang tua adalah memenuhi kebutuhan putra putri mereka.

1. Asuh

Tugas mengasuh anak adalah bagian dari apa yang hampir semua orang tua lakukan. Orang tua memenuhi setidaknya 3 kebutuhan dasar: pangan, papan, dan sandang. Tentunya ketiga hal tersebut di atas harus memenuhi syarat dan ketentuan tersendiri agar menjadi sempurna bagi anak-anak.

Makanan yang disajikan harus memenuhi standar gizi minimal. Makanan ini mempengaruhi kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan. Begitu pula dengan dua kebutuhan lainnya. Pakaian yang disediakan harus pantas dan sesuai dengan moral yang disetujui.

Baca Juga: 11 Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Rumah yang kamu tinggali harus memenuhi syarat kesehatan untuk kenyamanan di dalamnya. Moms and dads juga bebas memiliki kebutuhan lain.

2. Asih

Belas kasih, termasuk kebutuhan anak kamu akan cinta, kepercayaan, dan keamanan. Para ahli mengatakan bahwa anak-anak yang dipenuhi pelukan dan kasih sayang dari orang tua mereka akan lebih pintar secara kognitif dan emosional.

Cinta, kepercayaan diri, dan keamanan memberi anak Anda rasa percaya diri dan inilah yang dia butuhkan untuk mengeksplorasi banyak hal.

3. Asah

Dibandingkan dengan dua kebutuhan di atas, hal ini mungkin kurang diperhatikan. Kebutuhan dalam kategori bulan madu dimaksudkan untuk memuaskan anak dalam rangka tumbuh kembang yang optimal.

Baca Juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang tua dalam Mendidik anak

Meskipun pengasuhan dan kasih sayang dapat membuat mereka lebih pintar, kehalusan melengkapi mereka. Bagian dari bullying adalah menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan melalui berbagai permainan dan mendampingi anak selama beraktivitas. Apalagi dengan game edukasi yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan kognitif, komunikatif dan sosial.

memberi asuh asih dan asah pada anak

Tantangan Kodomo saat ini menawarkan program bahasa khusus untuk meningkatkan keterampilan bahasa, bicara, dan komunikasi bagi anak-anak berusia 1-3 tahun. Paket edukasi ini terdiri dari games edukasi, buku bergambar dan video yang didesain khusus untuk usia dan tahap perkembangan si kecil.

Selain keterampilan bahasa perihal, si kecil juga dilatih dalam program ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui warna dan bentuk. Paket edukasi ini juga menjadi cara jitu untuk mengurangi ketergantungan anak pada gadget, lho.

Lebih dari 400.000 anak Indonesia punya pengalaman bermain dan belajar dengan Kodomo Challenge, lho. Menyenangkan bukan? Ayo segera dapatkan paket pendidikan untuk anak Anda!


Terkait

Artikel Terbaru

7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah 7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah
pinjol September, 2021
7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah

Saat ini pinjaman online terbaik 2021 sudah banyak digunakan sebagai alternatif kebutuhan pembiayaan yang mendesak

Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol
pinjol September, 2021
Cara Mudah Pinjam Uang di Finmas APK Pinjol

Seperti pinjol resmi OJK bunga rendah yang telah kami ulas sebelumnya, cara pinjam di Finmas juga terbilang sangat mudah, bahkan tidak jauh berbeda dengan pinjaman online lainnya

Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Rupiah Cepat Agar Mudah di ACC

Berikut cara mudah untuk pinjam di Rupiah Cepat agar cepat di ACC tanpa di tolak, cek selengkapnya pada artikel ini.

Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat
pinjol September, 2021
Cara Ajukan Pinjaman Online Kredit Cepat

Pinjaman online Kredit Cepat menjadi salah satu pinjaman online terbaik saat ini dengan bunga yang cukup rendah. Selain itu Kredit Cepat juga sudah masuk dalam daftar pinjol resmi OJK bunga rendah

Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Kredit Pintar Agar cepat ACC

meskipun cara ajukan pinjam di Kredit pintar terbilang mudah, namun ada juga beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu anda lengkapi. Selengkapnya dapat anda simak di artikel ini.

Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di DanaFix Agar Mudah di ACC

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui pasati cara pinjam di DanaFix, untuk itu disini kami akan menjelaskannya untuk memudahkan untuk pinjamn di DanaFix

Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair
pinjol September, 2021
Cara Pinjam di Indodana Agar Mudah Cair

Selain cara pinjam di Indodana terbilang mudah dan cepat cair, ada 3 produk yang bisa anda pilih, mulai dari Payleter, Dana tunai, dan Pendanaan.