Ikuti Kami
asuransi

Perbedaan Antara Asuransi Umum dengan Asuransi Syariah

yuk, pahami terlebih dalulu perbedaan antara asuransi umum (konvensional) dengan asuransi syariah sebelum menentukan produk asuransi mana yang tepat bagi Anda.

Amanda
Publish
Perbedaan Antara Asuransi Umum dengan Asuransi Syariah

Emakbloger.com - Anda mungkin pernah di suguhkan dengan produk asuransi syariah maupun non syariah, namun masih bingung dan belum paham mengenai perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah. Perlu Anda ketahui bahwa asuransi adalah suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan, entah itu asuransi mobil, jiwa, kesehatan, dll.

Di kehidupan ini memang banyak sesuatu yang diluar dugaan kita, misalnya ketika mengalami kecelakaan mobil, ataupun hal lain yang mungkin diluar dugaan Anda. Disitulah pentingnya membeli layanan asuransi terbaik untuk menjadi solusi tepat bagi permasalahan seperti ini.

Pada layanan asuransi ada dua tipe yakni asuransi umum (non-syariah) dan asuransi syariah. Lalu, apakah ada perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah ?, bagi Anda yang masih bingung mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya dari Emakbloger.com dibawah ini:

Apa itu Asuransi Syariah?

Berdasarkan yang kami kutip dari DSN MUI 21/DSN-MUI/X/2001 mengenai pedoman umum asuransi syariah. Asuransi syariah merupakan usaha diantara sejumlah orang yang saling membantu dan berbagi kepada pihak yang terkait melalui aset yang telah di investasikan atau biasa di sebut dengan “tabarru”.

Tabarru sendiri mempunyai sistim kerja yang memberikan pola deportasi untuk menghadapi risiko tertentu yang menganut perjanjian sesuai dengan akad syariah. Nah, disini peran dari perusahaan layanan jasa asuransi syariah sebagai pengelola yang mengolah dana “tabarru” dari para peserta Asuransi Syariah.

Dana tabarru yang dikonribusiakan para peserta asuransi syariah hanya digunakan pada empat hal saja, yakni: santunan asuransi (klaim rasio), reasuransi, Ujrah, dan surplus Underwriting.

Intinya, Asuransi Syariah menganut sistim kerja gotong royong (takaful) yang mana peserta asuransi dapat menolong peserta lain dalam memberikan rasa aman ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti risiko pada peserta lain. Keuntungan asuransi syariah juga lebih kepada kepedulin terhadap sesama, memperkuat tali persaudaraan, dan saling berbagi dalam konsep sharing risk.

Apa itu Asuransi Umum?

Asuransi umum (konvensional) merupakan asuransi yang menganut sistem pengelolaan dengan istilah Transfer Risk. Sistem penegelolaan seperti ini juga memberikan perlindungan seperti pengalihan risiko ekonomis atas hidup atau menginggalnya seseorang yang ditanggung perusahaan jasa asuransi tersebut.

Dalam istilah lain, peserta yang telah bergabung atau membeli produk asuransi umum (konvensional) akan ditanggung risiko ekonomis yang di alami oleh peserta asuransi sesuai dengan perjanjian dari pihak asuransi konvesional tersebut.

Lalu, bagaimana perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah?

Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Umum

Dari pengertian asuransi Syariah diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi umum (non syariah) dari sistem kerja dan konsep pengelolaan dana. Asuransi Syariah menganut konsep pengelolaan yang dilakukan secara sharing risk, sedangkan asuransi umum atau non syariah menggunakan sistem pengelolaan transfer risk.

Selain perbedaan dasar asuransi umum dan asuransi syariah yang telah kita bahas sebelumnya, ada beberapa perbedaan praktis asuransi umum dengan asuransi syariah yang perlu Anda ketahui, seperti:

1. Perjanjian dan Kontrak

Pada asuransi syariah, perjanjian dan kontark lebih kepada “hibah” sebagai bentuk ta’awwun atau saling menolong risiko yang terjadi pada peserta lain yang disesuaikan dengan syariat agama Islam. Sedangkan asuransu umum (konvensional), perusahaan jasa asuransi memiliki kontrak pertanggungan terhadap peserta asuransi sebagai pihak tertanggung.

2. Kepemilikan Dana

Perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah juga meliputi kepemilikan dana. Pada asuransi syariah menerapkan sistim kepemilikan dana bersama dari dana para peserta asuransi, yang mana akan digunakan jika peserta mengalami musibah, maka peserta lain akan membantu memberikan santunan yang diambil dari dana “tabarru”.

Sedangkan Asuransi umum (konvensional) tidak memberlakukan sistim seperti Sharing risk. Perusahaan Asuransi konvensional akan mengelola dan menentukan dana perlindungan pada nasabah yang diambil dari dana premi per bulannya.

3. Surplus Underwriting

Perbedaan selanjutnya dapat Anda simak pada bagian “Surplus Underwriting”. Pada asuransi syariah, perserta akan dibagikan surplus underwriting sesuai dengan regulasi produk yang disepakari sebelumnya. Sedangkan yang terjadi pada asuransi konvensional tidak menyediakan layanan seperti Surplus Underwriting.

4. Dewan Pengawas

Berbeda jauh dengan asuransi umum atau konvensional. Perusahaan jasa asuransi syariah di haruskan memiliki Dewan Pengawas Syariah yang bertujuan untuk mengawasi dan menggenai prinsip - prinsip syariat islam pada kegiatan lembaga keuangan. Termasuk perlindungan syariah.

Selain itu, fungsi dari Dewan Pengawas Syariah juga mengawasi keuangan yang dilarang dalam syariat Islam, seperti: Peruntungan - utangan, ketidak jelasan (Gahar), risywah dan riba (menyuap).

5. Prinsip Halal

Dalam tata cara keuangan Syariah Islam, prinsip Halal menjadi kewajiban yang perlu diterapkan. Nah, pada asuransi syariah telah menerapkan sisitim tersebut dengan sitilah “Tabarru”. Sedangkan pada asuransi umum atau konvensional, Prinsip halal bukanlah hal yang wajib diterapkan.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah yang dapat Anda jadikan referensi sebelum menjatuhkan pilihan asuransi mana yang cocok buat Anda. Semoga pembahasan artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.


Incoming Search Term:

perbedaan asuransi umum dan syariah, beda asuransi konvernsional dengan asuransi syariah, asuransi konvensional adalah, contoh asuransi syariah, persamaan asuransi syariah dan konvensional, asuransi umum menggunakan premi, sedang asuransi syariah tidak, salah satu perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah adalah brainly, salah satu perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah adalah quizizz

Artikel Terbaru

Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya! Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya!
perbankan August, 2021
Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya!

sering kali mengalami aktivasi mobile banking BNI gagal terus bisa jadi karena beberapa faktor. Untuk mengatasi masalah semacam ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, selengkapnya dapat anda lihat dibawah ini.

Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI
perbankan August, 2021
Yuk Pahami Jenis & Macam Macam Tabungan BNI

yuk pahami jenis & macam macam tabungan BNI serta fitur dan keunggulannya untu memudahkan anda memilih dan memilah sesuai kebutuhan yang anda inigikan

5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021 5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021
bisnis July, 2021
5 Usaha Grab Food Rumahan Paling Laris 2021

Selain menjadi bisnis yang menjanjikan. Usaha Grab food rumahan juga dapat anda jadikan sebagai bisnis tambahan tanpa harus mengeuarkan modal besar.

7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan 7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan
bisnis July, 2021
7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan

Ada banyak ide jualan makanan rumahan yang bisa anda pilih. Mulai dari jajanan makanan simple, makanan unik, jenis camilan, atau juga jajanan khas daerah.

9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021 9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021
bisnis July, 2021
9 Usaha Makanan Rumahan Online Paling Laris 2021

usaha makanan rumahan online dengan menu simple menjadi bisnis yang lagi trend saat ini, mulai dari jualan makanan yang laku setiap hari, hingga jajanan khas daerah.

12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021 12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021
bisnis July, 2021
12 Ide Usaha Toko Online Shop Terlaris 2021

Menentukan Ide toko online memang suatu kewajiban yang perlau anda lakukan sebelum memulai bisnis anda. Lalu, apa saja usaha online shop terlaris saat ini? yuk simak ulasan selengkapnya dari kami dibawah ini

Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia
bisnis July, 2021
Mudah! 5 Cara Dropship di Tokopedia

Adapun beberapa cara suksek menjalani bisnis dropship di tokopedia yang perlu anda perhatikan sebelum memulainya, apa saja? yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini